Baran - Baterai Rumah Masa Depan


Salam Budaya!



Semoga kita tetap bersabar dan tetap tawwakal. Kenapa begitu, karena dari masa kecil sampai sekarang, Ibu Saya tercinta selalu memberi nasehat (sedikit ngomel) dihadapan anak - anaknya untuk mengingat betapa berharganya listrik.



"Matiin ini. Matiin itu. Itu bukannya ngehabisin banyak watt? Kok nyetel film gak kira - kira sih. Listrik naik lho!"


Banyak Ibu Stress memikirkan listrik. Sumber foto: http://lindenbp.com


Saya gak marah. Saya senyum dan sadar sedari kecil. Itu cara termaksimal beliau untuk mendidik kami supaya bisa berhemat listrik sejak dini. Malah kadang di usia tertentu, Saya cukup kaget bahwa kita yang berada di Jawa adalah penduduk yang sangat beruntung karena pasokan listrik kita cukup besar, tapi bukannya itu akan tersedia selamanya. Semuanya jelas - jelas akan habis, akan berkurang, bahkan bukan berarti tidak akan ada gangguan selamanya. Listrik tetap tercadangkan menjadi yang susah untuk terbaharui. Saya terganggu kalau listrik mati. Suasanya serba panas. Henpon secanggih apapun juga kalau tidak terisi baterai juga akhirnya mati. Bukannya ada power bank? Power Bankpun juga harus diisi dengan listrik. Listrik. Listrik. Listrik. Dan jangan pernah lupa, Listrik tetap bayar.



Nah para Ibu yang baik, (walau blog ini dibaca oleh siapa saja) atau beritahu saja buat Ibu ada sesuatu yang menarik untuk mengurangi tingkat stress mereka. Stress kita semua atas apa yang menjadi beban kita baik harian, mingguan dan bulanan apalagi tahunan.


Sumber gambar dari Aldebaran


Bahkan ini juga tantangan untuk Bangsa dan Negara kita lho!


Sumber gambar dari Aldebaran

Saya sudah mulai bisa membayangkan kita bakal mengangguk bersama - sama menghadapi kenyataan ini. Terus bagaimana?

Makanya banyak negara berlomba - lomba untuk memecahkan cara mengatasi energi listrik ini.

Sumber gambar dari Aldebaran

Obsesi dan impian manusia di Bumi ini ternyata sama, yakni bagaimana menemukan cara yang cerdas untuk mengganti atau minimal menghemat energi terlebih energi yang dihasilkan oleh fosil yang jelas - jelas terbatas dan semakin menipis dan yang lebih gila lagi adalah, apakah mungkin sumber daya itu nantinya lebih murah atau ke tingkat yang lebih tidak masuk akal lagi adalah apakah itu bisa GRATIS??



Lha mas kok nyolot, sih memang mimpi dan berangan - angan tinggi itu tidak boleh ya?

Banyak kok sudah buktinya, kalau di masa lalu suatu angan - angan (yang ternyata nanti terbukti efektif) akan mengalami cercaan dan gelak tawa hina.


Sumber gambar dari Aldebaran

Apa contohnya? Ini dua dari contoh utama bagaimana penemuan pada awalnya akan dianggap suatu lelucon.


PESAWAT TERBANG
Kadang para penemu sendiri merasa putus asa terhadap ciptaannya. Di tahun 1901, setelah melalui beberapa kali percobaan yang mengecewakan dengan pesawat layang ringan mereka, Wilbur Wright menyatakan kalau "Manusia tidak akan bisa terbang selama 50 tahun kemudian,’ padahal hanya 2 tahun kemudian Wright Bersaudara akan membuat sejarah saat mereka berhasil menerbangkan pesawat pertama mereka melintasi Kitty Hawk, North Carolina. Kemudian di tahun 1933, menyusul pesawat modern berpenumpang pertama - Boeing 247 berawak 10 orang  – seorang insinyur dilaporkan telah menyatakan kalau : ‘Takkan pernah mungkin dibuat pesawat yang lebih besar muatannya.’
Sumber gambar : medium.freecodecamp.org
MOBIL 

