Hari Kemanusiaan Sedunia - Semanusia Apakah Kita?


Salam Budaya!

Jadi manusia jangan gampang baper dan jangan gampang tersinggungan kalau Anda ditanya semanusia apakah Anda?

Seharusnya itu jadi semacam introspeksi diri, Apakah akhir - akhir ini Anda sudah periksa diri dengan baik dan benar. Bahwa Anda adalah manusia seutuhnya? Bukan jadi - jadian? Bukan pesanan? Bukan robot? Bukan hewan? Bukan sesuatu yang tumbuh menakutkan dan hanya berfungsi sebagai benalu bagi kehidupan mahluk lain?

Jangan.

Atau masih merasa bingung dengan sikap manusia akhir - akhir ini? Yang sudah mulai kehilangan akal sehat? Saling bunuh? Saling cerca, saling rampok dan menyudahi segala potensi satu sama lain?

Sepertinya itu yang Saya pikirkan akhir - akhir ini.

Ataukah kita tak perlu merayakan apa yang dinamakan Hari Kemanusiaan Sedunia? Karena jelas, kan Manusia itu hanya ada di dunia (maaf becanda ...).

Okay mending kita mesti tahu kenapa ada hari ini dan apa pentingnya bagi kehidupan kita selanjutnya.


PENGEBOMAN HOTEL CANAL

Pada tanggal tersebut sebuah serangan bom terjadi di Hotel Canal di Baghdad menewaskan 22 Pekerja Kemanusiaan, termasuk Perwakilan Sekjen PBB untuk Iraq, Bapak Sergio Vieira de Mello. Lima tahun berikutnya, akhirnya Majelis Umum PBB membuat sebuah resolusi untuk ditandatangani untuk menetapkan tanggal  19 Agustus sebagai Hari Kemanusiaan Sedunia.

Bapak Sergio Vieira de Mello

Jadi jelaslah sudah salah satu pertimbangan penetapan Hari Kemanusiaan Sedunia ini yang berkat Majelis Umum PBB ini menaruh penghormatan dan duka yang mendalam terhadap kepergian dari Bapak Sergio Vieira de Mello. Lalu siapakah beliau ini?

Bapak yang lahir di tanggal 15 Maret 1948 ini adalah seorang kelahiran Rio de Jaeniro, Brazil yang sempat menjadi diplomat PBB yang telah mengabdi selama 34 tahun dan akhirnya mendapatkan penghargaan berupa Penghargaan PBB untuk Hak Asasi Manusia di tahun 2003.

Kerja Pak Sergio ini sudah tidak diragukan lagi karena beliau sudah berkutat dengan kemanusiaan di saat setelah lulus kuliah dan melamar menjadi editor di kantor PBB untuk pengungsi di Jenewa di tahun 1969. Semenjak itu Bapak Sergio mulai menjalani pekerjaan kemanusiaannya mulai dari perang kemerdekaan di Bangladesh, mengembalikan pengungsi di Sudan, Cyprus, dan membantu para pengungsi di Zimbabwe. Dengan berbekal ilmu yang mumpuni, Pak Sergio terus membantu manusia di dunia sambil menyelesaikan tesisnya hingga mencapai PHD serta gelar Doktornya di tahun 1985. 

Selain karena beliau adalah keturunan Portugis, Pak Sergio tak hanya fasih berbahasa lokal tapi juga menguasai Bahasa Inggris, Spanyol, Italia, Perancis dan juga percakapan dalam Bahasa Arab.

Beliau terus menerus membantu PBB dalam hal kemanusiaan di kemerdekaan Mozambique, Peru, ikut membersihkan ladang ranjau di Kamboja serta di Yugoslavia dan membantu menjadi penasehat Politik di Lebanon.

Membantu menjadi perantara di perselisihan manusia perahu di Hongkong, kejadian penangkapan di Fiji, menengahi Timor Timur dan Indonesia, menjadi perwakilan Kosovo di PBB dan terbunuh di Irak.

