Himbauan Hidup Tanpa Merokok Tanpa Mengajak Ribut

Siap Gan - Siap Berjiwa Nasionalis



Salam Budaya!

Jangan salahkan para penonton kalau pertama kali mendengar judul dari film ini mengingatkan kita akan suatu jargon yang sudah terlanjur melekat di kalangan anak muda sekarang. Sebutan Gan menjadi akrab di telinga. Nah, gara - gara itulah, sebenarnya Sang Sutradara mengambil keputusan untuk menetapkan Siap Gan! menjadi judul.

Saya sendiri cukup kaget sewaktu tahu, kalau film ini sebagian besar memang mengangkat kehidupan singkat kelompok Paskibraka di Asrama yang berlokasi di Surabaya yang kental dengan logat Jawa Timurannya. Sebuah pilihan yang menarik.

Bersama Sutradara Ody C Harahap

 
SIAP GAN! adalah film yang kami tonton, hari Kamis, 6 September 2018 di CGV - Grand Indonesia. Sebuah film yang kocak yang bahkan bapak Menpora Imam Nahrawi berkomentar setelah menonton :

“Memang tantangan anak muda sekarang ini cukup berat. Apalagi di era digital, mereka asyik dengan kehidupannya sendiri tanpa melihat kanan kirinya.  Padahal kita bisa hidup seperti sekarang ini tidak lepas dari perjuangan panjang para pahlawan kita, orangtua kita dan guru-guru kita. Karenanya saya berharap anak muda harus nonton film ini agar tahu dari mana kita berasal dan bagaimana pengorbanan kita untuk merah putih,”

Ceritanya cukup sederhana, SIAP GAN! bertutur tentang gadis putus sekolah tamatan SMP bernama  Nina yang mencoba mengadu nasib di Surabaya. Karena hidup makin susah dan kadang menunggak kontrakannya, ia mencoba Mbalon (Salah satu istilah Jawa Timur yang berarti melacur). 


Persahabatan Fifi dan Nina

Saat yang kocak dimana, Nina yang masih hijau harus mengalami dirazia satpol PP di lokasi dan menjerumuskannya ke dalam asrama pelatihan PASKIBRA. Di sana Nina bertemu dengan  seorang pria tua bernama Pak Sakiran, Veteran pelaku sejarah,  mantan anggota tentara pelajar.



Di dalam asrama Paskibra, begitu banyak pengalaman baru untuk Nina yang mengajarkannya untuk lebih menghargai hidupnya saat ini. Nina merasakan rasa dan semangat yang berbeda. 

Cerita sederhana akhirnya mengalir dan melahirkan beberapa adegan kocak yang membuat penonton terbahak - bahak sambil terus bertanya - tanya bagaimana nasib nanti Apakah Nina akan tetap bertahan sampai darah penghabisan untuk menjadi seorang PASKIBRAKA atau dia menyerah kalah.



Terus terang baru kali ini Saya lihat ada film yang menyentuh dunia yang melahirkan 25 ribu orang Pengibar Bendera Nasional kita di pusat maupun di daerah setiap tahunnya.



Berkompetisi untuk menjadi yang terbaik yang jadinya personal

Konflik - konflik sederhana dan tak lebay tentang bagaimana segi kompetitif seorang paskibraka dibawakan secara apik oleh akting 
Pemain remaja yang sedang naik daun Rini Mentari sebagai Nina, Aulia Sarah sebagai Vivi, Mentari De Marelle sebagai Arini , Qausar Harta Yudana sebagai Prabu, juga jangan lupa sang Komandan yang bengis Yama Carlos sebagai Langga, bapak veteran Rudolf Puspa sebagai Pak Sakiran, Indra Birowo yang menjadi mucikari bernama Bondo dan Nadya Arina sebagai Astrid.


Rini Mentari 

Yama Carlos

Sebuah tontonan menarik yang sayang kalau dilewatkan. Filmnya segar, lucu dan tentu saja membuat kita tersadar untuk lebih mencintai bangsa dan negara ini.

Lebih keren lagi ternyata ada lagu bersemangat “Merah Putihku” dari grup Band KOTAK, jiwa nasionalisme mulai tumbuh pada diri seorang Nina.


SOUNDTRACK :

Artis : KOTAK

Judul Lagu : MERAH PUTIHKU

Pencipta Lagu : Cella, Chua, Tantri dan Pay

Produksi dan Publishing : Warner Music Indonesia
: Warner Music Indonesia / Aquarius Musikindo


SIAP GAN!  sudah siap ditonton Gan! Pas mulai tanggal 13 September 2018 nanti ya! 
  
Film SIAP GAN! ini didukung penuh oleh Bapak Gousta Feriza, SH, MH; selaku Ketua Umum Pengurus Pusat Purna Paskibraka  (PPI).

Dengan menonton Film SIAP GAN!, kalian akan temukan bahwa kadang kita lupa kalau kita punya negara yang sudah kita dapatkan hasil perjuangan kemerdekaannya melalui perjuangan yang sangat berat, hingga melihat bendera merah putih saja, rasa nasionalisme ini membara dan kecintaan terhadap negara ini lebih besar lagi dan lagi. 

CAST :
Rini Mentari, Aulia Sarah, Mentari D. Marelle, Nadya Arina, Yama Carlos, Qauzar Harta Yudana,Indra Birowo
PRODUCTION TEAM:
Production House : Muara Prima Entertainment
Executive Producer : Ramos Sihombing
Producers : Wailan Rotinsulu
Co Producers : Alex Praditya, Rudjito Setiyo
Associate Producers : Conrad Lamury
Line Producers :Ray Thompson, Dodi Damastin, Muchlis Hamzah, David Manopo
Director : Ody C. Harahap

Salam Budaya!



Komentar

Posting Komentar