Himbauan Hidup Tanpa Merokok Tanpa Mengajak Ribut

Memperingati World Tarot Day 2018

Salam Budaya.

Bagaikan negara yang punya hari kebesaran, dunia tarotpun punya World Tarot Day atau Hari Tarot Sedunia yang pas diperingati pas tiap tanggal 25 Mei. 

(mengenai kontroversi, bahwa ada yang menganut tiap tanggal 8 Juli, ada International Tarot Day, Saya gak khawatir dan jangan jadi terpecah belah. Kami menghormati kepercayaan orang lain. Tapi paling tidak kita ikut yang versi pemerintah hehehe)

World Tarot Day yang 25 Mei ini memang didengungkan oleh Tarosophy Tarot Association dan pertama kali dikumandangkan oleh Den Elder di tahun 2003 dalam upayanya untuk mempromosikan penggunaan metode Tarot untuk menabrak batas antar umat manusia, menerobos batas politik, kesalahpahaman dari pikiran atau ketidakpedulian terhadap tarot itu sendiri, sebagai keuntungan dan pengembangan jati diri. 


Tujuan berikutnya bisa jadi untuk introspeksi dan pemeriksaan diri sendiri, secara spiritual, dan metode membimbing diri sendiri. Dan paling tidak kita punya waktu satu hari khusus untuk merayakan, berbagi, dan meningkatkan rasa cinta kita pada metode tarot dengan sesama manusia, dan untuk berpikir tentang apa yang bisa kita "beri" alih - alih apa yang kita "dapatkan" dari Komunitas Tarot. 

Lalu siapakah mbak Den Elder ini?


Dan Elder adalah pendiri ISHTAR atau International Society Helping Tarot (Komunitas Bantuan Tarot Internasional), dan beliau ini adalah seorang Grand Master Tarot, pendiri Gereja Tarot serta penulis yang aktif sejak tahun 70 an, saat ini ini ia tengah mengerjakan Dragon Butterfly Tarot Meditations, The Real Underground Stream, dan Blue Bird's Poetry. 

Untuk lebih lanjut Anda bisa baca sekilas wawancara dari Tarot Reflections yang menugaskan Melanie Harris tentang World Tarot Day.


Tanya (T)
Apa yang menjadi inspirasi hingga tercetus World Tarot Day (Hari Tarot Sedunia)?
Dan Elder (DE)
Ide ini muncul dimulai karena Saya mengalami dua "masalah" di Komunitas Tarot. Pertama adalah sebuah skandal atas jasa layanan bisnis dimana di televisi itu menampilkan satu iklan seorang wanita yang beraksen Jamaica. Well, dia kan hanya seorang aktris yang memang dibayar untuk itu tapi beritanya meski lamban perkembangannya jadi makin meledak dan keluar dari sewajarnya hingga ada Tarot jadi terkenal dan semua yang terlibat di dalamnya pastilah seorang penipu.
Yang kedua adalah konflik "Surat Terbuka" di saat yang sama ... yang menurut Saya tak perlu dijelaskan lagi. Banyak orang baik telah tersakiti dan sekali lagi banyak orang yang sudah berlalu dengan bekas yang terpatri tentang tarot, bahkan ada yang meninggalkan Komunitas Tarot, tersinggung atas apa yang terjadi. 
Banyak hal - hal kejam yang dikatakan, bahkan karena Tarot orang akhirnya menjadi saling bermusuhan ... Saya ingin hari dimana orang malah "merayakan" hal yang sebaliknya. Satu hari dimana kita bisa berbagi cinta dengan alat ini dan bisa menghilangkan segala perbedaan kita. Satu hari dimana kita bisa berkumpul bersama dan bersenang - senang dan berusaha membantu siapa saja yang belum memahami benar apa dan bagaimana Tarot itu untuk menyadari bahwa banyak dari kita masih bisa melakukan dan menyumbang hal - hal yang positif. 
T 
Kira - kira apa yang bisa Anda lihat lebih jauh dari perayaan ini di masa mendatang?
DE
Visi Saya mendatang sebenarnya sederhana. Saya ingin peringatan ini bakal tumbuh membesar daripada Saya sendiri dan akan ditetapkan di kalender jadi semua orang, paling tidak di setiap tahunnya, berhenti sejenak dan mempertimbangkan tarot sebagai satu pandangan berharga untuk perkembangan diri dan spiritual. Sebagaian besar orang, Saya tahu sudah menggunakan kartu tarot, menggunakannya dengan tujuan berbeda. Saya ingin orang akan makin menyadari banyak kegunaan dari kartu tarot. 