Tunggu sampai di sini.

Saya mencoba memposisikan diri menjadi Netizen yang suka nyinyir pada manusia (terhadap dirinya sendiri). Pada awalnya memang Saya bertanya - tanya kenapa patokan Hari Kemanusiaan Sedunia ditentukan atau dipertimbangkan atas Bapak Sergio?

Kenapa tidak?

Beliau manusia, berbuat untuk kemanusiaan, dan beliau melakukan di hampir seluruh dunia.

Tapi jangan khawatir, Netizen akan terus menerus (sesuai hobinya) akan mengejar segala kesalahan yang terjadi.

Kenapa tidak Muhammad Ali? Kenapa Bukan Whitney Houston? Kenapa tidak Koffi Anan atau Lee Kuan Yew?

Ya karena Bapak Sergio juga ternyata punya beberapa yayasan yang bergerak di hal yang sama yaitu kemanusiaan bahkan di saat PBB mengajukan tanggal 19 Agustus sebagai Hari Kemanusiaan Sedunia, beberapa negara seperti Perancis, Swiss, Jepang dan Brazil setuju untuk membantu sponsor.

Netizen masih teriak-teriak? Tidak terima?


Bahkan sebuah taman didirikan di Bologna, Italia khusus untuk beliau. 

Masih belum puas?

Jangan - jangan ini nggak sampai di otak Netijen. Jangan - jangan banyak dari kita nggak tahu apa sebenarnya definisi Humanitarian itu? Kenapa dia berarti 'kemanusiaan'? Atau kita tak semanusia itu?



Nah, pengertian Humanitarian dia atas Saya sertakan untuk menghindari salah kaprah arti Kemanusiaan itu sendiri.

Tanpa melecehkan bahasa kita sendiri, Saya sebenarnya kesulitan menerjemahkan Humanitarian karena memang sedikit beda cara pandangnya.

Di Bahasa Inggris terlihat kalau cara pandang mereka adalah secara umum membicarakan orang yang melakukan sesuatu yang berhubungan dengan membantu atau meringankan beban orang lain, sedangkan bahasa Indonesia lebih menekankan pada sifat - sifat manusia sendiri.

Nah ayo kita belajar sedikit bagaimana sifat Manusia itu dan fungsinya dalam Psikologi, biar kita bisa introspeksi dan yakin kalau kita itu masih manusia dan fungsi kita masih berjalan dengan apik dan tertata di masyarakat.

Artikel berikut Saya dapat dari situs ini

SIFAT MANUSIA DAN FUNGSINYA DALAM PSIKOLOGI.

Berikut sifat - sifat manusia berdasarkan ahli dan teori psikologi kepribadian

A. Enneagram

adalah salah satu macam metode psikotes yang digunakan oleh para ahli psikologi dan dikembangkan oleh Claudio Naranjo dan Oscar Ichazo di tahun 1950 an.



1. Reformer

Orang dengan sifat atau kepribadian jenis ini memiliki idealisme yang tinggi dan sangat rasional sehingga tidak akan menentang aturan dengan mudah dan selalu menaati aturan yang ada. Tipe ini juga mempunyai jiwa yang kuat sehingga dapat menentukan mana hal yang benar dan salah dengan cepat. Fungsi sifat manusia dalam psikologi ini adalah untuk membantu manusia menentukan kebenaran dan kesalahan dirinya sendiri.

2. Giver/Helper/Lover

Orang yang mempunyai sifat penolong menandakan bahwa ia sangat peduli terhadap orang – orang dekatnya. Orang bersifat helper ini memiliki rasa empati yang besar, ketulusan dan keikhlasan yang tinggi dan lembut hati. Ia akan menolong orang lain tanpa memikirkan dirinya sendiri dan terkadang dengan mengorbankan kepentingannya sendiri, terbawa perasaan dan bersikap terlalu sentimentil. Fungsi sifat ini bahwa orang bersifat ini biasanya sangat bisa diandalkan, karena sejalan dengan sifat dasarnya.

