Tanda Saling Cinta - Menurut Kartu Tarot




Jatuh cinta berjuta rasanya
Biar siang biar malam terbayang wajahnya
Jatuh cinta berjuta indahnya
Biar hitam biar putih manislah nampaknya
Dia jauh aku cemas tapi hati rindu
Dia dekat aku senang tapi salah tingkah
Dia aktif aku pura-pura jual mahal
Dia diam aku cari perhatian oh repotnya

Salam Budaya!

Duh yang lagi jatuh cinta, uhuk uhuk (maaf batuk sebentar). Dunia terasa dibelah dua, satu untuk kamu satunya untuk aku. Ahay!


Pokoknya gak terbahaskan dengan kata - kata lah. Makanya sampai timbul kalimat "sedang di mabuk asmara". Karena memang, kita sendiri jadi mabuk, alias tak sadar, jadi lupa diri. Sering juga senyum - senyum sendiri dan berdebar begitu sang kekasih mengirim pesan WA padahal pertanyaannya cuma "Apa kabar?". Tapi sudah sukses bikin hati ini merekah, membuncah, terasa dibelah - belah tak pernah terasa lelah. Ah.

Lalu, lalu?

Ya ternyata Jatuh Cinta memang takkan pernah bisa diformula atau diteorikan. Semuanya terjadi dengan tiba - tiba. Tapi efeknya tak usah ditanya, pastinya menggegerkan dunia.

Pertanyaan berikutnya adalah bisakah cinta itu diukur? Atau minimal dilihat tandanya, apakah seseorang atau kita, saya, kamu, dia, bila sedang merasakan cinta sudah merasakan hal yang tepat atau benar?

Bisa nggak, sih?

Pertanyaan ini sebenarnya sempat dilontarkan oleh klienku semalam dan membuat Saya sedikit takjub karena begitu saya gelar dan tebar kartu Tarotnya, hasil kartunya begitu indah jawabannya. Hingga Saya punya niat untuk membaginya ke teman - teman penganut blogku ini.

Siap?


Okay. Saya ulangi ya pertanyaannya:

"Apakah bisa kita yakinkan bahwa kita sudah saling cinta? Ataukah tanda apa yang bisa diukur kalau memang ini namanya cinta?"


Setelah dikocok maka inilah hasil tebarannya:


Tebaran Celtic Cross menggunakan Kartu Tarot deck Golden oleh Kat Black

Nah bagaimana hasilnya?

Okay Saya kupas satu persatu ya?

Tebaran Celtic Cross sendiri punya 10 kartu yang akan berurutan diterangkan sebagai berikut:



Yang paling susah dalam menginterpretasikan pembacaan kartu tarot adalah kita seharusnya punya sumber ilmu yang terpercaya serta pemilihan kalimat interpretasi  itu berdasarkan dan bersumber dari pengalaman dan wawasan yang luas. 

Arti kartu secara gampang untuk nomor satu ini adalah Kartu Wanita.

Tapi kenapa dengan Wanita? Kenapa dia ada di pokok atau pusat permasalahan? Terus apa relasinya dengan pertanyaannya?

Jadi apa yang harus ditekankan disini adalah salah satu tanda pertama CINTA dari sang pasangan adalah :
  • Tak ada yang mempermasalahkan kedudukan dan posisi secara gender. Semua menghormati dan saling menghargai di posisinya masing - masing.
  • Pasangan dikatakan sempurna bila sudah bisa saling melengkapi sesuai kebutuhan, kelebihan dan serta saling menutupi kekurangan masing - masing.
  • Berusaha dan akhirnya berhasil membuat sang pasangan merasa seperti Gender seutuhnya.
Kalau lebih spesifik. Orang yang sudah saling cinta itu tak pernah diribetkan lagi apakah itu masalah yang berasal dari kaum Pria atau kaum Wanita.  Mereka sudah bakal paham kalau misalnya Wanita itu moodnya bisa berubah setiap saat atau Pria bisa saja di malam minggu malah hang out dengan teman - temannya daripada harus selalu ngedate atau apel.

Pasangan yang baik akan tahu apa yang diinginkan oleh pasangan yang lain tanpa menyuruh atau bahkan meminta. Mereka, karena memang cinta, akan menyediakan atau menyimpan hal atau sesuatu yang akan dibutuhkan oleh pasangannya.

Dan yang paling memang sedikit gombal dari hal ini adalah tanda cinta itu sendiri adalah berhasil membuat dirinya seperti Pria atau Wanita seutuhnya. Kalimat ini bisa juga lebih kompleks atau absurd mengingat kita sendiri tak tahu bagaimana menjadi diri seutuhnya itu. Tapi bagi orang yang kita suka dan cinta, apa yang dia telah punya, sudah demikian utuh  dan sempurnanya hingga salah satu pasangan takkan meminta yang lebih pada yang lainnya.

So Sweet. Ooh mana pacar ... manaaaaaaaaaa

Okay. Intinya. CINTA ITU TERJADI DAN NYATA BILA : YOU WILL MAKE HIM/HER COMPLETED TO EACH OTHER.



