Gemerlap 2020

 


Gelisah hati di penghujung 2020 seharusnya tak menghalangi hati ini untuk tetap bersyukur. Kadang kepanikan hati karena Pandemi menutup logika dan rasa kalau banyak hal yang baik yang telah Saya pribadi alami di Gemerlap 2020.

Ya Allah maafkan diri ini yang kadang alpa dalam benam nikmat sepanjang setahun belakangan ini. Semoga dengan adanya kaleidoskop ini, bisa menjadikan Saya pribadi, menjadi insan yang penuh keriaan dan belajar dari sejarah hingga bisa bangkit dan tak mengulangi kesalahan yang sama. Aaaamiin.

Yuk. Kita recap apa yang telah terjadi, kenapa dan apa yang terjadi di balik peristiwa itu.

(Catatan: semua kejadian Saya ambil dari timeline Instagram dari 1 Januari 2020 hingga 31 Desember 2020)



31 Desember 2019 - 1 Januari 2020



Alhamdulillah. Ini job pertama Saya di Aston Priority Simatupang. Pertama sempat bingung karena tema yang diminta kala itu adalah Aladdin dan lampu wasiat. Mau cari kostum sudah mepet banget, beruntunglah Atta, teman yang baik, meminjamkan jubahnya untuk menjadi, siapa, entahlah, yang penting sepertinya sesuai dengan Arabian Night.

Malam itu hujan deras sekali. Beberapa acara yang tadinya direncanakan digelar outdoor di kolam renang untuk pesta kembang api, terpaksa dibatalkan. Sekitar jam 3 pagi, Saya putuskan pulang naik grab.Di beberapa tahun belakangan Saya lebih suka balik ke kosan kalau acara sudah selesai.

Oh, ya Alhamdulillah, berkat job Tahun Baru ini akhirnya Saya bisa membeli laptop kesayangan yang sedang Saya gunakan ini. Jadi, yah, tentu senanglah hati ini. Mimpi Saya untuk bisa kemana - mana, menulis blog terwujudkan. Seru juga punya laptop. Dulu pernah punya, tapi mungkin belum saatnya efektif mendukung pekerjaan. Hingga terasa berat dan tak jelas apa manfaatnya. Akhirnya Saya jual. Tapi ternyata, kini dengan tingkat kebutuhan menulis yang sangat tinggi (hasyah), Saya perlu sekali laptop. Notebook tepatnya. Pilihan jatuh ke Asus VivoBook 14. Kenapa Saya memilih itu. Ya karena uangnya cukup untuk beli itu. Titik. Terima kasih.

Cantik kan, Laptopku?


3 Januari 2020


Rejeki memang tak kemana. Tapi memang kadang perlu berputar sedikit untuk sampai ke si penerima. Alkisah, setelah salah satu cabang KemChicks yang di Pacific Place telah mandiri, salah satu pejabatnya minta untuk perayaan Imlek tahun ini tak seperti tahun lalu yang terkesan biasa - biasa saja dan tak ada acara.

Beliau mengusulkan mendatangkan Tarot Reader yang langsung beliau sendiri browsing hingga menemukanlah Instagram Saya pribadi beserta nomornya baik yang Simpati dan XL.

Bapak Manajer yang ditugaskan untuk menghubungi Saya selalu gagal karena beberapa kali telpon tak pernah diangkat. Saya juga akhirnya baru tahu kalau itu telpon dari beliau. Saat itu Saya sedang menghindari teror telpon yang sering menggunakan nomor berganti yang membuat Saya tak mengangkat telpon dan gagal mendapatkan kesempatan untuk langsung mendapatkan even tersebut.

Akhirnya mereka minta tolong ke suatu Yayasan yang mungkin bisa menampilkan Tarot Reader lain, karena mereka menyerah tak bisa menghubungi Saya. Teman Saya yang kebetulan pengasuh dari Yayasan itu, menghubungi Saya sebagai pengganti, tanpa tahu bahwa orang yang direkomendasikan adalah orang yang sama.