3. Achiever

Sifat ini berarti orang tersebut lebih memfokuskan diri pada pencapaian atau prestasi dirinya. Ia pada umumnya selalu percaya diri dan bersemangat dalam segala hal, berpikiran maju, dan cukup ambisius dalam memperoleh cita – citanya. Namun, ia masih memikirkan orang lain dalam usahanya untuk mencapai kemajuan. Ia tidak mengenal kata – kata menyerah dan menjadikan kegagalan sebagai pendorong kesuksesannya. Fungsi sifat manusia dalam psikologi ini adalah bahwa orang seperti ini biasanya akan mengalami menjadi motivator yang kuat untuk lingkungan sekitarnya.

4. Individualis/Romantis/Artist

Menurut Enneagram, tipe individualis akan mempunyai jiwa seni yang sangat baik, romantis, sensitif dan mampu mengekspresikan diri. Namun terkadang akan menjadi sangat penyendiri dan tertutup dengan semua orang, kurang nyaman jika bertemu orang lain. Fungsi sifat manusia dalam psikologi ini bahwa ia akan menjadi orang yang kreatif dan menjadi seniman yang bisa diandalkan dalam lingkungannya.

5. Thinker/Observer/Investigator

Orang dengan sifat ini akan menjadi pribadi yang selalu penasaran dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mampu berkonsentrasi pada hal – hal yang sangat rumit. mandiri, inovatif dan memiliki cara pandang yang lain daripada orang di sekitarnya.

Karena ia sering terfokus pada gagasannya, maka orang ini sering tampak senang menyendiri. Orang ini akan berfungsi sebagai pemikir yang bisa diandalkan.

6. Pessimist/Loyalist

Sifat ini membuat seseorang menjadi sangat bertanggung jawab, pekerja keras, selalu mencari aman, kurang inovatif dan percaya diri, tidak dapat mengambil keputusan dan selalu berpikir pesimis. Bahkan ia terkadang takut akan perubahan. Fungsi dari mengetahui sifat manusia yang pesimis ini adalah bahwa walaupun pesimis, ia adalah seorang yang bertanggung jawab.

7. Adventurer/Generalist/Optimis

Sifat ini membuat seseorang menjadi bersemangat, terbuka , senang menyibukkan diri, menyukai hal – hal baru, spontan, optimis dan percaya diri. Namun di sisi lain orang ini akan tampak kurang disiplin, kurang sabar dan kurang memiliki fokus.

Fungsi sifat manusia dalam psikologi yang adventurer adalah bahwa orang tersebut akan selalu bisa diandalkan untuk melihat sisi positif dari setiap masalah berkat kecenderungannya untuk bersikap optimis.

8. Leader/Challenger/Protector/Bos/Intimidator

Sifat ini suka memimpin, berani untuk menghadapi tantangan apapun, suka memerintah, tidak menyukai basa basi, percaya diri dan merupakan orang yang dominan.. Akan tetapi ia akan melindungi pengikutnya atau anak buahnya. Fungsi sifat manusia dalam psikologi yang ini adalah bahwa orang ini akan selalu bisa diandalkan untuk memimpin dan melindungi.

9. Peacemaker/Mediator/Accomodator

Sifat orang yang berkepribadian peacemaker ini akan menjadi orang yang suka melerai, suka perdamaian, menghindari konflik, penyabar dan tidak suka perselisihan, percaya kepada orang lain dan toleran. Sisi buruknya, ia terkadang bisa keras kepala. Orang ini akan berfungsi sebagai penengah jika suasana mulai tidak kondusif atau mulai menuju pertikaian.

