Kompetisi UOB Painting of The Year 2018


Salam Budaya.

PT. Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) hari ini meluncurkan UOB Painting of The Year (POY) 2018 di Ruang Seminar - Galeri Nasional Indonesia - Jalan Merdeka Timur No. 14 - Jakarta Pusat, sebuah perhelatan seni tahunan yang mencerminkan dukungan jangka panjang UOB terhadap perkembangan komunitas seni di Indonesia.

Sebagai bagian dari rangkaian program UOB POY tahun ini, UOB Indonesia akan melakukan rangkaian lokakarya seni kepada lebih dari 200 anak - anak marginal. Kegiatan ini akan melibatkan alumni pemenang UOB POY di Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Bali, termasuk di antaranya adalah Gatot Indrajati, pemenang 2016 UOB Southeast Asian Painting of The Year, I Wayan Arnata, Pemenang Bronze dari kategori Professional, 2017 UOB Painting of The Year, Hudi Alfachuri, pemenang Bronze dari kategori Professional, 2016 UOB Painting of The Year, dan Henryette Louise YT, pemenang Gold dari kategori pendatang baru, 2016 UOB Painting of The Year.



Bronze
Established Artist Category
Indonesia

Artist: I Wayan Arnata
Title: Foot Prints 
Medium: Mixed media on canvas (Acrylic and yarn)
Size (cm): 140 x 150

Bronze
Established Artist Category
Indonesia

Artist: Hudi Alfachuri
Title: Identifikasi (Identification) 
Medium: Oil on canvas
Size (cm): 140 x 170



2016 UOB Southeast Asian Painting of the Year
2016 UOB Painting of the Year
Established Artist Category
Indonesia

Artist: Gatot Indrajati
Title: Right or Wrong My Home 
Medium: Mixed media (metal and acrylic) on wood
Size (cm): 70 x 162



Gold
Emerging Artist Category
Indonesia

Artist: Henryette Louise YT
Title: Legacy of Bones (Tulang Warisan) 
Medium: Ink on canvas
Size (cm): 140 x 140


Kompetisi UOB Painting of The Year
Indonesia | Singapura | Malaysia | Thailand

United Overseas Bank (UOB) Mulai memprakarsai kompetisi UOB Painting of The Year sejak tahun 1982 di Singapura, yang didasari oleh semangat mendukung para seniman berbakat dalam berkreativitas. Kini, ajang seni tahunan ini telah menjadi kompetisi terlama di Singapura dan merupakan salah satu yang paling bergengsi di Asia Tenggara

Kompetisi UOB Painting of The Year juga turut diselenggarakan di Indonesia, Malaysia, serta Thailand dan telah berhasil menjaring banyak seniman pendatang baru dan profesional yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan seni di Asia Tenggara.

Gatot Indrajati merupakan seniman pertama yang memenangkan kompetisi UOB Painting of the Year Indonesia pada tahun 2011 dengan karyanya yang berjudul Repacking diikuti oleh Y. Indra Wahyu (2012), Suroso Isur (2013), Antonius Subiyanto (2014), Anggar Prasetyo (2015), Gatot Indrajati (2016) serta Kukuh Nuswantoro (2017).



2011 UOB Painting Of the Year - Indonesia

Artist: Gatot Indrajati, (b.1980, Indonesia)
Title: Repacking 
Medium: Acrylic on Canvas
Size (cm): 180.0 x 150.0 cm

2012 UOB Painting Of the Year - Indonesia

Artist: Y. Indra Wahyu, (b.1977, Indonesia)
Title: Himne Sekolah (School Hymns) 
Medium: Acrylic on Canvas
Size (cm): 175.0 x 180.0 cm

2013 UOB Painting of the Year Award (Established Artist) - Indonesia

Artist: Suroso Isur
Title: Indonesian Artist’s Studio 
Medium: Oil on Canvas
Size (cm): 150.0 x 180.0 cm

2014 UOB Southeast Asia Painting of the Year and UOB Painting of the Year (Indonesia)

Artist: Antonius Subiyanto
Title: Old Stock Fresh Menu 
Medium: Acrylic
Size (cm): 180 x 180

2015 UOB Painting of the Year – Established Category UOB Painting of the Year Award

Artist: Anggar Prasetyo
Title: Exploitation of Fish 
Medium: Mixed media
Size (cm): 175.0 x 175.0 cm

2017 UOB Painting of the Year
Established Artist Category
Indonesia

Artist: Kukuh Nuswantoro
Title: Kegelapan (Darkness) 
Medium: Acrylic on canvas
Size (cm): 150 x 200
Sebagai bagian dari UOB POY, UOB memulai program residensi dengan Fukuoka Asian Art Museum di tahun 2009 dengan tujuan mendorong para perupa untuk saling bertukar ide dengan berbagai kelompok seni di kawasan Asia. Setiap tahun, salah seorang dari para pemenang kompetisi UOB POY diberikan kesempatan untuk menghadiri program tersebut sebagai bagian dari penghargaan.