Secara personal ini memang job pribadi, tapi Saya sepertinya tak sanggup karena pihak KemChick meminta mengisi lapak hampir satu setengah bulan. Setelah dirapatkan, diputuskan Saya akan dibantu oleh teman - teman Komunitas Tarot Jakarta dengan jadwal yang sudah diatur sebelumnya.

Acara ini terbilang sukses, pengunjung dan juga para pejabat senang karena toko makin menjadi ramai.

Senangnya bisa membantu. Lain kali hubungi Saya lagi ya, Bapak dan Ibu KemChicks.



11 Februari 2020

Salah satu keuntungan dari jejaring dan berkumpul dengan para influencer kita akan turut kecipratan jalan - jalan dan menikmati pemandangan yang nanti bertujuan untuk memberi edukasi dan pengetahuan bagi masyarakat pada umumnya.




Dengan sebutan sebagai Sosial Media Mover atau Pegiat Sosial Media yang bergerak, kali ini kami diundang PT KAI untuk mampir ke Bandung dan melihat langsung kantor Kereta Api pertama di Indonesia.


19 Pebruari 2020


Perjalanan berlanjut hingga ke pembukaan kereta api menuju ke Garut. Kami diberik kesempatan luar biasa naik kereta api khusus yang biasanya hanya mengangkut orang satu Indonesia dan para pejabat. Asyik kan?

Laporannya lengkap ada di sini ya!


15 Maret 2020



Gathering sebagai peringatan ulang tahun KTJ yang ke 3 dengan hati was - was karena pandemi Covid 19 sudah mulai merebak. 


Kami tetap merayakan dengan kesederhanaan. Semoga semua tetap diberikan kesehatan.

20 Maret 2020


Akhirnya tepat di 20 Maret 2020. Untuk mematuhi protokol kesehatan dan himbauan pemerintah, maka tepat hari ini. Saya sebagai ketua Komunitas Tarot Jakart. Kami memutuskan untuk menghentikan semua kegiatan kami yang berhubungan dengan pertemuan yang punya potensi penularan.

Akhirnya dengan sedih, kami harus hentikan 19 kerja sama dengan beberapa kafe, bisnis kuliner dan beberapa brand besar yang memang sedianya telah ada perjanjian sebelumnya

Ini bukan kehancuran. Ini cobaan. Tak terbayang bagaimana nanti kita akan mendapatkan job bila memang tak boleh bertemu. Tak pernah terperkirakan.



24 April 2020




Dengan berbagai rasa dan situasi baru yang aneh dan tak nyaman. Saya mulai ramadhan ini dengan berfoto berpakaian hitam sebagai pertanda keprihatinan. Namun di desain Saya tambahkan suasana malam, Saya tersenyum, ada cahaya sebagai simbol akan ada jalan dan terang. Jangan khawatir. Insya Allah semua baik - baik saja.



3 Mei 2020



Entah ya, sepertinya ulang tahun jadi ritual biasa tahun ini. Tak sehingar bingar yang Saya bayangkan karena memang situasi tidak mengijinkan untuk mengadakan pertemuan. Sekali lagi semoga tahun depan bisa lebih baik.



Begitupun dengan perayaan 20 tahun berkarier di dunia tarot. Tak ada gempita. Bukannya menyesal, tapi memang tak sesuai dengan ekspektasi saja. Masih banyak peer yang belum selesai seperti punya dek kartu desain sendiri. Sebuah pemikiran yang panjang dan melelahkan dan entah harus mulai dari mana.