Kata EACH OTHER sudah muncul di bacaan pertama tadi dan diperkuat oleh kartu kedua ini. Dimana ditegaskan munculnya cinta atau tanda cinta itu akan menguat bila kejadiannya dirasakan oleh dua pihak satu sama lain. Tak ada yang lebih - tak ada yang kurang. Setara. Sama. Seimbang.


Camkan itu!




Nah, nah, tanda berikutnya adalah ADANYA UPAYA. ADANYA ACTION. Kalau cinta cuman dipendem ya melempem. Kalau suka itu ya minimal nggak cuma kasih coklat yang standar. Gak cuma ngajak nonton ya jadinya monoton. Selalu ada cara atau usaha bahkan modus  lebih dari sekedar teman supaya yang dicintai itu makin termehek - mehek dan Makin merasa tersanjung.



Secara sederhana dia akan selalu menemukan cara atau bagaimana membuat pasangannya jadi akan terkesan atau makin cinta. oh ya Ace Of Wand itu artinya NIATAN ya! Uhuuuy.



Nah hal di atas mengarah ke nomor 4 yaitu the Strength yang adalah TAK MUDAH PUTUS ASA alias gigih. Orang kalau sudah cinta itu akan tetap ajeg, dan terus menerus berusaha mendapatkan apa yang dia dambakan. Ya kan? Menembus segala rintangan, berjalan di atas api





Through the fire
Menembus api

To the limit, to the wall

Menembus segala keterbatasan, semua dinding

For a chance to be with you

Agar punya kesempatan bersama dirimu

I'd gladly risk it all

Dengan senang hati aku akan menerjangnya

Through the fire
Menembus api
Through whatever, come what may
Menembus apapun, ayo ayo saja
For a chance at loving you
Agar punya kesempatan mencintaimu
I'd take it all the way
Akan kutempuh semuanya
Right down to the wire
Sampai melewati kawat berduripun
Even through the fire
Bahkan yang berapi sekalipun





Di pembicaraan kali ini kita agak serius ya. Beneran nih. Awas, lu!

Jadi untuk lebih detailnya, kartu the Hierophant itu sesuai dengan gambarnya adalah kartu yang merupakan perwujudan dari seorang pendeta (pemuka agama) yang zaman dahulu pernah memegang kekuasaan penuh dalam pemerintahan suatu negara. Mereka kadang bahkan bisa menjadi sosok yang sangat berpengaruh dalam hal membisikkan suatu keputusan pada seorang raja. Segala keputusannya akan merupakan titah yang sama dengan raja.

Di situ, si Pemuka agama sudah memberitahukan secara lantang, apabila kau ingin mengambil kunci dunia dan surga serta kesuksesan ikutilah aku dengan cara terus menerus menebar kebaikan dan mematuhi 4 hal yang menjadi penopang negara:
  • Agama 
  • Pemerintah - peraturan
  • Pendidikan - etika, budaya, moral
  • Organisasi - keluarga, masyarakat, pergaulan

Nah, itu jalannya ya. Terus apa hubungannya dengan cinta. Wah ya related banget! To prove that you love someone. (Bahasa Indonesianya: Kalau kamu memang cinta) yang terjadi sebenarnya adalah Kamu akan benar - benar ingin tahu siapa sebenarnya dia. Ini berkebalikan dengan kepercayaan kita selama ini ya, yang mungkin salah. Banyak dari kita di zaman kekinian selalu tidak percaya dan selalu rewel kalau Bapak atau Ibu kita sudah mulai membicarakan namanya Bibit, Bobot dan Bebet.

Bobot itu adalah kualitas diri, Bibit itu asal keturunan sedangkan bebet adalah cara berpakaian (penampilan). Nah kalau dipikir - pikir. Mana ada orang yang 100 persen tidak mempertimbangkan itu. IF YOU LOVE SOMEONE YOU SHOULD THINK WHO REALLY HE OR SHE IS. Cuma di bacaan ini tak pernah sempurna menyimpulkan pula bahwa orang itu akhirnya akan menerima atau menolak pasangannya gara - gara beberapa persyaratan di atas tak terpenuhi, ya. Yang menjadi poin bukan itu, tapi pada dasarnya kita, manusia normal akan secara otomatis saling menyeleksi kecocokan dengan siapa yang hendak kita jadikan sebagai pasangan kita, bahkan menyelami kemungkinan kesamaan diri atau kesenangan plus hobby dari hal - hal yang kecil

Bukankah begitu?




Terus ini artinya apa Bang. Bang Nopal. Ehek.
Bentar ya, Cute Girl.

Page of Wands menandakan perbuatan kecil. Hal - hal kecil yang ternyata menjadi perhatian. Bila kalian saling suka. Dia suka ngemil cilok aja maka bila suatu saat di jalan lihat ada cilok lewat, pasti kamu inget dia.

Ngakuuuuuuuuuuuuuuuu.....


Ayo ngaku atau ....
Apa yang kita perbuat, hal - hal kecil yang kita temui akan selalu terhubung dan teringat akan dia. Cieeeeeeeee ....




