Peluncuran Website - Tokoh Inspiratif


Salam Budaya!

Pemasangan foto Saya di depan tolong jangan dijadikan polemik ya! Tapi karena memang jauh di lubuk hati Saya, Saya salut dan masih terheran - heran dengan kiprah tokoh - tokoh yang kita bahas diblog Saya kali ini. Mereka semua punya dedikasi tinggi dan sangat "berulah" di lini mereka masing - masing. Sehingga Saya perlu pasang foto Saya. Suatu hari nanti Saya harus bisa menyusul kepeduliantinggi mereka terhadap visi dan misinya masing - masing. (Aamiin)

Okay.

Sambil menikmati makan siang di Ocha & Bella, kali ini Kamis, 9 Agustus 2018, Saya beserta media dan blogger memang datang untuk memenuhi undangan peluncuran sebuah website.



Tokohinspiratif.id didirikan oleh sekumpulan individu dan organisasi yang memiliki kepedulian terhadap masa depan bangsa. Website ini juga merupakan wadah terhubungnya orang otang yang telah memberi inspirasi untuk bangsa dan kemanusiaan.

Melalui wadah Tokohinspiratif.id ini diharapkan semakin banyak orang-orang yang ambil peran menjadi inspirator untuk Indonesia.

Tampilan website yang langsung memberi kita kesempatan mengajukan tokoh inspiratif

Dengan mengisi form yang sudah ada, kini kita sebagai masyarakat boleh dengan senang hati mengajukan sesiapa saja yang bisa kita bayangkan sebagai tokoh inspiratif selanjutnya. Dengan #UntukIndonesia #TokohInspiratifID



Bapak Chalid Muhammad, yang merupakan pelontar ide dari Website ini mengharapkan kalau website dapat membuat orang jadi tergerak melakukan aksi positif dari tokoh-tokoh inspirasi Indonesia ke masyarakat lainnya.

Sayangnya sore itu, Ibu Menteri Lingkungan Hidup, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, MSc, berhalangan hadir dan diwakili oleh Helmi Basalamah, sebagai Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP2SDM) Kementerian LHK. Beliau juga berharap bahwa akan ada tokoh yang tokoh yang nantinya akan menjadi panutan dan inspiratif mengandung makna edukasi.

"Bagi Kementerian LHK, edukasi akan sangat bermakna dari hulu hingga hilir sehingga peluncuran portal ini bisa membangun generasi yang makin inspiratif dan mencintai negeri ini," terangnya lagi.

Acara ini juga dihadiri sejumlah tokoh yang telah tercantum di website tersebut yang kemudian diadakan bincang - bincang sekaligus memberik kesempatan terhadap media dan blogger untuk bertanya tentang apa sebenarnya dan bagaimana website ini.

Beberapa di antaranya adalah:


Tokoh Inspiratif Kategori Aktivis Organisasi Non Politik 
Nur Hidayati (Mbak Yaya), 
Direktur Eksekutif Nasional Wahanan Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi): 
"Suara Lantang Pejuang Lingkungan"

Berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam isu - isu yang terkait dengan lingkungan hidup dan pembangunan. Sejak di bangku kuliah hingga saat ini, sebagian besar waktunya dihabiskan untuk beraktifitas dalam organisasi non pemerintah dan bersama masyarakat dalam berbagai macam isu di berbagai tingkatan. Mulai dari perencanaan komunitas dan pengorganisasian penanganan kasus-kasus masyarakat, hingga advokasi dan kampanya isu dan kebijakan dari level nasional, regional (ASEAN) dan global.




Tokoh Inspiratif Kategori Aparatur Pemerintah: 
Dr. Ratna Dewi Petalolo, SH, MH 
(Anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan). 
"Bergerak Membangun Peradaban Demokrasi"

Semangat mengawasi pemilu menjadi poin penting bagi beliau yang tertarik dengan lembaga pengawas pemilu. Baginya, oeran Bawaslu sangat penting dalam menemtukan kualitas pemilu dan demokrasi di Indonesia. Karena, pemilu bukan sekedar datang ke Tempat Pemungutan Suara dan menggunakan hak pilih, tetapi pemilu adalah proses membangun peradaban.


