Pencernaan Sehat Tubuhpun Sehat


Salam Budaya!

Teman - teman yang budiman. Sudahlah percaya sama aku. Kalau soal urusan perut, tak usah main - main. Ini serius. Dulu Saya adalah salah satu orang yang masih skeptis, masa sih ada orang yang sakit perut saja bisa berujung fatal. Tapi begitu Saya pernah membaca di suatu koran, bahwa kesalahan di pencernaan ternyata mengakibatkan kematian. Saya jadi sedikit terhenyak, prihatin dan mempertimbangkan segala sesuatunya mengenai apa yang nantinya masuk ke perut ini.

Fiuh!


Jadi masih banyak sekali orang yang tidak awas terhadap perutnya sendiri. Orang masih sering meremehkan karena perut, dalam hal ini pencernaan memang tidak terlihat dan kadang orang terbiasa membiarkan atau mencoba tenang saja tanpa ada pencegahan atau pengobatan. Padahal perut itu sangat - sangatlah penting, hingga kadang orang tanpa pikir panjang memasukkan segala sesuatu yang penting enak di lidah, mengenyangkan dan tak pernah memikirkan apakah yang dikonsumsi itu punya keseimbangan gizi atau bisa mempertahankan kesehatan sistem pencernaan.

Universitas Sakit Perut beserta segala Jurusannya.

Diatas adalah gambaran singkat penyakit apa saja yang sejurusan dengan Sakit Perut. Wah, maaf, ya membaca namanya saja sudah sangat - sangat terpikir betapa tersiksa dan sakitnya kalau kita mengalaminya, ya, kan? (Amit Amit Jabang Bayi, deh).

Makanya kita harus menjaga segala kesehatan perut agar tentu saja tak mengganggu kegiatan kita sehari - hari. Ya semoga kita dilindungi oleh Allah SWT.

Lalu - lalu apa benar Masalah Pencernaan bisa dicegah? Bisa dong!




Nah, pastinya teman - teman pada bingung apa saja yang dijaga dari makanan atau ada nggak ya suatu hal atau apa yang mampu mengendalikan atas apa yang terjadi di pencernaan kita?

Marilah kita berkenalan dengan yang namanya:


sumber gambar www.gutmicrobiotaforhealth.com

Probiotik adalah mikroorganisme yang bisa membantu mencegah dan menanggulangi penyakit. Membantu sistem pencernaan dan meningkatkan sistem imunitas adalah kegunaan probiotik yang paling populer saat ini. Probiotik memang ada secara natural di dalam tubuh kita. Akan tetapi, Anda juga bisa mendapatkan probiotik dari makanan, minuman, dan suplemen.

Probiotik itu sudah mulai dikenal sejak awal-awal abad ke-20, di mana Elie Metchnikoff, atau yang lebih sering dikenal sebagai bapak probiotik, menemukan bahwa penghuni perdesaan Bulgaria dapat hidup dalam jangka waktu yang sangat lama meskipun mereka hidup dengan kelaparan yang ekstrem dan cuaca yang buruk. Elie berteori bahwa mereka dapat tetap bertahan hidup karena memanipulasi mikroorganisme yang terdapat pada sistem pencernaan mereka. Caranya adalah dengan mengonsumsi susu asam yang mengandung bakteri-bakteri baik bagi tubuh mereka. Sejak saat itu, banyak penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan penemuan Elie di bidang probiotik.

Flora usus dalam sistem pencernaan bisa mempengaruh kesehatan tubuh secara keseluruhan. Meskipun bersifat mikroskopis (kecil), flora usus ini terdiri lebih dari 100 jenis bakteri, jumlahnya 100 trilius sel bakteri, dengan berat total 1,5 kg.



Nah, jumlah Bakteri Merugikan ini bakal meningkat kalau kita:

  • Sakit,
  • Terinfeksi Bakteri Patogen dari air atau makanan,
  • Usianya makin lanjut,
  • Pola makan kurang baik,
  • Mengkonsumsi Obat Antibiotik
Makanya sangat diperlukan Probiotik untuk mengembalikan keseimbangan Flora Usus.


