Ponsel Nova 3i - Si Bintang Penuh Pesona


Salam Budaya!

Ditengah ketatnya bisnis henpon yang super kompetitif, Huawei ternyata tak lalu mundur tapi malah terus menerus menelurkan inovasinya yang membuat Saya pribadi geleng - geleng kepala.

Maaf, dengan berbagai pilihan kadang orang seperti Saya yang sudah pegang henpon kesayangan, Saya lupa kalau sebenarnya arus inovasi itu akan tetap berjalan. Arusnya kemudian membanjiri pasaran dengan barang - barang terkini yang kemajuan teknologinya juga tak terbendung.

Please welcome, alias




Mahakarya teknologi tinggi, Huawei nova 3i menyajikan pengalaman smartphone premium pada perangkat cantik yang layak dimiliki oleh mereka yang ingin menjadi fashionista. 

Huawei hari ini secara resmi mengundang Saya untuk datang di acara peluncuran henpon di Ballroom Hotel Raffles - Kuningan Jakarta Selatan. Smartphone terbaru ini masih di jajaran Nova series yakni Huawei nova 3i. Nova series sendiri pertama kali muncul 1 September 2016 di Internationale Funkausstellung Berlin (IFA).

Nova sendiri adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa latin yang berarti 'Baru' atau juga bintang yang meledak.


Smartphone ini adalah generasi ketiga perangkat nova i, tapi memiliki desain yang tetap fashionable sebagaimana pendahulunya, disertai dengan peningkatan pada pengalaman fotografi yang luar biasa berkat fitur empat kamera yang diperkuat teknologi Artificial Intelligence (AI).


Huawei juga membungkus bagian belakang smartphone ini dengan lapisan tipis bertekstur khusus di bawah lapisan kaca yang menghasilkan warna gradasi dan tampilan yang unik. Huawei nova 3i memiliki layar FullView berukuran 6,3 inci, empat kamera beresolusi tinggi dengan kombinasi dua lensa 24MP dan 2MP di depan serta kombinasi lensa 16MP dan 2MP di belakang. Kombinasi antara prosesor terbaru Kirin 710 SoC dengan kemampuan AI dan antarmuka EMUI 8.2 terbaru menghasilkan handset yang akan menawarkan pengalaman fotografi empat kamera yang biasanya ditawarkan pesaing pada smartphone premium mereka.


Sentuhan Magis

HUAWEI nova 3i menyediakan tiga warna yang bisa Anda pilih dari, Black, Iris Purple and Pearl White. Dengan rona warna dari kaca hitam dan bingkai metal Anda akan menikmati asyik dan indahnya melihat dan menggenggamnya sendiri. Dengan layar 6.3-inch FHD+ (2340 x 1080) akan menyediakan pandangan yang lebih luas dari dunia tapi masih cukup muat untuk dikantongi. 

Black

Iris Purple

Pearl White

"Nova 3i adalah produk spesial dari Huawei yang diciptakan bagi pemuda Indonesia yang energetik dan tak takut membawa perubahan. Smartphone ini bukan hanya sekadar pernyataan gaya hidup tapi menjadi medium bagi para pemuda itu dalam menikmati hiburan, menge ksplorasi, dan mengekspresikan dirinya," kata Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia.

Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia.



Selfie makin banyak dipilih oleh orang untuk mengekspresikan dirinya. Sekeping foto bernilai ribuan kata, dan selembar foto selfie yang memuaskan akan bernilai lebih besar lagi. Kemampuan fotografi AI pada Huawei nova 3i membuat pengguna tak hanya merekam ekspresi terbaiknya dengan jelas, tapi juga cerita di balik ekspresi itu.


Huawei nova 3i dilengkapi dengan kamera ganda di depan dengan kombinasi sensor utama 24MP dan sebuah sensor 2MP. Lensa utama bertugas merekam detail dengan lensa lebar yang memiliki bukaan atau aperture f/2.0, sementara lensa kedua 2MP merekam data kedalaman dengan hardware pendeteksi kedalaman yang didedikasikan. Saat kedua lensa bersinergi, terciptalah foto-foto yang menakjubkan dan efek bokeh yang otentik. Sebagai tambahan, HUAWEI nova 3i bisa mengenali lebih dari 200 skenario dari delapan kategori, antara lain Blue Sky, Plant dan Beach, dan menerapkan satu set optimalisasi yang unik pada tiap pemotretan sambil melakukan beautification pada obyek foto secara terpisah. Algoritma beautification juga mempertimbangkan bagaimana orang-orang di seluruh dunia mempersepsikan kecantikan dan menerapkan sejumlah penyesuaian terhadap orang-orang yang dipotret berdasarkan jenis kelamin dan warna kulit.