Tokoh Inspiratif Kategori Demokrasi
Titi Anggraini
Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem): "Srikandi Pemilu dan Demokrasi"

Sosok ulet dan pekerja keras. Pemikiran-pemikiran jernihnya tentang bagaimana harusnya demokrasi di negeri ini dijalankan telah mengisi ruang-ruang kosong yang selama ini tak tergali dan luput dari amatan publik. Bagi beliau, demokrasi bukanlah pilihan sistem terbaik. Tetapi demokrasi dengan segala kekurangannya memungkinkan kita untuk mendebatkan dan mendiskusikan kelemahan demokrasi agar menjadi lebih baik.



Tokoh Inspiratif Kategori aktifis Organisasi Non Politik
Merah Johansyah Ismail
Koordinator Nasional Jaringan Advokasi Tambang (Jatam)
"Gelora Perjuangan Aktivitas Jatam"

Suaranya selalu lantang saat berbicara soal karut marut pertambangan. Beliau tegas menyatakan bahwa generasi milenial harus menjadi bagian dari solusi atas ketidakadilan di sektor pertambangam dan lingkungan yang terus terjadi. Karena, kaum muda adalah yang paling bisa mengurus Negara.


Tokoh Inspiratif Kategori Akademisi
Prof. Dr. Sulistyowati Irianto
Guru Besar Antropologi Universitas Indonesia
"Tak Gentar Melawan Korupsi"

Menyandang gelar profesor di bidang antropologi, tak menghalanginya untuk aktif dalam Gerakan Guru Besar Anti Korupsi. Baginya, Korupsi bukan hanya sekedar pelanggaran hukum, lebih dari itu, korupsi juga merupakan pelanggaran terhadap hak asasi orang lain.

Sebenarnya ada beberapa tokoh yang berada di daftar tapi sayangnya tidak bisa hadir.


Yakni


Tokoh Inspiratif Kategori Difabel
Annisa Rahmania (1)
Pegiat Young Voice Indonesia

"Tuli, Berprestasi, Mendunia"

Dia tak mau disebut tunarungu. Dia menganggap sebutan Tuli lebih membanggakan dan tak membuatnya rendah hati. Dengan segala keterbatasan, dara 24 tahun ini mengukir prestasi membanggakan di tingkat nasional dan dunia. Saat ini dia sedang mengerjakan proyek pembuatan buku ilustrasi tentang Undang-Undang Disabilitas yang mudah dipahami oleh disabilitas intelektual.

Tokoh Inspiratif Kategori Kesehatan
Dokter Gamal Albinsaid (2)
"Mendunia dengan Visi Kemanusiaan"

Berderet prestasi tak membuat dokter Gamal Albinsaid terjebak dengan kebanggaan atas semua hasil yang diraihnya. Dia tetap fokus dengan rencana yang harus diselesaikan. Asuransi sampah yang dia rintis telah dikembangkan di sejumlah daerah dengan metode dan pendekatan kearifan lokal.

Tokoh Inspiratif Kategori Komunitas

Syaifuddin Zuhri (3)
Pendiri Komunitas Merah Putih, Batu, Malang
"Suluh di Lereng Panderman"

Menurut Gus Udin, kedekatannya dengan alam adalah bagian dari pendekatannya kepada Sang Pencipta. Dia prihatin karena luas hutan semakin menyempit akibat penggundulan dan pembalakan liar. Baginya, hutan harus kembali ijo royo-royo agar negeri ini bisa selamat dan tegak sebagai negara.

