Delightful Ramadhan Culinary - Cara Mantap Hidup dan Makan Sehat


Salam Budaya!

Saya siang ini, Rabu, 9 Mei 2018 diundang oleh Kantor Duta Besar Amerika Serikat Urusan Pertanian dan Peka Consult untuk menghadiri "Delightful Ramadhan Culinary" - Kulinari Ramadhan yang Menyenangkan ... (Wow Saya suka). Bertempat di AMUZ Gourmet, salah satu French Fine Dining Restaurant yang ada di lantai 2 di Gedung The Energy di kawasan SCBD - Jakarta Selatan.

Okay.

Ternyata memang acaranya sangat WOW. Di sini kita bisa mencicipi hidangan berupa makanan berat, ringan, buah - buahan sertai cemilan yang dipastikan sehat dan bisa sampai nanti dikonsumsi sampai Ramadhan tiba. Ya Allah ya Robbi sudah Ramadhan lagi ya. Tanpa terasa sudah ketemu lagi.

Bapak Christopher Rittgers yang merupaka Counselor Foreign Agricultural Service dari United States Department of Agriculture untuk Jakarta dan Mbak Ulfa yang pernah merasakan Ramadhan di Amerika

Secara garis besar, ini adalah salah satu acara yang merupakan rangkaian penyambutan Ramadhan. Bahwa Amerika Serikat juga punya satu perhatian juga terhadap masyarakat Indonesia yang mayoritasnya Muslim, yang sebentar lagi akan menjalankan ibadah puasa dan mereka punya banyak produk yang tetap bisa dinikmati sepanjang bulan suci itu.

Peka Consult sendiri adalah konsultan bisnis dan marketing berkedudukan di Jakarta. Mereka telah dipercaya untuk mendistribusikan dan memasarkan produk seperti Washington Apple, Kurma Medjool, USA Pears, Sunmaid.

Apel, Jeruk dan Berry

Menurut keterangan lebih lanjut dari Pak Kafi Kurnia, yang merupakan Managing Director dari Peka Consult, Inc. Bahwa sudah menjadi hal yang umum, kalau Indonesia mengalami kesulitan untuk memperkenalkan kuliner Indonesia ke dunia karena bukan karena tidak enak atau bagaimana tapi saking rumitnya dan beragamnya rasa, jenis dari masakan Indonesia.

Jadi ini merupakan satu tantangan beliau untuk terus menerus mempopulerkan dan bekerja sama dengan pihak Amerika contohnya untuk mendengungkan suatu gerakan berupa "Sajian Kuliner Indonesia - Sebuah Takdir Kejayaan". Bahkan beliau ini adalah founder dari Sembutopia.


Beliau yang memang kita kenal sebagai kolumnis dan konsultan marketing ini berkeinginan membuat suatu gerakan bernama Sembutopia yang merupakan layanan yang bertujuan untuk memotivasi, menginspirasi, dan memberikan edukasi tentang Gaya Hidup Sehat. Diluncurkan sejak November 2017, SEMBUTOPIA aktif berkegiatan untuk mengenalkan pola hidup yang sehat.

Kolaborasi Produk yang ditangani Peka Consult, Inc dengan Sembutopia

Sebuah gagasan yang menarik menurut Saya seperti yang pernah Saya dengar di sebuah seminar kesehatan sebelumnya, bahwa siapa bilang hidup sehat itu tidak bisa dilakukan dengan menikmati apa yang kita makan dan minum? Bukannya sebenarnya tujuan hidup sehat itu bahagia? Lalu kalau kita sehat saja terus tidak bahagia apa jadinya?

Delightful - Menyenangkan  ... Wah Saya tahu sekarang kemana arahnya undangan ini.

Nah salah satu produk yang diandalkan dan diperkenalkan di acara ini adalah Kurma yang tak berbiji (sebenarnya bijinya sudah dikeluarkan) sehingga tak menyulitkan bagi yang menikmatinya. Kurma di acara ini menjadi semacam penjembatan dari semua yang Saya sebut di atas. Dia merupakan salah satu produk yang dibantu oleh Peka Consult, Inc, merupakan makanan sehat yang menjadi anjuran Sembutopia dan bakal akan menemani di hidangan jutaan masyarakat Muslim di Indonesia.

Well done. Tepat sasaran ya, pinter juga.





KURMA 

Buah ini dipertimbangkan sebagai salah satu buah tanam tertua di dunia hingga 6000 tahun sebelum masehi. Dari semua jenis yang diunggulkan varietas, jenis Medjool dianugerahi sebagai juara atau raja dari Kurma. Selama bertahun - tahun, hanyalah Kaum dari kalangan Kerajaan dan juga tamu terhormat yang hanya bisa menikmati kemewahan manisnya, rasanya yang sangat kompleks tiada banding, dan juga dagingnya yang lembut. Nah sekarang orang pada umumnya butuh kurma yang kering, lebih tahan lama, manisnya tak terlalu manis banget dan cepat saji. 