Lebih jauh, hardware pada Huawei nova 3i mendukung pratinjau cuplikan HDR secara real-time. Perangkat nova i generasi ketiga ini juga mendukung lima pencahayaan berkualitas studio, yaitu pencahayaan lembut, pencahayaan kupu-kupu, pencahayaan panggung, pencahayaan terpisah, dan pencahayaan klasik. Huawei nova 3i dapat secara akurat memetakan lima fitur wajah subyek foto dan mengembangkan model 3D, yang kemudian digunakan untuk mengidentifikasi area yang memerlukan pencahayaan tambahan atau perlu dilakukan beautification.









Sebagai perangkat yang dibuat bagi mereka yang menganggap smartphone sebagai alat yang amat penting untuk mengekspresikan dirinya, Huawei nova 3i dilengkapi dengan kamera belakang yang powerful juga. Kamera belakang ini mengkombinasikan sensor utama 16MP dan sensor kedua 2MP. Kombinasi ini dapat memotret foto dan video yang cerah sambil merekam data kedalaman untuk menciptakan efek bokeh profesional, hasilnya adalah foto-foto yang tampak alami.

Teknologi AI yang ditanamkan Huawei pada smartphone ini adalah yang terbaik di industri. Teknologi AI bertindak sebagai “photography mastermind,” yang dapat membedakan lebih dari 500 skenario, memilah-milahnya ke dalam 22 tipe dan melakukan optimalisasi pada tiap pengambilan gambar. Saat dipakai mengambil foto, handset ini akan membantu pengguna dengan komposisi yang cerdas, membuat seorang amatir pun bisa dengan mudah memotret dengan hasil yang cantik. 




Di dunia dengan orang-orang yang makin nyaman berkomunikasi menggunakan video pendek, fitur perekaman video gerak super lambat 480fps pada Huawei nova 3i membuat pengguna bisa dengan mudah memperlambat momen-momen yang penuh kecepatan, katakanlah seperti pelari parkour atau aksi skateboard. Dengan pembelajaran mesin AI, Huawei nova 3i juga mendukung 3D Qmoji, sebuah fitur menyenangkan yang akan mengubah wajah pengguna menjadi avatar digital.

Huawei nova 3i memiliki desain yang trendi dan diciptakan dengan teliti, sehingga smartphone ini sangat fashionable. Tubuhnya menampakkan warna gradasi Iris Purple yang memikat dan layar FullView yang lebar, menawarkan rasio screen-to-body yang amat tinggi dan tampilan depan yang sangat estetis. Huawei nova 3i menggunakan layar FHD+ generasi terbaru, berukuran 6,3 inci (2340x1080) dan rasio 19.5:9. Dengan spek seperti ini, layar Huawei nova 3i dapat menampilkan gambar yang lebih besar dan lebih tajam, meski terlihat lebih ramping ketimbang pendahulunya. Pembaruan lainnya adalah reproduksi warna: generasi terbaru ini mencakup 85 persen gamut warna, lebih tinggi 10 persen ketimbang generasi sebelumnya, sehingga hasilnya adalah pengalaman melihat layar tanpa tandingan. 

Bagian depan Huawei nova 3i menampilkan desain yang simetris dan estetis. Speaker untuk telinga diletakkan dengan cantik di antara dua sensor. Di belakang layar yang memiliki notch itu terdapat lapisan kaca yang bertugas melindungi frame tengah yang terbuat dari paduan material aluminum-magnesium. Lapisan kaca ini bertransisi secara tak kasat mata ke frame tengah, sehingga perangkat ini tetap ramping dan nyaman digenggam. 

Buah dari karya teknologi yang tinggi, warna gradasi Iris Purple tampil sempurna di lapisan tipis bertekstur di bawah kaca melengkung. Ungu dan biru berpadu harmonis dengan kontras seperti neon, menyatu bersama untuk menciptakan warna yang tampak sangat futuristik. 

“Kecantikan ini menempatkan Huawei nova 3i di garis depan trend fesyen dan tak lama lagi ia akan menjadi perangkat yang tak bisa tidak harus dimiliki seorang fashionista,” tutur Lo Khing Seng.




