Bila SuPear Membantu Manusia



Salam Budaya!

Tersebutlah Negara Indonesia yang gemah ripah loh jinawi. Negara yang subur dan makmur. Berpenduduk ramah tamah dengan segala keberagaman aneka budayanya nan Bhineka Tunggal Ika. Bahkan angin pun membawa lagu tema yang bergaung di sepanjang Sabang sampai Merauke.


Bukan Lautan Hanya Kolam Susu
Kail dan Jala Cukup Menghidupmu
Tiada Badai Tiada Topan Kau Temui
Ikan dan Udang Menghampiri Dirimu

Orang Bilang Tanah Kita Tanah Surga
Tongkat Kayu dan Batu Jadi Tanaman
Orang Bilang Tanah Kita Tanah Surga
Tongkah Kayu dan Batu Jadi Tanaman

Semua orang berbahagia karena negara dan tanah Indonesia telah memberikan yang terbaik bagi rakyatnya. Hasil laut dan panen tanaman dan buah berlimpahruah. Semua terlihat, terdengar dan terasa baik sebelum kami melihat sesuatu yang bikin shock.






Apa - apaan ini?

Tentu saja kami terkaget - kaget. Karena sepertinya ironi sekali. Karena walaupun adanya Panen Raya buah sebenarnya produksi melimpah ruah, sayangnya distribusi tidak merata dan akhirnya keinginan makan turun dan harga jadi rendah dan yang paling disayangkan adalah buah terbuang tak termakan, terbuang sia - sia. Wah wah, ini tidak bisa dibiarkan.

Dengan bantuan Bapak Kafi Kurnia yang telah meluncurkan sebuah gerakan kemasyarakatan “Sembutopia” yang bertujuan untuk memotivasi dan meng-inspirasi masyarakat Indonesia untuk memberdayakan kemampuan diri sendiri untuk menyembuhkan diri masing-masing dari segala gangguan baik berupa masalah jiwa dan raga. 

Tujuannya agar hidup penuh kesembuhan dengan gaya hidup yang lebih holistik dan berenerji. 
Selama setahun “SEMBUTOPIA” sendiri telah memiliki 2 apotik – satu sekolah catur dan perusahaan penyembuhan lingkungan (cleaning services and pest control) yang sudah memperkerjakan 100 karyawan.

Rencananya “SEMBUTOPIA” akan terus mengadakan sejumlah aktifitas dalam pemberdayaan sumber daya diri masyarakat untuk hidup lebih produktif dengan gaya hidup sehat yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.



Kami panggil. The Supear untuk membantu kami paling tidak menyadarkan rakyat kita bahwa mengkonsumsi buah itu penting bagi kita sehari - hari.





Pada musim buah Pir dari Amerika tahun 2018 – Sembutopia akan memprakarsai sebuah kampanye kreatif “SUPEAR”

Tanggal 1 Desember 2018 merupakan hari buah Pir sedunia.

Wait. Kenapa dengan Pear?




Kami perkenalkan Buah yang catatan sejarah tertua adalah sebagai buah ajaib untuk penyembuhan ditemukan pada tablet lempung di Sumer di Mesopotamia kuno, sekitar 2.750 B.C. Padahal kemungkinannya sejarah buah pir jauh lebih tua dari itu. Dalam 10 SM, Homer menyebut buah pir sebagai "karunia keajaiban para dewa," dan salah satu dari buah-buahan yang hadir di Taman Alcinous. Selama berabad-abad, catatan sejarah telah mencatat kehadiran buah pir dalam sejarah monarki di seluruh Persia, Cina, dan Roma. Ketika peradaban menyebar, ribuan varietas buah pir muncul dan dibudidayakan di seluruh Eropa.

Di Cina kuno, orang percaya bahwa buah pir mewakili keabadian dan kemakmuran karena pohon pir hidup untuk waktu yang lama. Di Korea, buah pir melambangkan rahmat dan kebangsawanan. Pohon pir merupakan simbol kenyamanan. Dalam banyak legenda Korea, pir memberi kesuburan wanita. Ini juga membuat buah pir yang dipercaya khasiatnya memberikan kebijaksanaan dan kesehatan. Dalam beberapa konteks sejarah Kristen, buah ir melambangkan Perawan dan Anak, kemungkinan karena manisnya. Dalam novel, Mata Mereka Mengawasi Tuhan oleh Zora Neale Hurston, pohon pir melambangkan kedamaian batin. Buah pir adalah simbol kasih sayang dalam banyak kebudayaan. Dalam bahasa China, kata li berarti kedua pir dan pemisahan, sehingga dikatakan bahwa untuk menghindari pemisahan, teman dan kekasih tidak boleh membagi pir di antara mereka terutama ketika tahun baru.


