Dompet Dhuafa - Bentang Kebaikan Jelang Ramadhan


Salam Budaya.

Bulan Ramadhan dengan segala kebaikannya lagi - lagi tiba menyapa kita tahun ini. Ya Allah masih banyak yang harus Saya lakukan. Belum ini, belum itu. Masih punya tanggungan ini, tanggungan itu. Tapi secara keseluruhan, bulan Ramadhan adalah bulan untuk tarik napas, sedikit step back. Introspeksi, melihat ke belakang apa saja yang telah Salah saya lakukan, apa saja yang belum Benar yang Saya lakukan.

Nah, Saya suka sekali dengan tagline ulang tahun dari Dompet Dhuafa yang "25 Tahun Membentang Kebaikan". Ada makna yang dalam yang tersirat di kata membentang, layaknya sebuah kain atau sajadah, berarti kebaikan itu memang harus terpapar, diperlihatkan secara nyata, bukan untuk kesombongan tapi untuk mencari keridhoan Allah, menjadi panutan bagi sesama dan juga introspeksi bila ada kelakuan kita yang belum pas atau khilaf. Bentangan juga berarti ada makna ukuran, yang bisa jadi tertenun tak putus karena lagi dibentangkan dan dirajut. Seperti kebaikan yang seharusnya menjadi pekerjaan dan tantangan bagi kita sehari - hari untuk terus 'menenun'nya tanpa lelah.

Di Selasa 8 Mei 2018, bertempat di Graha Bima Sakti - Komplek TNI AU Triloka Blok A No.10, Jl. Pasar Minggu, Pancoran, RT.1/RW.4, RT.1/RW.4, Pancoran, Jakarta Selatan.

Acara pada intinya sebenarnya jelas, bahwa untuk terus mengingatkan pada masyarakat bahwa Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF Dompet Dhuafa akan terus mewujudkan masyarakat berdaya yang bertumpu pada sumber daya lokal melalui sistem yang berkeadilan. Apalagi kepercayaannya telah menempuh jarak 25 tahun yang seharusnya sudah tidak diragukan lagi.



Acara dimulai dengan pengenalan peluncuran situs



Situs ini adalah website yang memudahkan lembaga sosial, komunitas maupun personal terverifikasi untuk menggalang dana zakat, sedekah dan wakaf secara online dengan transparan serta terpercaya.

Membawa tag, Mari Berbagi Keberkahan Bersama Bawa Berkah diharapkan situs ini akan mengemukakan hal - hal yang transparan, berjangkauan nasional, terpercaya dan tentu saja profesional, dan tentu saja dunia sudah di genggaman Anda karena memang bisa dilakukan melalui handphone.



Caranya mudah sekali, pergi ke situs di atas maka akan ada tampilan seperti ini:

Pilih menu daftar/masuk
Akan muncul tampilan sebagai berikut:


Bagi penggunan baru, akan tersedia 3 pilihan log in yakni melalui Facebook, Gmail atau daftar manual dengan mengisi form di web.


Mengisi dan melengkapi profil.
Anda selanjutnya tinggal memilih apakah akan melakukan bantuan terhadap Campaign atau Zakat, yang akan muncul dengan pilihan seperti menu, hal apa yang menurut Anda penting atau menarik untuk Anda bantu.


Contoh Campaign dan Zakat dan cukup tekan Donasi

Mudah, cepat, canggih, efektif, bukan?

Selanjutnya setelah selesai dibuka oleh MC Ahmad Faqih dan Doa bersama. Kami dibawa keliling untuk melihat apa yang telah selama ini dinamakan sebagai Program Pemberdayaan Dompet Dhuafa, di tempat tersebut dipamerkan sebagian dari produk yang dijual ke masyarakat dan langsung bisa dibeli dengan voucher yang telah kita dapatkan.