Pasar smartphone hari-hari ini sudah banyak diisi oleh perangkat yang diklaim sudah mendukung AI. Huawei nova 3i adalah platform ideal bagi kaum muda yang berani mengeksplorasi AI masa depan. 

Pada satu sisi, Huawei memastikan user experience AI yang berkualitas tinggi berkat prosesor Kirin 710 SoC; di sisi lain, Huawei sudah menghadirkan ekosistem yang lengkap pada antarmuka EMUI-nya, sehingga pengguna bisa berbelanja, mengatur galeri, menikmati komunikasi yang jernih, dan lain-lain, dengan nyaman. 

Huawei nova 3i juga mendukung AI gaming mode yang mendorong performa SoC semaksimal mungkin tanpa intervensi sebab ia bisa memblokir notifikasi dan panggilan telepon yang kurang penting, supaya tak mengganggu permainan. Sebagai tambahan untuk Kirin 710 SoC dan RAM sebesar 4GB, Huawei nova 3i juga menggunakan GPU Turbo untuk mengoptimalkan kemampuan pemrosesan grafisnya. GPU Turbo adalah teknologi pengakselerasi pemrosesan grafis yang mengubah cara grafis diolah di level sistem; fitur ini meningkatkan integrasi software-hardware, mengatasi masalah bottleneck yang selama ini menahan CPU dan GPU. GPU Turbo membuat perangkat bisa menjalankan game yang memiliki grafis paling intensif sekalipun, dengan mendongkrak performa dan efisiensi, sebuah pencapaian yang menentang pepatah lama, bahwa sesuatu bisa ada dengan mengorbankan yang lain. (Pada saat peluncuran, GPU Turbo akan mendukung PUBG MOBILE dan Mobile Legends. Dukungan terhadap game-game lain akan menyusul).


Selain menyajikan spefisikasi dan fitur terbaik, Huawei menjanjikan pendistribusian produk nova 3i yang lebih baik kepada konsumen, baik melalui jalur distribusi online dan maupun melalui offline. Sehingga konsumen dapat dengan mudah mendapatkan smartphone baru ini. 

Untuk distribusi offline, Huawei bekerjasama dengan Erafone sebagai offline retail chain terbesar di Indonesia. Dengan tersedianya nova 3i melalui Erafone, Huawei ingin memberikan kesempatan bagi konsumen untuk dapat langsung merasakan pengalaman penggunaan nova 3i dan memastikan kualitas produk smartphone itu. Selain itu Erafone juga menyediakan berbagai cara pembayaran sehingga konsumen dapat menentukan pilihan cara pembayaran yang terbaik bagi mereka. 



Untuk jalur online, bersama Lazada sebagai pioner dan pemimpin industri e-commerce di Indonesia, Lazada akan memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan nova 3i. Lazada menyediakan Huawei Official Store agar konsumen dapat dengan mudah mengakses dan mendapatkan jaminan keaslian produk-produk Huawei. Dengan jangkauan yang luas, Lazada dapat mendistribusikan produk Huawei ke seluruh Indonesia. Seluruh konsumen dari Sabang sampai Merauke akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk memiliki produk Huawei. Dengan melakukan pembelian melalui Lazada, konsumen juga mendapatkan fleksibilitas pembayaran dan pengiriman sehingga konsumen dapat memilih cara ternyaman dalam mendapatkan produk-produk Huawei.

Mulai 31 Juli 2018, Huawei nova 3i sudah tersedia di Indonesia dengan harga Rp 4.199.000. Huawei menggelar program pre-order mulai 31 Juli hingga 10 Agustus 2018 di Erafone dan Lazada. Mereka yang melakukan pembelian pada periode 31 Juli hingga 7 Agustus 2018 akan mendapatkan bonus cashback sebesar Rp 200.000 dan hadiah eksklusif berupa earphone Bluetooth Huawei. Bagi konsumen yang telah melakukan pre-order dan hadir pada program First Sale yang diadakan oleh Erafone di pusat perbelanjaan Kota Kasablanka pada tanggal 11 Agustus 2018, berhak mendapatkan satu hadiah eksklusif tambahan. Adapun pada 8 Agustus, Lazada akan mengadakan first sale untuk nova 3i. 

Untuk informasi lainnya, kunjungi: https://consumer.huawei.com/id/



Spec HUAWEI nova 3i 

Ukuran
Lebar:
75,2 mm

Tinggi:
157,6 mm

Kedalaman:
7,6 mm

Berat:

Kira kira. 169 g (termasuk dengan baterai)

*Ukuran produk, berat produk, dan spesifikasi terkait merupakan nilai-nilai teoritis saja. Ukuran aktual antara masing-masing produk dapat bervariasi. Semua spesifikasi merupakan subyek pada produk yang sebenarnya.
*Berat aktual dapat bervariasi tergantung pada konfigurasi, proses manufaktur, dan metode pengukuran.