Makanya produk ini cocok untuk masyarakat yang kekinian dan NOW. 

Lalu apa saja manfaatnya?
SUPER ANTIOXIDANT POLYPHENOLS

Kandungan polyphenols yang tinggi, yang akan melindungi kita dari oksidasi atau pembengkakan yang bisa berujung kanker. 

SUMBER MAKANAN BERSERAT TINGGI

Hanya satu biji kecil saja, seperempat cangkir telah memenuhi 12 persen dari kebutuhan serat kita sehari - hari (3 gram). 

KAYA AKAN POTASIUM DAN MINERAL LAINNYA

Potasium, Mangan dan mineral lainnya secara alamiah akan menyeimbangkan sodium dari makanan dalam kebutuhan diet. 

INDEK GLISEMIK RENDAH

Dalam hitungan Indeks Glisemik, Kurma termasuk rendah. Dengan diet kaya akan bahan Glisemik rendah akan menjaga Darah Gula Pemirsah stabil dan menjaga berat badan sehat dan seimbang dan tetap berenergi. 

BEBAS LEMAK DAN KOLESTEROL

Wow ini yang benar - benar wow, secara alamiah kurma itu bebas lemak dan kolesterol, membuatnya sempurna untuk cemilan atau dimasukkan ke resep - resep yang menyehatkan. 

MENGURANGI OKSIDASI DARI KOLESTEROL BURUK

Tes Laboratorium menunjukkan kalau mengkonsumsi kurma dapat mengurangi oksidasi dari Kolesterol LDL. 

Segar - segar yaaa .... Kurmanya


Dengan penjelasan seperti itu tiada ragu lagi Saya mengkonsumsinya (begitu tulisan ini diangkat kurma jatah Saya sudah habis hehe)

Oh ya sebagai tuan rumah yang baik, di akhir acara, perwakilan dari AMUZ, chefnya Stefu Santoso mempersilakan tamunya untuk mencicipi menu istimewa yang kali ini hampir semua masakannya merupakan campuran dari apa yang kita bahas hari ini. Enak, Menyenangkan, Menyehatkan dan Perpaduan dari Indonesia dan Amerika dan takkan ragu untuk disajikan menjelang dan selama bulan Ramadhan.

Chef Stefu Santoso yang merupakan tokoh di balik kesuksesan AMUZ

Ayo Pemirsah kita keliling menikmati hidangan yang ada.

Sate Maranggi yang berdaging Amerika, Martabak dan Potato Crisscut

Braised USA Beef in Raz El Hanout Spice nanti disajikan dengan Mash Potato, Sayur dan Saosnya

Menikmati Segarnya Jeruk Sunkist

Olahan Blue Berrry menjadi Pannacotta yang lezat

Olahan Kurma menjadi Es Krim
Kesimpulannya, kami kenyang, sehat, senyum dan paham akan arti kesehatan. Full!

Terima kasih mbak Dewi Nuryanti atas undangannya.
Semua bahagia.

Salam Budaya!

Tim Blogger bersama Pak Kafi Kurnia - foto oleh Mas Said


Komentar

  1. Sami sami Om Dedy. Smoga acaranya bermanfaat. Kurma Medjool yg kemarin kita cicipi itu asli loh manisnya tanpa ada campurannya dan pastinya lebih sehat. Selain kurma medjool, ada juga Sunkist Washington yg segar dan manis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya. Semuanya adalah bahan makanan yang sehat dan tentu saja menyenangkan. Sami sami mbak Dewi.

      Hapus
  2. Wah kenyang kita ya ...bingung makannya semua melimpah dan enak enak , kurma ny top jus Sunkist ny enak ga asem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kan. Enak enak hahaha. Semoga banyak berkahnyaaa. Aammmiiin

      Hapus
  3. Aku suka kurmanaya mas.. Lembut dan legi, walau aku bilang manisnya over seperti aku wkwkwkw

    BalasHapus
  4. Aku suka kurmanaya mas.. Lembut dan legi, walau aku bilang manisnya over seperti aku wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Dari kemaren mengunyah dan anehnya gak bikin senut senut hahahahaha. Emang enak. Manisnya mungkin aku jg manis sih hehehe

      Hapus
  5. Saya jadi tahu ternyata varian buah dari Amerika banyak sekali ya, dan ketika dipadukan dengan masakan khas Indonesia rasanya menjadi semakin luar biasa.

    BalasHapus

Posting Komentar