EKONOMI DAN PEMBERDAYAAN DOMPET DHUAFA ditujukan untuk memutus lingkaran kemiskinan di Indonesia, Dompet Dhuafa merangkul masyarakat di seluruh daerah dengan berbagai program pemberdayaan, agar terciptanya entrepreneur dan lapangan kerja baru.

Bapak Jodi Iswanto selaku Direktur Karya Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa menerangkan beberapa produk dari pemberdayaan yang memang beras dan nantinya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Aaamiiiin.



Jeruk Lemon


Beberapa produk malah dijadikan andalan karena memang terjadi tren besar - besaran dan peminat yang tinggi di bidang Kopi.


Praktek langsung pegolahan Kopi Kahaya dari Bulukumba

Barista menyediakan tester dengan metode seduh Pour Over atau V60.

Setelah membawa pulang salah satu dari produk pemberdayaan berupa Kopi Kemloko, asal Temanggun, Saya baru sadar kalau potensi kita sebenarnya tidak kalah kalau memang ditata dan dikelola dengan serius. Rasa kopinya sangat sedap, bagi Anda yang suka kopi dan ingin memberdayakan masyarakat juga jangan lupa beli kopi ini, ya!


Acara dilanjutkan dengan talkshow seru yang mengundang beberapa jajaran penting dalam pengelolaan Dompet Dhuafa.

Dari kiri ke kanan: Bapak Urip Budiarto - GM Resources Mobilitation Dompet Dhuafa / Ketua Ramadhan Dompet Dhuafa 1439 Hijriah, Bapak M Syafiie El-Banatanie - Direktur Dompet Dhuafa Pendidikan, Bapak Bambang Suherman - Direktur Mobilisasi ZIS, Ihsan Tarore - Penyanyi dan relawan Dompet Dhuafa, Bapak Dr. Reza Ramadhoni - Dokter dari LKC Dompet Dhuafa serta Mbak Diani Pratiwi sebagai moderator.

Bapak M Syafiie El Banatanie mengingatkan pada kita bahwa masih banyak zakat yang belum terbayarkan dengan baik serta penyalurannya belum tepat guna. Salah satunya juga untuk mengatasi masalah dan kendala pendidikan. "Pemerintah tak dapat berjuang sendiri untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Butuh sinergi dari berbagai pihak agar peningkatan kualitas pendidikan dapat terwujud. Salah satunya adalah sinergi dari lembaga Filantropi Pendidikan di Indonesia."

Beliau juga menyarankan untuk mengimbangi tadarus atau mengkhatamkan Al Qur'an dengan memahami dan memaknai apa arti dari ayat - ayat yang ada.

Bapak Dokter Reza Ramadhoni, salah satu dokter dari LKC Dompet Dhuafa (Layanan Kesehatan Cuma - Cuma) yang punya visi menjadi institut yang mampu mengembangkan program pelayanan kesehatan secara profesional bagi Dhuafa di Indonesia dan seluruh dunia.

Misinya adalah

  • Mengembangkan sistem pelayanan kesehatan yang berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
  • Mengembangkan kualitas Sumber Daya Alam (SDM)
  • Mengembangkan kemitraan dengan sesama jejaring Dompet Dhuafa dan di luar jejaring baik nasional atau internasional
  • Mengembangkan metode pemberdayaan yang berbasis komunitas kesehatan dan menganut pendekatan promotis-kuratif secara holistik.

Beliau juga memberikan tips ringkas dalam menjalankan ibadah puasa agar tetap terjaga kesehatannya melalui memperbanyak minum air putih biar terhindar dari dehidrasi serta menjaga komposisi makanan yang teratur dengan asupan makanan dengan gizi yang cukup dan memberi jarak saat makan dan waktu tidur yaitu sekitar 3 jam agar proses pencernaan makanan dalam tubuh diolah dengan baik.

Beliau juga banyak menceritakan banyak daerah atau orang kurang mampu yang belum terjangkau akan fasilitas kesehatan baik dari pemerintah atau yang berwenang. Dana hingga 500 trilyun rupiah pun takkan pernah cukup menangani kasus kesehatan di Indonesia.