WARNA
Black
Iris Purple

LAYAR

Ukuran: 
6,3 inch

Warna: 
16,7 juta warna

Ukuran Saturasi Warna (NTSC): 
85% (typical value)

Typle: 
TFT LCD (IPS)

Resolusi: 
FHD+ 2340 x 1080, 409 PPI
CPU

HUAWEI Kirin 710

4 x Cortex A73 2,2 GHz + 4 x Cortex A53 1,7 GHz
SISTEM OPERASI

Android 8.1

MEMORI

INE-LX2: 
4 GB RAM + 128 GB ROM

micro SD card slot: support up to 256 GB (tidak ada standar konfigurasi)
*Karena keterbatasan dalam kekuatan pemrosesan CPU, memori yang digunakan oleh sistem operasi dan aplikasi pra-instal, kapasitas yang sebenarnya tersedia untuk pengguna mungkin kurang dari kapasitas memori yang disebutkan. Kpasitas memori yang sebenarnya dapat berubah karena pembaruan aplikasi, operasi pengguna, dan faktor terkait lainnya.

JARINGAN

INE-LX2 (Dual SIM)
4G LTE TDD: B38 / B40 / B41 (2.545 - 2.655 MHz)
4G LTE FDD: B1 / B3 / B5 / B7 / B8 / B28
3G WCDMA: B1 / B5 / B8
2G GSM: B2 / B3 / B5 / B8
Secondary SIM card:
4G LTE TDD: B38 / B40 / B41 (2.545 - 2.655 MHz)
4G LTE FDD: B1 / B3 / B5 / B7 / B8 / B28
3G WCDMA: B1 / B5 / B8
2G GSM: B2 / B3 / B5 / B8

*Dalam versi Dual SIM, slot kartu dapat diatur untuk mengakomodasi Kartu SIM utama atau kedua.
*Fungsi yang tersedia di jaringan bergantung pada situasi jaringan operator dan penyebaran layanan terkait.
GPS

GPS, GLONASS, BeiDou (hanya didukung oleh beberapa INE-LX2 yang dijual di Asia Pasifik), AGPS

KONEKTIVITAS

802.11b/g/n, 2.4 GHz
Bluetooth 4.2, BLE, HWA, aptX and aptX HD
Micro USB, USB 2.0
3,5 mm Headset Jack
PC Data Synchronization
SENSORS

Sensor Gravitasi

Sensor Cahaya

Sensor Sentuh

Giroskop

Kompas

Sensor Sidik Jari

KAMERA

Kamera Belakang:
16 mega-pixel (color) + 2 mega-pixel (color), F/2.2 aperture, supports autofocus (phase focus, contrast focus)

Kamera Depan:
24 mega-pixel (color) + 2 mega-pixel(color), F/2.0 aperture, supports fixed focal length

*Piksel foto dapat bervariasi tergantung pada mode pemotretan.

AUDIO

Audio File Format:

mp3, mp4, 3gp, ogg, aac, flac, midi
VIDEO

Video File Format:

3gp, mp4
EMOTION UI

EMUI 8.2

BATERAI

3.340 mAh

5 V / 2 A charger

*Nilai khas. Kapasitas sebenarnya dapat sedikit berbeda. 
Kapasitas ini adalah kapasitas baterai nominal. Kapasitas baterai yang sebenarnya untuk masing-masing telepon individu mungkin sedikit di atas atau di bawah kapasitas baterai nominal.

ISI KEMASAN

Phone x 1
Built-in battery x 1
Quick Start Guide x 1
Charger x 1
Warranty Card x 1 (dependent on market)
Headset x 1
Eject pin x 1
Micro USB cable x 1
TPU Protective case x 1(dependent on market)
TP protective film x 1(dependent on market)

Akhirnya Saya sendiri bingung. Masa melihat spek dan segala yang ditawarkan, Saya sendiri nggak ngiler lihat smartphone ini? Hahaha. Ya sudah yang kebetulan dalam waktu dekat ingin mengganti henpon atau memberi kado pada kekasih yang sangat disayangi, Henpon ini sangat cocok untuk menambah cinta pasangan Anda.

Hahay!

Salam Budaya!



Komentar