7 Mei 2020


Suatu kehormatan besar, diminta menjadi pembicara bersama teman - teman Saya yang hebat dengan pelbagai sumber ilmu dan profesi. Sekarang dunia telah berganti online, semua lewat live baik youtube, zoom, atau instagram

Cuma memang ini lah kali terakhir Saya menggunakan zoom, karena sejak beberapa kali menggunakan headphone, headset dan juga earphone selalu merasa ada suara kecil yang berbunyi di telinga menyakitkan dan membuat pusing dan mual. Semenjak itu, dengan alasan dapat mengganggu kesehatan, terpaksa Saya tak menerima undangan atau mengadakan acara apapun menggunakan Zoom. Maaf ya, guys!

16 Mei 2020



Kejadian yang selalu bikin shock adalah kematian orang yang terdekat. Baik kerabat atau teman. Tapi kali ini benar - benar membuat Saya lama terdiam. Karena orang yang Saya kenal telah meninggal karena terbunuh. Suatu hal yang tak pernah dibayangkan dan mengerikan bila benar - benar terjadi.

Ya Allah. Benar - benar tak menyangka.


27 Juni 2020



Suatu kehormatan diundang dan diwawancarai oleh GenPi. Semoga Indonesia makin teredukasi tentang tarot. 







26 Agustus 2020



Berawal dari kenekatan Saya DM ke Kiky Saputri untuk Collabs dan sepertinya gayung bersambut. Saya sih kagum dengan kariernya yang melesat dan ternyata kita juga cepat akrab. Senang sekali bisa membacakannya tarot.

Bisa kalian lihat di sini ya!



28 Agustus 2020


Bagaimana rasanya ketemu idola?

Wkakakka, Saya sih cuman bisa malu dan tersipu. Gitu aja wis. Nggak bisa diceritain.




14 September 2020

Di bulan ini Pandemi mulai terasa ngeri semua job sudah berakhir, semua orang sudah disiagakan untuk tidak keluar rumah. Akibatnya Saya juga tak ada kegiatan dan berakibat tak ada lagi foto baru untuk diupload.

Salah satu ide untuk tetap upload adalah mengulang atau memasang foto yang tak pernah diupload. Stok foto Saya ternyata banyak. Nah yang menjadi masalah adalah ada beberapa foto yang sudah tak layak lagi, untunglah Saya nemu aplikasi Remini yang mampu membersihkan foto lama.





Tinggal menyesuaikan atau menceritakan kisah - kisah lama dari pengalaman hidup atau memang sengaja menceritakan kepedihan untuk merilis luka. Akibatnya tanpa sadar Saya melakukan yang namanya Flash Fiction yakni menulis cerita pendek, sependek caption di Instagram.

Jadinya Saya ketagihan dan membuat Saya giat menulis. Tak lagi di Blog tapi sebagian Saya sajikan dengan tantangan ceritanya harus pendek atau singkat.

24 September 2020



Tanpa sadar kalau Saya punya kontribusi dalam menata Programa 2 RRI Jember di suatu masa di sekitar tahun 2000 an. Senang sekali mendapatkan apresiasi dari anak zaman sekarang. Semoga tambah jaya di udara.




20 Oktober 2020


Rejeki syuting Podcast berikutnya datang dari penawaran Genpi. Seru, bahkan bisa berkenalan dengan kak Uci yang juga disempatin bikin baca tarot di channelnya. Penuh dengan tawa dan canda.







6 Desember 2020

Di penghujung tahun ini, rejeki masih mengalir, alhamdulillah, salah satunya undangan dari Serikat Wartawan Indonesia. Ya, ini berkat kenal dengan mbak Enny, yang ujungnya gossip cuan. Semoga menjadi edukasi dan hiburan bagi warga net.




27 Desember 2020





Rejeki penutup tahun berikutnya adalah Saya yang menghantarkan teman Saya menjadi pengantin. Tak ada yang membahagiakan lagi sering melihat teman kita di hari terbaiknya.

Terima kasih tahun 2020.
Terima kasih telah tetap menjadi teman terbaik.

Mari kita sulam benang pengalaman baru yang lebih baik di 2021.

Aaaamiiin.


Komentar