Kabar gembiranya sekarang, kita semua tidak perlu khawatir karena CNI Indonesia ternyata memang punya produk yang mengandung Probiotik.

Dokumentasi dari CNI 
Kandungan dari Bioplus ini adalah Probiotik yang merupakan suplemen sinbiotik (probiotik & prebiotik dalam satu produk) yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan bakteri dalam usus sehingga pencernaan terjaga kesehatannya. 

BioPlus mengandung tiga jenis bakteri menguntungkan yaitu Clostridium butyricum, Bacillus mesentericus, dan Bifidobacterium breve; serta mengandung Ester-C, vitamin B1, B2, B6, prebiotik, dan enzim. 

Manfaat
  • Menjaga keseimbangan flora dalam usus dengan menekan pertumbuhan bakteri merugikan 
  • Meningkatkan pertumbuhan bakteri menguntungkan.
  • Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengatur jumlah air dan elektrolit dalam usus
  • Membantu mengatasi diare, dikarenakan banyak bakteri merugikan maupun karena tidak tahan laktosa dalam susu dan hasil olahannya. 

Keunggulan 

  • Mengandung 3 jenis bakteri menguntungkan (probiotik) yang saling bekerja sama sehingga lebih efektif mengurangi bakteri merugikan
  • Berbentuk serbuk sehingga tidak memerlukan lingkungan khusus untuk mempertahankan kehidupan bakteri tersebut
  • Dikemas dalam stik aluminium yang mempertahankan kestabilan bakteri tersebut 

Bioplus sangat perlu dikonsumsi secara rutin bagi Anda yang berada dalam kondisi berikut: 

  • Memiliki masalah pencernaan seperti perut sering kembung, kotoran berbau busuk, sering sembelit, diare
  • Orang lanjut usia yang sering terganggu pencernaannya 
  • Perokok, peminum alkohol, pengguna antibiotik/ obat-obatan, dan mereka yang sering stres tinggi
  • Sering bepergian atau melakukan perjalanan jauh

Dokumentasi dari CNI


Anjuran konsumsi : 
Dewasa : 2 stik perhari 
Anak-anak (3 -12 th) : 1 stik perhari

Oh, semua keterangan produk ini diperoleh dari Ibu Asti Eka Putri - Produk Marketing CNI indonesia.

Ibu Asti dari CNI (foto dari ISB)

Nah sebenarnya acara ini sangat bersimbios mutulisme karena awalnya kita diundang oleh Komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) untuk menghadiri workshop "Infographic for Beginner".


Acaranya seru dan menarik. Karena memang diikuti oleh blogger untuk belajar bagaimana membuat infografis yang menarik dan juga banyak hadiahnya. Sembari belajar, kita sukses serta bahagia. Aaammin.

Kak Ani Berta (Founder Komunitas ISB) bersama Raden Firman Agung P.mewakili VR Offices serta pemberi Materi siang ini Mas Ardan




Akhirnya Saya menang di lomba Instgram dan mendapatkan Bioplus. Terima kasih CNI

Last but Not Least. Acara ini digelar di VR Offices yakni coworking space dan virtual office buat kerja yang tempatnya nyaman dan tepat sekali untuk yang suka bekerja secara privat. Tempatnya bersih, kehijauan dan tentu saja Wifinya kenceng.

Jadi Mari Kita Tetap Bisa Bekerja, Sehat dan Berbahagia Bersama.


Terima kasih Komunitas ISB
Terima kasih Mbak Anie Berta
Terima kasih Mbak Liswanti
Terima kasih CNI Indonesia
Terima kasih VR Offices
Terima kasih mas Ardan atas ilmu Infografisnya (sudah bisa langsung saya praktekkan)
Terima kasih rekan - rekan blogger yang datang

Salam Budaya!

Komentar

  1. Suatu kehormatan ada foto saya diblognya mas.

    ~ matur suwun ~

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah datang, mas. Infografisnya sudah oke nih!

    BalasHapus

Posting Komentar