B. Hippocrates

Hippocrates merupakan salah seorang filsuf yang terkemuka dari Yunani. Teorinya membagi kepribadian manusia menjadi empat bagian atau empat karakter manusia, yaitu:

1. Plegmatis

Merupakan kepribadian orang yang suka bergaul, sabar, selalu mencari jalan pintas, simpatik dan suka keteraturan, punya selera humor tinggi namun sarkastik, kurang memiliki antusiasme pada hal baru, suka menunda namun tidak suka dipaksa, lebih suka menjadi pengamat daripada ikut terlibat dan keras kepala. Seringkali orang yang memiliki kepribadian ini disangka sebagai psikopat.

2. Melankolis

Kepribadian manusia dengan sifat yang analitis, sensitif, namun pendendam dan selalu melihat sisi negatif dari satu masalah, kurang bisa bersosialisasi, tidak menyukai perhatian, perfeksionis dan hemat, artistik, serius dan sangat memperhatikan orang lain. Ia juga kurang mampu mengemukakan pendapatnya dan lebih berfokus pada cara daripada tujuan. Fungsi sifat manusia dalam psikologi yang termasuk ke dalam golongan tipe kepribadian melankolis didapat dari sisi baiknya tersebut.

3. Koleris

Kepribadian koleris merupakan sifat yang suka memimpin, bisa membuat keputusan, dinamis dan berkemauan keras, keras kepala dan tidak sabaran, mudah emosi, senang akan pertentangan, bekerja keras, suka kebebasan, sulit untuk mengalah, senang memerintah, produktif, senang bekerja efisien, dan mempunyai visi yang bagus untuk masa depan. Orang dengan kepribadian koleris ini akan dengan mudah menjadi pemimpin bagi kelompoknya atau membuat kelompok baru.

4. Sanguin

Orang dengan kepribadian sanguinis adalah orang yang bersifat suka bicara, mudah bergaul dan senang mengikuti trend, namun suka membesarkan suatu hal, tertawa berlebihan, mudah menjadi pengikut satu kelompok, pelupa, sering terlambat, egois dan sedikit kekanakan, juga sulit fokus. Fungsi sifat manusia dalam psikologi yang berupa kepribadian sanguinis adalah ia akan menjadi penarik perhatian dan penyemarak suasana karena sering menonjol pada suatu kelompok, meskipun ia bukan pemimpin kelompok tersebut.

C. Carl Jung

Ilmuwan yang berasal dari Swiss ini dikenal sebagai ahli psikologi yang membagi sifat serta kepribadian manusia menjadi tiga bagian yaitu:

1. Introvert

Kepribadian introver adalah orang yang memiliki sifat yang berfokus pada dunia yang ada di dalam pikirannya sendiri. Orang yang introvert hanya suka bersenang – senang dengan dirinya sendiri dan sulit bergaul dengan orang lain. Sifat – sifatnya antara lain penyendiri, pemalu, suka berimajinasi, pemikir, dan lebih senang melakukan segala sesuatu sendirian. Orang ini dapat menjadi inovator atau enterpreneur yang hebat. Ketahuilah bagaimana cara menghadapi orang introvertdan cara mengambil hati orang introvert untuk dapat bergaul dengan lancar.

2. Ekstrovert

Orang – orang yang mempunyai kepribadian ekstrovert biasanya akan memiliki sifat yang lebih terbuka. Mereka mudah bergaul dan menjalin komunikasi dengan orang lain sehingga dapat membuat orang lain merasa nyaman.

Orang ekstrovert biasanya akan mengutamakan bertindak lebih dulu daripada berpikir. Fungsi sifat manusia dalam psikologi yang ekstrovert adalah orang ini akan menjadi mudah bergaul dan disukai oleh orang lain.