Ada beberapa puluhan jenis varietas dari pear ini tapi sebagian besar dipecah menjadi yang utama:

VARIETAS MODERN 

Buah Pir (Pyrus communis), yang asli berasal dari tenggara Eropa dan Asia barat, adalah leluhur varietas yang populer saat ini. Varietas Anjou, Bosc, dan Comice adalah yang pertama dibudidayakan di Perancis dan Belgia untuk rasanya yang halus dan tekstur yang lezat, dan umur penyimpanannya yang lama. Itu kultivasi ini mengembangkan tekstur "meleleh di mulut" Anda yang berharga memberi mereka julukan "buah mentega." Bartlett Pears (dikenal di luar Amerika Utara sebagai "Williams" pir) pada awalnya ditemukan pada 1765 di Inggris

DI AMERIKA UTARA 

Buah Pir tiba di tempat baru dunia dengan Inggris dan orang Eropa lainnya selama masa kolonial. Buah pir moderen tumbuh di seluruh dunia, tetapi tidak ada area lain cocok dengan pertumbuhan ideal kondisi Pasific Northwestern Amerika Serikat. Sini kombinasi sempurna dari tanah, iklim, dan air yang melimpah menghasilkan buah pir yang gemuk, beraroma penuh, dan berair juice yang berlimpah.

VARIETAS UTARA 

Dari sekian banyak varietas pir di dunia saat ini, wilayah Northwest Pacific (negara bagian Washington, Oregon dan sekitarnya) menghasilkan delapan varietas utama dan berbagai varietas produksi kecil. Varietas utama dibagi menjadi dua periode ketersediaan; varietas musim panas / musim gugur (Green and Red Bartlett), yang tersedia mulai pada awal Agustus. Varietas musim dingin (semua varietas utama lainnya) tersedia pada akhir Agustus atau awal September.

Di dalam geografi Amerika Serikat yang luas dan beragam, negara-negara Pasifik Barat Laut - Oregon dan Washington, menghasilkan sebagian besar pir segar di Amerika Utara. Hanya empat wilayah di negara bagian ini memiliki campuran iklim yang ideal, tanah vulkanik yang subur dan air yang berlimpah, menghasilkan beberapa buah pir terbaik dunia. Saat ini, sebagian besar pir Northwest dengan mudah bisa diidentifikasi di bawah label Pir USA datang dari satu dari area-area yang sedang tumbuh ini: 

Wenatchee - Kota Wenatchee, terletak di Utara Central Washington wilayah berkembang, diberi nama untuk Chief Wenatchee, pernah menjadi kepala suku Yakima yang kuat. Itu nama "Wenatchee" adalah kata asli Amerika yang diyakini berarti "air mendidih," deskripsi yang sesuai jeram bergolak dari Sungai Wenatchee yang jatuh melalui lembah di sekitarnya. Yakima - Menurut legenda Indian, kata Yakima berarti "Beruang Hitam." Setiap tahun air yang berlimpah dan kaya, cahaya, tanah subur dari Lembah Yakima yang indah membawa ribuan ekar pohon Pear Barat menjadi mekar. Mid-Columbia - Sungai Columbia mengalir melalui Columbia Gorge saat melewati jantung MidColumbia wilayah. 
Kawasan pertumbuhan buah pir yang kaya ini dimulai begitu saja Utara White Salmon, Washington dan membentang Selatan melalui Hood River, Oregon ke lereng Gunung. Kap. Medford - Lembah Rogue Selatan Oregon sama kaya dengan rimbun, Northwest Pear orchards sebagai daerah sekitarnya kaya akan sejarah. Daerah sekitar Medford dan kota tetangga dari Jacksonville, yang ditunjuk sebagai National Historic Landmark, berfungsi sebagai kapsul waktu yang berasal dari awal Oregon hari-hari perintis.


Nah, Keberadaan The Supear Girls ini untuk membantu Manusia untuk memahami betapa pentingnya mengkonsumsi buah termasuk buah pear ini.




1. Kandungan antioksidan lawan radikal bebas 

Pakar kesehatan menyebutkan jika buah pir yang sudah matang sangatlah kaya akan kandungan antioksidan, jika kita rutin mengkonsumsinya, khasiat buah pir pada tubuh akan lebih baik dalam melawan berbagai radikal bebas. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Innsbruck, Austria, menyebutkan jika kandungan klorofil pada buah pir yang matang mampu berubah menjadi antioksidan aktif yang sangat baik bagi tubuh kita. 

2. Memperkuat sistem imun 

Pakar kesehatan menyebutkan jika buah pir ternyata sangat kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin K. Tingginya kandungan vitamin C tentu akan sangat baik bagi sistem imun tubuh kita dan membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik sehingga produksi sel darah merah menjadi lebih baik. 

3. Mengurangi risiko terkena kanker 

Mengonsumsi satu buah pir bisa memenuhi 8 persen asupan vitamin K harian yang akan menurunkan risiko terkena kanker hingga 45 persen lebih rendah. 