Di tahun 1899, Majalah The Literary Digest berkomentar sesuatu tentang mobil: 'Angkutan yang Tak Berkuda' yang biasa saja ini bisa jadi hari ini adalah barang yang mewah untuk memamerkan kemewahan; dan meskipun harganya akan jatuh di masa depan, barang ini takkan, tentu saja, tetap tidak semasuk akan gunanya seperti sepeda.’ Empat tahun kemudian, Pengacara Horace Rackham asal Detroit dinasehati oleh presiden Bank Michigan kalau 'Kuda akan tetap dipakai tapi mobil adalah sesuatu yang iseng kekinian', sesaat sebelum ia membeli saham Henry Ford di Ford Motor Company. Bersyukurlah Rackham tidak mempedulikan nasehat itu dan di tahun 1908, Ford Motor Company mendesain mobil dengan Model T yang di tahun 1918 akan dipakai oleh separuh dari seluruh jumlah mobil di Amerika. 




Jadi intinya tiada yang salah dengan inovasi, mimpi, cita - cita atau khayalan kalau memang itu suatu hari akan membuat hidup kita lebih efektif. Boleh dan wajar dan gak boleh hanya dinyinyirin.


Nah apakah ada karya anak bangsa yang sudah memulai ini sebagai harapan baru seperti Tesla, misalnya yang mulai mengembangkan teknologi tenaga baterai khususnya menghadapi kemeriahan Industri 4.0 yang sudah dicanangkan oleh pemerintah?

Kami persembahkan ALDEBARAN - satu perusahaan yang dimotori dan digerakkan oleh para pemuda Indonesia yang siap membantu kita dalam menghemat energi dan menghemat biaya.


Aldebaran (α Tau, α Tauri, Alpha Tauri) sebenarnya adalah bintang paling terang dalam rasi Taurus dan salah satu bintang paling terang dalam langit malam. Aldebaran merupakan bintang yang paling mudah ditemukan di langit, dengan diameter 44.2 kali lebih besar dari diameter Matahari. Nama Aldebaran berasal dari bahasa Arab yang berarti "pengikut", karena bintang ini terlihat mengikuti Pleiades di langit. Karena lokasinya berada di kepala Taurus, bintang ini dijuluki sebagai Bull's Eye.

Aldebaran yang nantinya kita sebut sebagai Debaran adalah karya yang Indonesia sekali. Karya asli anak bangsa yang jelasnya membuat kita bangga.

Wujudnya akan dibagi menjadi 3 bagian.



Baran, yang telah berpengalaman dalam Baran Properti akan menampilkan teknologi Power untuk menghantarkan energi panel solar (cahaya matahari) hingga bisa disalurkan ke seluruh wilayah pemukiman bisa juga nantinya juga akan ada solar farm (untuk pertanian) yang tentu saja bakal mensejahterakan para petani dan rakyat, Baran EV untuk kebutuhan transportasi dan juga Baran Cube untuk memenuhi kebutuhan Industri.


Dengan teknologi Baran maka perhitungan yang selama ini selalu membebani dan ketakutan kita akan borosnya energi dan betapa mahalnya konsumsi energi kita akan bisa mendapat tekanan untuk diminimalkan secara luar biasa. Impian kita akan energi terbarukan mulai terwujud. Serta lebih memahami bahwa inilah yang terjadi pada Inovasi Disruption. Yaitu suatu penemuan yang akan menggantikan teknologi lama serta penyebarannya benar - benar tidak dikuasai oleh orang per orang atau satu perusahaan saja. Semua orang boleh menikmatinya. Sebuah Revolusi Industri yang nyata di tengah - tengah Zaman Kekinian.