3. Ambivert

Kepribadian ambivert yaitu kepribadian yang cirinya berada diantara kepribadian introvert dan ekstrovert. Seseorang yang berkepribadian ambivert akan mempunyai sifat yang fleksibel dan bisa menunjukkan ciri – ciri dari kedua kepribadian tersebut. Jika orang ini bisa mengelola kepribadiannya dengan baik, maka ia akan mampu menjalani pergaulannya dengan sangat baik. Fungsinya tentu ia akan lebih mudah untuk berbaur dengan kalangan yang lebih luas lagi.

Faktor psikologi dalam pembentukan kepribadian tidak dapat dipisahkan dan begitu pula sebaliknya. Sifat – sifat manusia yang merupakan bagian dari tipe kepribadian tertentu akan turut memberi warna pada pengkajian ilmu psikologi. Misalnya, salah satu teori kepribadian yang lain adalah teori kepribadian carl rogers, teori skinner dalam psikologi kepribadian, dan teori Adler dalam psikologi kepribadian.

Masing – masing sifat manusia akan memberi arti tersendiri, namun yang dapat memberikan fungsi sifat manusia dalam psikologi tentunya hanyalah sifat yang positif saja. Dengan mengetahui bagaimana karakteristik sifat seseorang berdasarkan tipe kepribadiannya akan membantu kita untuk lebih memahami orang tersebut secara psikologis dan memudahkan untuk mengetahui cara menghadapi dan cara memperlakukan orang tertentu.

Nah dengan penjelasan detail di atas, akan tidak gampang sebenarnya hanya menyatakan bahwa sifat manusia itu baik atau jahat, hitam atau putih. Tapi mengacu pada perpaduan Kemanusiaan dan Humanitarian yang telah Saya ajukan di atas. Minimal Saya sekarang mulai memahami kalau menjadi Manusia Sempurna memang tidak gampang atau tidak akan pernah bisa, tapi dengan mempelajari kita siapa dan bagaimana menghadapi jenis dan sifat diri dan orang lain kita sekarang akan punya panduan bagaimana bersikap, bagaimana menjadi lebih manusia daripada Netizen nyinyir yang hobbynya mencacimaki dan mencari celah - celah kesalahan. 

Tulisan ini sebenarnya diturunkan karena Saya sudah sangat muak dengan apa yang terjadi dengan segala sesuatu yang ada di sekitar Saya akhir - akhir ini. Ada apa dengan kita? Kamu? 

Coba kita sekarang sedikit saja mencoba memahami, sedikit saja. Ada kemungkinan kedamaian akan terjadi. Bukan berarti kita tak boleh beda pendapat, bukan berarti tak ada kompetisi, bukan berarti tak ada prestasi atau peningkatan pengetahuan yang dinamis. Tapi kebiasaan menilai secara jahat, mengkritik orang dengan bahasa caci dan jauh dari sopan santun yang akhirnya membuat kita semakin jauh dari yang namanya Kemanusiaan. Jauh dari definisi dari manusia dan fitrahnya sebagai mahluk yang saling tolong menolong.

Ini bukan ceramah ya, tapi lebih ke instrospeksi diri. Mungkin bisa dimulai dari Saya yang mulai sadar dan memperbaiki diri. Sudah cukup manusiakah Saya? Sudah tegaskah Saya melukis Kemanusiaan Saya? Sudah pekakah Saya terhadap lingkungan sekitar Saya?



Hal - hal kecil yang mungkin terlewatkan. Apakah kita cukup berdoa untuk saudara kita yang tertimpa gempa di Lombok dan sekitarnya? Apakah kita punya sedikit rejeki dengan meringankan beban mereka? Apakah kita punya rasa sedikit untuk mengucapkan bela sungkawa melalui twitter atau menyebarkan kebaikan lewat media sosial lainnya?

Atau mungkin yang lebih sederhana tapi bisa jadi tak pernah terpikirkan. Apakah kita sudah berguna bagi masyarakat sekitar? Apakah ada tetangga kita yang masih tertimpa kesusahan? Ada yang lapar? Ada anak yang tak bisa menyelesaikan tugas sekolahnya padahal kita punya sumber atau bahan yang bisa membuat dia langsung mengerjakannya?

