MERESENSI DAN MENSINOPSIS FILM ALA SAYA

Arti Sebuah Kekalahan Bagi Nabbsky




OMEN ingin mengajak setiap GAMER yang ada di SELURUH INDONESIA untuk mengucapkan terima kasih kepada setiap kekalahan yang pernah dialami melalui campaign THANK YOU LOSSES yang akan diadakan sepanjang Q2 dan Q3 2022.

Nah kali ini, kita langsung saja ke seorang gamers bernama asli Nabila Sultahan yang punya nama online Nabbsky.

Gadis yang lahir di tanggal 9 November 1996 ini ternyata mulai tertarik dengan game PC sejak kelas 5 SD.

Prestasinya memang membanggakan, ia yang menjadi pro player CS: Go yang bermain untuk tim Female Fighters bersama dengan Audrey FF dan kawan-kawannya, sempat beberapa kali menjadi juara di turnamen CS:GO dan sempat juga lolos ke WESG 2018 setelah mengalahkan G-1st Ladies Star A dengan skor 2-0.

Ia juga berhasil mendapatkan juara 1 di turnamen International WESG South East Asia di Malaysia di awal tahun 2020. Keren, kan?

Yang menjadi pertanyaan sesuai dengan kampanye kita saat ini, bagaimana dia merespon kekalahan? Apakah kekalahan adalah sesuatu yang mematikan langkah?



Ia di live streaming menceritakan betapa pada awalnya memilih pemain wanita begitu susahnya karena memang jarang. Apalagi adanya tim pria yang memang mendominasi pernah sampai secara verbal menyerang bahwa tim wanita seharusnya tidak ikut dan memilih kodratnya sebagai wanita yang ada di rumah.

Perjuangan mereka lakukan dengan jerih payah dari 2013 hingga 2019 hingga sekarang kedudukan female players sudah mulai layak.




Terus, APA ARTI KEKALAHAN BAGI SEORANG NABBSKY?

Kalah itu sudah menjadi hal yang lumrah dan biasa di dunia kompetitif. Karena dari berbagai faktor internal dan eksternal, merupakan banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya kekalahan.

Nabbsky juga merasa yakin kalau di setiap kekalahan pasti ada kata Belajar, untuk bisa melangkah lebih baik ke depannya. Di dunia kompetisi juga tidak ada yang menjamin siapa yang menjadi juara selain dirimu sendiri. Jadi kalau ingin menjadi juara, ingin menang dan ingin menjadi yang terbaik ya, lakukan usaha yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Baik di saat latihan atau di turnamen.

Ketika mengalami kekalahan, kita harus berusaha mengikhlaskan, menerima dan menjadikannya sebagai pembelajaran, atau motivasi untuk menjadi yang lebih baik lagi. 

Semua kembali ke bagaimana cara kita menyikapi kekalahan juga, apakah merasa cukup, atau justru termotivasi untuk bisa lebih baik lagi. 

Terus, APA SALAH SATU PEMBELAJARAN PENTING YANG NABBSKY DAPATKAN MELALUI KEKALAHAN?

Jangan pernah putus asa, karena untuk meraih kemenangan itu, tak ada jalan yang mudah. Seperti pepatah yang bilang, Berakit - rakit ke Hulu, Berenang - renang ke Tepian, Bersakit - sakit dahulu, bersenang - senang kemudian.

Jadi #ThankYourLosses dapat disimpulkan bahwa pelajaran terbesar dari kekalahan adalah cara kita akhirnya bisa berprogress.

Terus, BAGAIMANA CARA MENYIKAPI KEKALAHAN ALA NABBSKY?

Biasanya di hari, Nabbsky merasakan kekalahan, dia bakal fokus dengan meluapkan emosinya dengan cara, melampiaskan rasa marah dan emosi tapi membatasi cuma di hari itu saja dan besoknya akan kembali berusaha untuk move on.

Biasanya setelah dia riset dari kekalahan - kekalahannya, ia akan mengadakan briefing bersama timnya untuk mencari kesalahan yang ada yang berakibat kekalahan itu. Daripada hanya sekedar melemparkan kesalahan atau mengkambinghitamkan ke sesuatu yang tak penting. Setelah mendapatkan masalah yang ada, kemudian akan ada usaha untuk memperbaikinya, dan kembali fokus ke turnamen selanjutnya.

Terus, BAGAIMANA CARA NABBSKY MEMBUAT SEBUAH KEKALAHAN MENJADI SEBUAH PEMBELAJARAN?

Berusaha melihat hal positif dari suatu kekalahan dan membuat kekalahan tersebut sebagai proses pembelajaran. 

Progress itu juga bukan suatu hal yang menukik dari bawah ke atas. Kalau dianalogikan yang benar adalah seperti sebuah tangga. Harus melewati step by step dari tiap anak tangga itu. Sampai berhasil berdiri di anak tangga teratas. 

Yang penting kuncinya adalah sabar. Jangan pernah putus asa. Selalu berusaha memberikan progress untuk diri sendiri dan tentu saja tim. 





Terus, SELAMA PERJALANAN KARIR NABBSKY, MOMEN APA YANG MEMBERIKAN PROGRESS TERBESAR?

Ketika ia dan timnya mewakili Indonesia untuk bertanding di turnamen Internasional pada tahun 2018. Walaupun tidak menjuarai turnamen itu, ada satu hal yang menyadarkannya bahwa tinggal satu langkah lagi untuk menjuarainya suatu saat nanti.

Akhirnya di tahun 2019, Nabbsky bersama tim, Rising 5 berhasil menjuarai turnamen itu. 


Terus, MENURUT NABBSKY LEBIH PENTING MANA, QUANTITY ATAU QUALITY DALAM BERPROGRESS?

Ia sendiri mengakui adalah orang yang lebih condong mementingkan kualitas dari pada kuantitas. Karena menurutnya masih banyak orang yang masih salah persepsi untuk menjadi jago atau mengasah skill, itu berdasarkan jumlah waktu yang mereka habiskan untuk bermain game tersebut. 

Karena menurutnya, tidak ada gunanya, sebagai pro player, bermain game tanpa tujuan. Akan lebih efektik kalau misalkan player memporsikan jam latihan sesuai dengan obyektif yang dimaui.

Oh, Okay.

TERIMA KASIH

Komentar