Dengan menggunakan listrik tradisional, dari tahun ke tahun, penggunaan dan ongkosnya akan terus meningkat tajam. Sementara dengan menggunakan Energy Baran, penggunaan ongkosnya hanya begitu saja dan akan tetap konstan hingga 20 tahun mendatang (umur penggunaan Baran)

Begitu juga dengan penggunaan Mobil konvensional yang harganya akan terus merosot tajam dari pada kita menggunakan investasi yang ditawarkan oleh Baran Energy.

Nah sebenarnya seperti apakah detail baterai yang sangat memudahkan ini.


Powerwall yang bermerk Baran ini sebenarya adalah produk penyimpanan energi stasioner baterai lithium-ion yang diproduksi oleh Aldebaran. Powerwall dimaksudkan untuk penyimpanan energi rumah dan menyimpan listrik untuk konsumsi sendiri yang diperoleh dari penyimpanan tenaga surya, waktu penggunaan pemindahan beban, daya cadangan, dan penggunaan off-the-grid. Untuk skala yang lebih besar Baran akan mampu untuk penggunaan jaringan listrik komersial atau listrik, pemindahan beban, daya cadangan, respons permintaan, mikrogrid, integrasi daya terbarukan, pengaturan frekuensi, dan kontrol tegangan. Rahasia kecil dari berasal dari satu penyimpan atau Module Battery Pack ini yang mampu menyimpan hingga 8800 wh.




Penyimpan Energi untuk rumah dan juga bisnis.

Baran Powerwall adalan penyimpan energi besar yang akan membantu rumah Anda walaupun tidak terjangkau listrik. 

Spesifikasi

Kapasitas Penggunaan : 8800Wh
Skalabel : hingga ukuran 4 (tergantung dari kemampuan inverter)
Baterai : Berdasarkan teknologi lithium ion, terlindungi dan mudah penanganan dengan Liquid Cooled. 
Menggunakan IOT (Internet of Things) System sebagai sistem pengaman dan pemantau kondisi powerwall.

Ukuran 

Lebar : 1000 mm
Panjang : 600 mm
Tinggi : 200 mm

Benar - benar desain yang berbaur dengan Lifestyle, Simple dan juga Powerfull.






Tampilan beberapa rumah yang sudah didesain dengan penempelan dan penempatan Baran sebagai penyimpan energi mirip Baterai atau secara umum disebut Powerwall. Desainnya yang elegan, simpel dan keren sanggup berbaur di beberapa desain rumah dan tentu saja akan sanggup menyimpan energi yang berasal dari saluran Panel Surya (Cahaya Matahari). Dengan penyimpanan yang cukup besar, kita bisa mengatur secara cerdas dan hemat untuk menekan pengeluaran energi dan biaya penggunaan energi listrik di malam hari, yang biasanya lebih besar, bisa berkurang hingga 50 persen bahkan dengan penyimpanan serta penggunaan penuh kita bisa terbebas 100 persen alias GRATIS! Bayangkan Listrik Gratis! Wow!




Di cadangan dalam skala yang lebih besar seperti Baron Cube, penggunaan Energy Baran Powerwall bahkan bisa menggantikan energi listrik untuk pabrik atau industri besar dan kendaraan bermotor dan mewujudkan mimpi akan Mobil Listrik Indonesia.

Bukannya itu hal yang menyenangkan?


Jangan lupa untuk mampir ke situs BARAN.

Sudah saatnya menggunakan Baran sebagai pemerkuat Energi Bangsa tanpa penggunaan Energi dari Fosil



Masih penasaran kan dengan kelanjutan dari perkembangan dari Baran ini?

Update terus di instagram @baranenergy dan @victorwirawan serta Facebook aldebaran

Tunggu kabar selanjutnya ya?

Salam Budaya!

Saya bersama Bapak Victor Wirawan - CEO/Owner dari PT. Aldebaran Rekayasa Cipta - Empunya Baran

Komentar