Rumit ya, manusia itu? Benar. Tapi di hari Kemanusiaan ini mungkin kita tak wajib menguraikan semua falsafah itu. Tapi tanyakan diri kita masing - masing. Sudahkah Semanusia apakah kita?

Pekerjaan rumah World Humanitarian Day juga banyak kok. Dengan hashtag #NOTATARGET mereka juga punya tanggung jawab untuk lebih mengenal jutaan orang yang tengah mengalami penderitaan dan yang sedang kesusahan karena terjadi konflik bahkan perang di wilayahnya. (Coba ini kita rasakan sebagai bentuk rasa bersyukur, pasti kita lebih manusia deh). Orang - orang di berbagai kota besar dan kecil yang masih harus berjuang keras demi mendapatkan makanan, air dan juga tempat tinggal yang nyaman dan aman dengan harus berjalan atau menempuh jauh dari tempat tinggal mereka. Banyak sekolah yang hancur dan anak - anak malah direkrut untuk ikut berperang. Kaum wanita mengalami penganiayaan dan digunakan sebagai alat untuk perang. Saat para pekerja kemanusiaan bekerja mengantarkan bantuan dan tenaga medis membantu yang terluka dan sakit, mereka malah menjadi target, diperlakukan sebagai ancaman, dan malah dicegah untuk membawa segala sesuatu yang meringankan manusia lainnya.


Di Hari Kemanusiaan ini, mereka menekankan pada jutaan orang yang kehidupannya hancur karena perang. Mengangkat kisah mereka, kemudian mengajak orang untuk gabung dalam gerakan #NotATarger untuk mendapatkan dan menunggu aksi dari para pemimpin dunia. Masyarakat sipil bukanlah target. 

ORANG YANG SALAH PENEMPATAN SECARA PAKSA

Sekitar 68 juta orang di seluruh dunia telah dipaksa keluar dari rumahnya untuk pergi berperang, mengalami kekerasan dan persekusi. Berusaha keras untuk keluar dari daerah konflik dan mencari keamanan dan kenyaman dasar mengakibatkan banyak masyarakat sipil hilang harapan untuk kembali pulang. Di penempatan baru mereka mengalami bahaya baru, termasuk kekerasan seksual, penahanan dan penangkapan sewenang - wenang, perekrutan paksa dan jual beli manusia. 



PEKERJA SOSIAL

Pekerja sosial bekerja pada misinya untuk membantu menyediakan persediaan penyelamat kehidupan, tapi usaha mereka sering terancam oleh pihak yang tengah bertikai. Dari penjarahan, perampasan, pennyerangan dan penculikan, yang merupakan akibat yang diterima. 




PEKERJA MEDIS

Bagi orang yang terluka dan sakit karena dan ada di tempat konflik, pekerja medis selalu menjadi harapan untuk bertahan hidup. Tapi saat para medis ini diserang, tak dapat menangani pasien, atau tak ada pilihan lain selain harus kabur, akibatnya bisa terjadi kematian yang tak diharapkan atau penderitaan, dan juga penanganan medis yang lenyap selamanya. 


MASYARAKAT SIPIL DI AREA PINGGIRAN

Selama masa konflik, perkotaan sering menjadi lahan yang reruntuhan atau pemakaman masal. Penggunaan bahan peledak mengakibatkan kerusakan hebat pada rumah, sekolah, rumah sakit dan juga fasilitas hiburan dan umum lainnya. Tanpa infrastruktur yang penting ini, penduduk akan mengalami akibat dari bencana yang berkepanjangan dan juga mendalam. 