T
Untuk tujuan apa Anda menggunakan tarot, secara pribadi? 
DE
Bimbingan Spiritual, meditasi, satu klarifikasi intuitif saat Saya butuh sedikit pertolongan. Saya ada seorang peramal yang kuat jadi Saya sendiri malah hampir tidak pernah memakai tarot untuk kepentingan pribadi. 
T
Deck Tarot yang paling disuka?
DE
Saya suka memakai Tarot of the Old Path and Universal Waite, meskipun koleksi tarot Saya sudah mencapai lebih dari 500 dek. Bahkan tak satupun dari dek yang Saya buat juga memenuhi tingkat tertinggi dari kepuasan Saya karena memang Saya tak pernah puas dan berhenti untuk memperbaiki mereka. Saya orangnya Picky! Picky! Picky!
Tarot of The Old Path

T
Apa yang akan Anda katakan apa manfaat tertinggi dari menggunakan tarot? 
DE
Tarot membantu tiap manusia untuk menepuk diri mereka sendiri dan intusinya. Semua jawaban sebenarnya sudah ada di diri kita tapi kita kadang jarang mendengarkannya, jadi tarot akan membantu kita mendengarkan meskipun itu adalah suara terkecil yang muncul dari diri kita. Lagi pula, tak seorangpun bisa dan lebih mengenal diri kita daripada kita sendiri. 
Okay?

Tarot menjadi sesuatu yang mungkin tak pernah kita pikirkan sebelumnya kan? 



Tarot sendiri adalah sekumpulan 78 kartu yang digunakan sejak abad ke 15 awalnya sebagai kartu mainan, sebagai ramalan dan juga pencarian jati diri. 

Waktu itu masih jadi hal yang keramat dan sangat melanggar kekudusan, muncul di seni, media dan budaya popular dimana di pihak lain masih menjadi misteri apakah itu sesuai dan bisa digunakan untuk meramal, membaca keberuntungan dan sebagai alat mengajar spiritual dalam dunia Barat yang esoterisism (mengandung simbol - simbol tersembunyi).

Sampai saat ini ada lebih dari 1000 jenis dek yang ada di seluruh dunia, dan lebih yang sedang dicetak selama 100 tahun belakangan ini. 

World Tarot Day memperingati kegemilangan dari Tarot setiap tahunnya dengan menggarisbawahi dan mendorang untk mencari banyak pengetahuan dan pengalaman baru dari banyak wajah Tarot di seluruh dunia. 

Tahun ini adalah tahun ke 15 dari World Tarot Day – kita berusaha menyalakan dunia ini dengan Tarot!

Gunakan Hashtag #worldtarotday di semua media sosial pada tanggal 25 Mei. 

APA YANG BISA KITA LAKUKAN UNTUK MEMPERINGATI WORLD TAROT DAY?

Di perayaan World Tarot Day kita merayakan perbedaan dari Tarot dan membawa Tarot ke Dunia. Berikut ada beberapa cara yang tertulis untuk menyamakan visi yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Menawarkan Free Reading atau diskusi, atau workshop atau presentasi Tarot pada kelompok atau komunitas yang belum paham tentang Tarot. 

Sebagai contoh, dengan kelompok - kelompok diskusi, pengacara, lembaga wanita atau even profesional lain atau amal. Anda juga bisa menyediakan diskusi di Universita, melalui penjualan buku atau kartu. Sadarilah bahwa bakal akan banyak acara yang mencari diskusi tentang hal yang menarik tentang tarot - jangan biarkan konsep Anda tentang tarot malah membatasi diri Anda. 

2. Tawari seseorang untuk membaca atau belajar atau berlatih Tarot dengan gaya baru yang Anda ajarkan. 

Gabung ke FREE Tarot Reading Exchange di Facebook untuk diskusi yang ramah lingkungan dimana Anda bisa belajar dan mendapatkan rasa percaya diri dengan reader lainnya!

3. Beli Kartu baru atau buku Tarot sebagai perayaan pribadi!

4. Hubungi media setempat dan ceritakan sejarah Tarot dengan detail dan gunakan Tarot dengan sekumpulan masyarakat dengan beberapa fakta dan info menarik sehingga bisa digunakan sebagai laporan mereka. 

5. Tawari radio setempat untuk wawancara.


6. Kunjungi beberapa poster dari World Tarot Day yang digunakan dalam bahasa Rusia, Arab, Spanyol, Perancis, Bengai di page international Facebook World Tarot Day: https://www.facebook.com/WorldTarotDay

7. Follow Twitter feed, Youtube Channel dan Facebook group untuk beberapa ide dan apa yang telah menjadi trending di World Tarot Day.

10. Foto Selfie dan unggah ke Grup Facebook atau gunakan sebagai foto profil hari World Tarot Day seperti contoh berikut ini 


Happy World Tarot Day dari Komunitas Tarot Jakarta sambil buka puasa bersama di Fx - Senayan


Salam Budaya!

Komentar