4. Melancarkan pencernaan 

Buah pir ternyata kaya akan serat dimana asupan serat larut dan tak larut, pada satu buah pir saja bisa mencapai 5 gram atau sekitar 20 persen kebutuhan harian serat tubuh kita. Selain memperlancar saluran pencernaan, adanya serat ini juga akan membuat sistem imun tubuh menjadi lebih kuat dan membuat kita mampu menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab berbagai macam penyakit. 

5. Menyehatkan otak 

Mengonsumsi satu buah pir berukuran sedang bisa membuat kita mendapatkan asupan copper (mineral minor) harian sebanyak 15 persen. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University School of Medicine di Missouri, Amerika Serikat, menyebutkan jika kandungan copper ini bisa memperbaiki kekuatan sistem saraf dan membuat kinerja otak menjadi jauh lebih baik. 

6. Menurunkan berat badan 

Anda sedang diet? ternyata khasiat buah pir juga bisa untuk program menurunkan berat badan. Buah seperti pir dan sayuran yang kaya serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan juga rendah kalori. Peningkatan asupan serat bermanfaat dalam penurunan berat badan yang ditingkatkan untuk individu obesitas. 

7. Mengatasi penyakit kardiovaskular dan kolesterol 

Peningkatan asupan serat juga telah terbukti menurunkan kadar kolesterol. Sebuah tinjauan dari 67 uji coba terkontrol terpisah menemukan bahwa bahkan peningkatan 10 gram per hari dalam asupan serat dalam buah pir dapat menurunkan LDL (low-density lipoprotein atau kolesterol “jahat”) dan kolesterol total. 

Studi terbaru menunjukkan bahwa serat makanan bahkan dapat berperan dalam mengatur sistem kekebalan tubuh dan peradangan, dan manfaat buah pir memiliki potensi untuk mengurangi risiko kondisi terkait peradangan seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, dan obesitas. 

8. Mengatasi penyakit kardiovaskular dan kolesterol 

Peningkatan asupan serat juga telah terbukti menurunkan kadar kolesterol. Sebuah tinjauan dari 67 uji coba terkontrol terpisah menemukan bahwa bahkan peningkatan 10 gram per hari dalam asupan serat dalam buah pir dapat menurunkan LDL (low-density lipoprotein atau kolesterol “jahat”) dan kolesterol total. 

Studi terbaru menunjukkan bahwa serat makanan bahkan dapat berperan dalam mengatur sistem kekebalan tubuh dan peradangan, dan mungkin memiliki potensi untuk mengurangi risiko kondisi terkait peradangan seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, dan obesitas. 

9. Diabetes 

Diet tinggi serat dengan mengonsumsi buah pir dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena diabetes dan kadar gula darah lebih stabil pada penderita diabetes. 

10. Detox 

Pergerakan usus yang teratur dan kuat sangat penting untuk ekskresi racun harian melalui empedu dan tinja. Buah pir mengandung sekitar 84 persen air, jadi manfaat buah pir dapat membantu menjaga kotoran lembut dan menyiram sistem pencernaan dari racun.

Catatatan :

Pear Bureau Northwest didirikan pada tahun 1931 sebagai organisasi pemasaran nirlaba untuk mempromosikan, mengiklankan, dan mengembangkan pasar untuk pir segar yang tumbuh di Washington dan Oregon.

Buah Pir dari dua negara bagian Northwest ini didistribusikan di bawah merek koperasi USA Pear. Gabungan, Washington dan Oregon merupakan wilayah penghasil buah pir terbesar di negara ini. Mereka menghasilkan sekitar 88% dari semua pir segar yang ditanam di Amerika Serikat, dan lebih dari 96% dari semua pir musim dingin (varietas non-Bartlett seperti Bosc dan Anjou). Mereka juga mencapai 92% dari ekspor pir segar Amerika. Hampir 900 keluarga penumbuh dan 50 pengepakan dan pengirim yang diwakili oleh Pear Bureau Northwest yang bangga dengan kemampuan mereka untuk memproduksi buah Pir  segar kelas atas untuk pasar dunia. Pir segar adalah pilihan buah yang lezat dan populer di kalangan konsumen dari segala usia dan konsumsi Poles USA di seluruh dunia meningkat setiap tahun. Pemasaran dan Promosi Melalui perwakilan profesional di AS dan di seluruh dunia, Biro pemasaran ini mengoordinasi kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan konsumsi Pir segar. 

Jadi bila manusia di Indonesia melihat si Supear dan gadis - gadisnya berseliweran dan beterbangan di langit. Jangan lupa makan Pear ya. Biar kita tetap sehat dan menjadi negara yang kuat.

Salam Budaya.




Komentar

  1. Mas, ini buah pir favoritku.
    Buah yang maharaniiiii.. :))

    BalasHapus
  2. buah pir itu ada yg bulat dan ada yg ngondoy.. aku suka yang bulat.. kremus-kremus..

    BalasHapus

Posting Komentar