ANAK - ANAK

Saat anak terjebak di dalam pertikaian, lapisan keamanan mereka akan perlahan habis. Keluarga hilang, hal - hal yang penting seperti keamanan, makanan dan air menjadi susah didapatkan, dan sekolah dan tempat bermain juga hancur. Saat hal ini terjadi, anak - anak menjadi semakin rawan untuk direkrut sebagai petarung dan menghadapi bahaya berikutnya seperti pelecehan seksual atau jual beli buruh atau perbudakan. 

TARGET DARI KEKERASAN SEKSUAL

Kekerasan seksual benar - benar digunakan sebagai taktik perang yang sangat mengerikan. Sering sekali wanita dan anak gadis dieksploitasi, diperkosa, dipaksa untuk menjadi prostitusi dan kejadian lain yang tak terlaporkan yang sangat tak berperikemanusiaan di segala usia. Sebagai tambahan di saat mereka mengalami pengalaman fisik ekstrim dan trauma mental, korban masih mengalami stigma sosial atas penderitaan mereka berupa penolakan dan juga diskriminasi. 



KEAMANAN DAN PENGAMANAN PARA PEKERJA KEMANUSIAAN. 

Di seluruh dunia, para pekerja bantuan kemanusiaan bekerja dengan hal yang berbahaya dan lingkungan yang penuh dengan tantangan kesulitan yang besar. 

Berikut datanya:

SEJAK PENGEBOMAM HOTEL CANAL DI TAHUN 2003

4,076

PEKERJA KEMANUSIAAN TELAH TERBUNUH, TERLUKA ATAU DICULIK. 


DI TAHUN 2017

119

PEKERJA KEMANUSIAAN TERBUNUH 

64

TERLUKA

52

DICULIK SAAT BERTUGAS.


KEBANYAKAN SERANGAN INI TERJADI DI

5

NEGARA YAKNI, 

South Sudan

Afghanistan

Syria

The Democratic Republic of the Congo

Somalia

Para pekerja kemanusiaan harus dilindungi oleh Hukum Kemanusiaan Internasional. Kekerasan pada pekerja kemanusiaan akan membuat dan membahayakan bagi pelaksanaa bantuan kemanusiaan itu sendiri dan hidup dari jutaan manusia banyak bergantung pada bantuan ini supaya mereka bisa bertahan. 

Hasil dari Kemanusiaan serta Data lengkap dari keamanan Pekerja Kemanusiaan ada di sini

Baiklah.

Kesimpulannya apa dari tulisan Saya kali ini?


Mungkin terkesan guyonan, tapi untuk tahu Seberapa Manusiakah kita itu adalah ukuran kita masing - masing. Semua berkaitan dengan naluri alamiah dan mendasar dari sifat kita yang pada dasarnya sama. Baik. Saling berinteraksi. Saling tolong - menolong. Bila kita tidak mau sesuatu itu terjadi pada diri kita, pada umumnya orang lain pada dasarnya sama seperti yang lain.

Apa saja. Sama kok. Kita tak ingin kita lapar, kita ingin bahagia, damai sejahtera, bisa duduk manis dan punya segala kelengkapan rumah dan isinya. Semuanya sama dan mengharapkan yang sama, walapun di sebagian orang itu masih mimpi atau sesuatu yang kita akhirnya sadar bahwa itu hanyalah sebuah harapan.

Menjadi Manusia adalah bukan masalah kita saja. Tapi bagaimana cara kita memperlakukan manusia yang lain.

If You are Good to Others, You are The Good People.



Salam Budaya!

Komentar

  1. Sifat manudia yang bersikap pada tempatnya adalah manusia beradab yang hampir mendekati istilah humanitarian.
    Yup, di Indonesia arti kata "manusiawi" seringnya diasosiasikan sebagai sifat alami manusia saja.

    Oh ya ini ulasannya lengkap dan informatif ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ya Teh. Saya juga masih belajar menjadi manusia.

      Hapus
  2. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow, Thank you very much. I really really appreciate that!

      Hapus

Posting Komentar