Ihsan Tarore, sebagai artis, selama 2 tahun ini juga mengakui bahwa dia akan merasa termudahkan karena Dompet Dhuafa akan membantu menyalurkan rezeki yang ia dapat yang seharusnya di dalamnya terdapat hak orang lain yang memang harus kita keluarkan.

Bapak Urip Budiarto dalam hal ini juga berterimakasih dan menghargai atas peran, doa dan dukungan penuh dari rekan - rekan serta seluruh orang - orang baik di seluruh Indonesia yang membuat Dompet Dhuafa bisa menebar kebermanfaatan dari Sabang sampai Merauke bahkan ke Mancanegara. Beliau juga menerangkan bahwa bulan Juli nanti Dompet Dhuafa akan berusia 25 tahun dan dengan menggunakan slogan kebersamaan Membentang Kebaikan yang merupakan sebuah konteks kebaikan bahwa Dompet Dhuafa adalah milik kita semua.

Dompet Dhuafa juga akan membantu seluruh pihak yang ingin berbagi kepada sesama manusia melalui edukasi di beberapa titik luar ruang, Insya Allah juga mendirikan 75 kounter edukasi di pusat perbelanjaan, perkantoran maupun tempat umum. Serta beragam kemudahan lainnya, seperti bekerja sama dengan E-commerce.

Berikut beberapa infografis dari Dompet Dhuafa




Tiga Konsep Dompet Dhuafa dalam rangka 25 tahun.

Tiga Konsep Dompet Dhuafa dalam rangka 25 tahun.

Tiga Konsep Dompet Dhuafa dalam rangka 25 tahun.

Hal tersebut dijadikan bukti semakin matangnya aspek Manajemen Kelembagaan 


Dengan Zakat, Infak, Wakaf dan Sodako yang dikoordinir dengan baik, maka kita bisa menarik satu demi satu gerbong kemiskinan yang menjerat kaum Dhuafa. 

Potensi Zakat di Indonesia, menurut BazNas tahun 2017 adalah sekitar 281 Triliun Rupiah dan yang baru bisa terhimun sekitar 5,9 Triliun Rupiah saja.

Momentum bagi masyarakat di bulan Ramadhan akan direalisasikan Dompet Dhuafa dengan berbagi Program Ramadhan 1439 H berupa Sahabat Berbagi Harapan, Parsel Ramadhan, Dai Ambassador serta layanan donatur sebanyak 70 konter yang tersebar di seluruh wilayah Jabodetabek untuk mendekatkan para muzzaki.

Dompet Dhuafa mengukuhkan posisinya sebagai lembaga kemanusiaan di dunia.

Dompet Dhuafa mengukuhkan posisinya sebagai lembaga kemanusiaan di dunia.
Adapun program yang disiapkan oleh Dompet Dhuafa selama bulan Ramadhan ini adalah :

  • Sahabat Berbagi Harapan
  • Parsel Ramadhan
  • Dai Ambassador
  • Layanan Donatur sebanyak 70 kounter yang tersebar di seluruh wilayah Jabodetabek

Terakhir kita dihibur oleh Ihsan Taroreh - Jebolah Indonesian Idol Musim ke 3


Alhamdulilah dan Selamat Datang Bulan yang penuh rahmah dan pengampunan dosa.

Untuk keterangan atau informasi lebih jelas sila Anda langsung ke website


Salam budaya.

Komentar

  1. aku suka sama tulisannya lengkap dan jelas, Membangun semangat untuk terus tetap beramal dan ikut mendukung produk lokal seperti pemberdayaan Usaha rakyat

    BalasHapus
  2. Terima kasih kakak. Semoga berkah juga bagi kita semuaaa. Aaamiin

    BalasHapus
  3. Bang dedy gak kalah ganteng dengan sama ihsan

    BalasHapus
  4. Waduh berarti Saya menang ganteng dong, hahahahah

    BalasHapus

Posting Komentar