Para pemenang dari kompetisi UOB POY tahun ini akan memperolah kesempatan untuk memamerkan karya mereka di UOB Art Gallery, Singapura. Mereka juga akan diundang untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan workshop di luar negeri serta menyelenggarakan aktifitas pendidikan seni bagi para karyawan UOB dan anak - anak yang didukung oleh UOB.

Alumni dari kompetisi ini juga termasuk perupa - perupa berbakat seperti: Sukit Choosri yang memenangkan 2017 UOB Southeast Asian Painting of The Year and the 2017 UOB Painting of The Year (Thailand), dengan karyanya yang berjudul 'One Life'.


2017 UOB Southeast Asia Painting of the Year
UOB Painting of the Year
Established Artist Category
Thailand

Artist: Sukit Choosri
Title: One Life 
Medium: Mixed media on canvas (Acrylic and tempera)
Size (cm): 180 x 150
Atas dedikasi jangka panjang dalam perkembangan seni UOB Group di Singapura menerima penghargaan dari National Artis Council's Distinguished Patron of the Arts selama 13 tahun berturut - turut di tahun 2017.

bersama Bapak Bambang Bujono dan Bambang Asri Widjanarko

dengan Ibu Maya Rizano


Kevin Lam, Presiden Direktur UOB Indonesia, mengatakan bahwa seni memegang peranan penting dalam memperkaya kualitas hidup setiap insan masyarakat serta mempererat hubungan dengan komunitas sekitar, yang membentuk pilar penting dalam rangkaian program tanggung jawab sosial UOB.

"UOB secara konsisten mendukung perkembangan seni rupa di Asia Tenggara melalui program kompetisi UOB Painting of The Year. Melalui perhelatan seni tahunan ini, kami berharap dapat menciptakan wadah berkarya yang positif dan berkelanjutan, serta memberikan kesempatan bagi perupa Indonesia untuk memperdalam bakat dan potensi mereka agar menjadi inspirasi bagi generasi perupa muda berikutnya.

Kami juga percaya bahwa pendidikan merupakan fondasi penting bagi anak - anak untuk bekal kehidupan mereka di masa mendatang, dan menyalurkan kreatifitas dalam bidang seni merupakan salah satu cara agar mereka dapat mengekspresikan diri secara bebas dan penuh percaya diri. Oleh karena itu, sebagai bagian dari kegiatan seni dan komunitas UOB Indonesia tahun ini, kami mengundang alumni pemenang UOB POY untuk memberikan sumbangsih lokakarya dimana mereka dapat berbagi dengan anak - anak yang memiliki latar belakang kurang beruntung, " kata Kevin.

Bapak Kevin Lam - Presiden Direktur UOB Indonesia

Selain itu, UOB Indonesia juga bekerja sama dengan berbagai pakar seni terkemuka serta perupa mapan dalam sesi dialog seni yang akan dilakukan di Bentara Budaya (sebuah lembaga kebudayaan Kompas Gramedia yang berlokasi di Jakarta, Yogyakarta dan Bali) dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Diskusi ini akan mengulas topik mengenai bagaimana kompetisi sendi memainkan peranan penting dalam menarik perhatian masyarakat serta mengajak mereka untuk berfokus pada nilas yang dihasilkan ketika melampaui batas ruang dan waktu. Pun melalui diskusi ini, diharapkan para perupa dapat memperluas perspektif mereka terhadap perkembangan seni lokal maupun global.


Peresmian secara simbolis Kompetisi 2018 UOB Painting of The Year diwakili oleh
Bapak Pustanto - Kepala Galeri Nasional
Ibu Maya Rizano - Head of Corporate Communications of UOB
Bapak Pardi Kendi - Human Resources Director of UOB
Bapak Bambang Bujono - Dewan Juri Kompetisi

UOB Indonesia mengundang seniman untuk berpartisipasi dalam kompetisi UOB Painting of The Year 2018

Kini kompetisi 2018 UOB POY telah terbuka untuk pendaftaran bagi kategori Seniman Professional maupun Pendatang Baru hingga 3 September 2018.

Dengan detail sebagai berikut

Ketentuan Umum
  • Tema, aliran dan media bebas.
  • Berbentuk 2 dimensi atau 3 dimensi dengan ketebalan maksimal 5 cm.
  • Karya video, instalasi, patung tidak termasuk dalam kategori penjurian.
  • Berukuran maksimal 180 cm (termasuk bingkai)
  • Kriteria penilaian berupa konsep, kreativitas, komposisi dan teknik

    Kategori Peserta

    PROFESIONAL
    Seniman berpengalaman yang memiliki portofolio karya seni, termasuk pameran tunggal maupun pameran bersama (tidak termasuk acara kelulusan sekolah), yang diwakili oleh galeri atau pernah mendapatkan penghargaan seni

    PENDATANG BARU
    Seniman yang tengah menekuni pendidikan atau baru mulai berkarir di bidang seni ataupun mereka yang memiliki hobi melukis.