Nah kenapa ini? Kenapa ada gambar cowok digantung? Serem ya? Eh kok juga gak pake baju? Nggak masuk angin apa?

Sssstt .....


Pernah dengar idiom ini nggak?



Kalau dalam arti harafiah ya Head Over Heels itu mirip dengan orang yang jatuh bangun, jungkir balik, kepala jadi kaki, kaki jadi kepala. Seperti itulah Head Over Heels yang punya arti sedang dilanda kasmaran atau cinta. Orang yang udah mabuk kepayang. Nah itu lah ciri - ciri yang tak terhindarkan. 

Orang sudah mulai mau saling berkorban kalau memang dalam keadaan seperti ini. Menyerahkan segalanya. Pasrah. Berserah. Meski dia sendiri kadang merasa pusing. Hahahah ....



Mari kita bicarakan sesuatu yang mungkin tak terbayangkan pada kartu ini yakni the Side of (Mental) Preparation. Digambarkan di kartu ada seorang prajurit yang hendak pergi ke medan perang. Dia tengah bersiap dengan segala perangkat kereta perangnya dan juga kuda yang bersiap untuk menghantarkannya. Apakah begitu saja keadaannya? No. Perangkat itu tidak hanya siap, tapi indah serta penuh dengan hiasan serta printil - printilan detail kecil.

Terus apa hubungannya dengan Saling Cinta. Ya, begitulah We Want To Be Looked Perfect To Each Other (Bahasa Indonesianyaaaaaaaaaaaaaa) adalah Kita akan selalu ingin terlihat siap, bagus, sempurna di mata pasangan. Nggak ingin terlihat jelek, tak ingin terlihat kuyu, menata penampilan kita, lisan kita. Selalu menarik perhatian seolah kita lebih pintar, menarik dan juga disenangi oleh mata.

Bukan begitu?



Nah nomor 9 ini rasanya sudah tak usah dibantah lagi. The Lovers itu namanya jodoh. Okay walaupun jodoh itu adalah urusan Tuhan dan kita tak dapat mengelak atau menebak - nebak kemisteriusannya, malah alasan ini lah yang membuat kita semua jadinya tetap bertanya - tanya atau apa sebenarnya tanda cinta itu?. Karena jodoh itu sepertinya memang diatur atau istilah kerennya meant to be. Kita kadang nggak merencanakannya tapi ketemu teroooooooooos. Wuih jodoh. (Kata orang begitu) (Sambil tersipu). Nggak sengaja bertemu lah, nggak sengaja bertatapan lah. Nggak sengaja mengambil jurusan yang sama lah entah itu mata kuliah atau TransJakarta.

Ohhh.. so sweettt.



And last but not least.



Kesimpulan

Kesimpulan di sini memang agak kontroversial. Secara harafiah di buku Saya. Knight Of Coins (atau Pentacles di beberapa kartu) sebenarnya punya makna khusus yakni pacaran. Tapi Saya pengen meluruskan arti pacaran itu. Biar tak dimarahi tetangga sana dan sini. Pacaran adalah sesuatu yang mengalami kerusakan arti di zaman sekarang. Pacaran itu bukan ciuman sana sini, gandengan tangan ataupun bahkan bobo. You can tell me i'm an old fashion person. Tapi di zaman dahulu kala pacaran itu means PDKT alias pendekatan. Pengen tahu kita sebenarnya kayak gimana sih calon pasangan kita itu?. Melalui obrolan, cara saling memperlakukan satu sama lain, cara menghormati orang tua kita bahkan attitude. Jadi pacaran itu bisa berlaku tidak saja dengan satu orang saja. Bahkan ibu Saya dulu menganjurkan berpacaranlah kita dengan sebanyak - banyaknya untuk saling mengenal. Karena pacaran adalah teman yang beraroma romansa. Hadeuuuh ...

Bahwa mau sebagaimanapun arti atau tanda - tanda cinta itu muncul dan dikenali. Bila kita tidak diniatkan untuk saling bertemu, mengenal, diskusi atau bertanya dan akhirnya berpacaran (dengan makna pedekate). Tanda cinta itu akan cuma jadi fungsi pengenal sepihak saja dan tidak terbukti.

Jadi kenakan ikat pinggang, siapkan transportasi, bila kamu ingin mengenal cinta, Kenalilah dulu siapa pasanganmu.

Okay?


Salam Budaya.

Komentar

  1. Wow, kisah cinta yg menarik, kapan aku dibacakno tarot mas

    BalasHapus
  2. Aku baca ini jadi inget masa-masa sebelum menikah dulu. Hahah

    BalasHapus
  3. Sejak dulu begitulah cinta. Deritanya tiada akhir. Tetapi tetap selalu dicari

    BalasHapus
  4. Sesulit apapun, menemani dari nothing until become everything itu sesuatu banget, tak perduli apa kata orang2, itulah mencintai

    BalasHapus
  5. Hmmm bibit bebet bobot yaa , komplit baca sambil belajar pemahamanya jugaaa keren

    BalasHapus

Posting Komentar