Tokoh Inspiratif Kategori Masyarakat Adat

Afrida Erna Ngato (4)
Kepala Sugu Pagu, Halmahera Utara
"Srikandi dari Suku Pagu"

Afrida Erna Ngato adalah perempuan pertama di Nusantara yang dipilih menjadi kepala suku. Kepala Suku Pagu yang mendiami bagian utara Halmahera ini tak kenal lelah memperjuangkan wilayah adat dan kebudayaan leluhurnya yang terancam punah akibat konflik lahan dan gejala sosial lainnya. Dia adalah inspirasi bagi negeri ini untuk senantiasa berjuang demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Tokoh Inspiratif Kategori Seniman

Glenn Fredly (5)
"Cinta, Kejujuran, dan Totalitas"

Dikenal sebagai musikus genius yang mampu memadukan kreativitas dan idealisme, kejujuran dan totalitasnya dalam bermusik tak diragukan lagi. Di sisi lain, kepeduliannya terhadap kelestarian lingkungan yang terwujud dalam berbagai macam aktifitas juga patut mendapat apresiasi.

Tokoh Inspiratif Kategori Nelayan
Muhammad Riza Adha Damanik, ST, Msi., PhD. (6)
‘Diplomat’ Nelayan Nusantara
Muda, enerjik, dan cerdas

Pemuda ulet ini tak kenal lelah berjuang membangkitkkan sektor kelautan Indonesia dengan melakukan advokasi masyarakat nelayan untuk bangkit dari keterpurukan dari level lokal, nasional dan dunia. Baginya, lautan adalah masa depan bangsa yang harus dikelola secara baik oleh negara, nelayan, dan seluruh rakyat Indonesia secara bersama-sama.



Di penghujung acara diskusi ditutup dengan pernyataan oleh mas Imam B Prasodjo, yang cukup membuat Saya sendiri terhenyak. Sebenarnya istilah Tokoh akan memberikan kotak - kotak yang seakan - akan membatasi diri kita sendiri. Untuk kita yang ternyata belum menjadi tingkatan Tokoh, jadilah Manusia Inspiratif terlebih dahulu. Sekaligus beliau menandaskan apa sebenarnya ciri atau kategori orang yang sudah dianggap Inspiratif itu?



  • Manusia yang punya passion atau gairah terhadap apa yang dia lakukan dan tekuni.
  • Manusia yang punya kapasitas baik itu ilmu, kepandaian serta akses yang akhirnya bisa ia lakukan untuk mempermudah langkah orang lain mencapai sesuatu bersama.
  • Manusia yang punya integritas yakni jujur, dapat dipercaya serta penuh dengan pengabdian.
  • Manusia yang out of box, kreatif dan terus berinovasi
  • Manusia yang selalu mau memberi dan berbagi ke siapa saja.
Sudahkah Anda Menginspirasi Lingkungan sekitar Anda Sendiri?


Salam Budaya!

Komentar

  1. Energi semangat mereka masih terasa hingga sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, energi mereka yang begitu positif benar - benar terasa

      Hapus
  2. klo sudah bilang apakah sudah menginspirasi, lebih baik tanya ke orang lain karena saya merasa belum

    BalasHapus
  3. salut yaaa sama mereka.. mereka nggak mikirin diri sendiri tapi mikir kepentingan orang banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener nih, masih malu sama diri Saya sendiri yang masih penuh ragu dan komplain.

      Hapus
  4. Beuhhh fotonya..
    Semoga om tarot jadi the next tokoh inspiratif.. 👍🏼

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaamiiiin. Hahaha fotonya bagus karena difotoin. Terima kasih.

      Hapus
  5. Fotonya bagus-bagus hehehe. Ini nggak fokus, malah komentarin foto.

    Mari terus bergerak dan bertindak, menjadi bagian inspiratif, tentunya bukan hanya bagiannya para tokoh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terima kasih. Semoga foto foto kita semua bisa memberi inspirasi. Hehehehehe ...

      Hapus
  6. Semoga akan semakin banyak tokoh tokoh yang lahir, yang bisa menginspirasi untuk memajukan Indonesia.

    BalasHapus
  7. Aku paling suka dengan tokoh inspirarif Merah Juansyah Ismail dia orangnya berani mengungkapkan masalah dengan suara lantangnya

    BalasHapus
  8. Ya orangnya termasuk berani menyuarakan dirinya

    BalasHapus

Posting Komentar