    HADIAH


    UOB Painting of The Year Award | 250 Juta Rupiah
    • Gold Award sebesar 100 Juta Rupiah
    • Silver Award sebesar 80 Juta Rupiah
    • Bronze Award sebesar 50 Juta Rupiah
    Pemenang penghargaan kategori Profesional akan mengikuti seleksi wawancara program residensi selama satu (1) bulan di Fukuoka Asian Art Museum di Jepang.

    Fukuoka Asian Art Museum - Jepang

    UOB Southeast Asian Painting of The Year | US$ 10.000

    Penghargaan kategori regional ini diberikan kepada karya terbaik yang dipilih oleh dewak juri dari Indonesia, Malaysia, Thailand dan Singapura.

    Most Promising Artist of The Year | 30 Juta Rupiah
    • Gold Award sebesar 25 Juta Rupiah
    • Silver Award sebesar 15 Juta Rupiah
    • Bronze Award sebesar 10 Juta Rupiah
    Para Dewan Juri
    1. ENTANG WIHARSO - Seniman Kontemporer
    adalah seorang perupa kontemporer yang bertempat tinggal di Yogyakarta dan Rhode Island, USA. Hasil karyanya yang terdiri dari lukisan, patung dan instalasi, hingga performance art telah banyak mendapat pengakuan dan penghargaan dari institusi nasional maupun internasional

    2. Dr WIYU WAHONO - Kolektor Seni
    adalah seorang kolektor seni yang tergabung dalam Art State Jakarta's Board of Young Collectors. Ia telah banyak menulis artikel dan menjadi pembicara di berbagai institusi seni di Asia dan Eropa mengenai narasi pribadi serta pandangan intelektualnya dalam mengoleksi karya seni kontemporer.

    3. BAMBANG BUJONO - Penulis dan Kritikus Seni Rupa
    adalah seorang yang menekuni profesi sebagai penulis sejak tahun 1960. Untuk kontribusinya dalam bidang seni dan literature, beliau dianugerahkan Anugerah Adhikarya Rupa 2014 dari Kementrian Pariwisata dan Kreatif Ekonomi, serta the Visual Art Award 2011 dari majalah Visual Arts.


    Alamat Pengiriman Karya:

    Panitia 2018 UOB Painting of The Year 
    UOB Plaza lantai 12 - Jl. MH Thamrin no. 10
    Jakarta 10230 - DKI Jakarta
    Telp : (021) 2350 6000 | Ext : 31242/31247
    Email : poy@uob.co.id

    Ketentuan Kompetisi:

    1. Peserta mengirimkan foto lukisan dengan ukuran minimal 8R (high resolution), disertai dengan judul, ukuran, media, tahun pembuatan, catatan konsep/narasi lukisan (minimal 200 kata). Ditempel di belakang foto karya yang dikompetisikan.
    2. Tiap peserta dapat mengirimkan maksimal tiga (3) karya. Karya yang boleh diikutkan berusia maksimal 2 tahun. Bagi peserta profesional harap menyertakan minimal dua (2) foto lukisan yang tidak dikompetisikan sebagai referensi.
    3. Peserta hanya dapat mengikuti salah satu kategori, Profesional atau Pendatang Baru.
    4. Tuliskan kode "P" untuk Profesional dan "PB" untuk Pendatang Baru di amplop dan karya yang Anda kirim.
    5. Peserta wajib menyertakan salinan KTP atau identitas lainnya.
    6. Peserta wajib mengirimkan riwayat hidup dan alamat lengkap, nomor telpon dan alamat email.
    7. Batas akhir pengiriman foto lukisan, 3 September 2018 (cap pos)
    8. Pemenang kompetisi akan diumumkan pada tanggal 16 Oktober 2018 dalam malam penganugerahan pemenang di Jakarta.
    9. Karya pemenang dan finalis akan dipamerkan di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia pada tanggal 8 - 19 November 2018.
    10. Kompetisi ini terbuka bagi seluruh warga negara Indonesia dan warga negara asing yang memiliki KITAP, tanpa batasan umur.
    11. Kompetisi ini tidak dipungut biaya.
    12. Syarat dan ketentuan lainnya serta formulir pendaftaran kompetisi dapat diundung di www.uobpoy.com
    Semua lukisan di atas diambil dari www.uobpoy.com

    Ayo ikut Kompetisi 2018 UOB - Painting of The Year
    Salam Budaya.

    Komentar

    1. Bank UOB ini hanya ada di kota metropolitan ya kak, baru denger deh, apakah ini anak cabang dr Bank lain gitu?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Seingatku di daerah ada kok. Di tempatku Jember dan Banyuwangi ada kok

        Hapus
    2. Wowwww karya lukisan yang keren kali mas budi.. sayang bakatku gak ke arah lukisan :(

      BalasHapus
    3. Ini karya digital bisa gag kak?

      BalasHapus

    Posting Komentar