Menyambut Jember Sebagai Kota Karnaval Dunia

LAUNCHING JEMBER FASHION CARNAVAL KE 17 2018


Salam Budaya!

Saya orang Jember asli. Lahir di sana, bergeliat awal di sana, dan hingga kini merambah ke ibukota selalu bangga dalam menebarkan semangat dan memperkenalkan Saya ORANG JEMBER. Jadi tolong jangan diragukan ya, entah orang lain menganggap itu hal yang biasa atau bahkan orang lain menyepelekan atau bahkan mereka benci atau tidak bangga sama sekali. Saya pikir, itu juga bukan none of my business (atau bahasa Jembernya tak ngoros) yang penting Saya tak begitu dan terus menerus membangkitkan rasa memiliki Jember ke orang Jember sendiri atau ke orang yang saya temui di mana - mana.

Nah ini juga berlaku dengan kiprah yang sudah dilakukan oleh mas Dynand Fariz dan teman - teman di Jember Fashion Carnival, tiba - tiba saja, kita sudah melewati dan menjelang perhelatannya yang ke 17. Wow!


Apa yang Saya lihat di sini? Berarti sama persis seperti yang pernah Saya perkirakan bahwa bila ada suatu gerakan, atau aktivitas dari per orangan atau lembaga atau kelompok yang selalu mengutamakan namanya Konsen, Konsekuen, Konsisten dan tentu saja Persisten, mereka tentu akan bisa akan bertahan lebih lama walaupun tentu saja nanti tetap punya masa atau waktu tertentu.

17 tahun lho. Tidak lah mudah.

Pribadi Saya ingat, 17 tahun lalu itu tahun 2001, Saya kebetulan sedang berada di Jember dan merasakan ketidakpercayaan masyarakat, orang umum, orang awam terhadap fashion atau secara besar yakni Karnaval. Waktu itu kita sudah punya Karnaval yang cukup membanggakan dan besar-besaran, sampai terbagi dengan rapih. Ada karnaval SD, SMP dan SMA dan juga karnaval umum yang diikuti lembaga atau instansi. Semuanya bisa diikuti di jalanan besar di Kota Jember. Tapi ada suatu lembaga yang ternyata mengurusi itu, dan sang peserta bakal akan merancang busananya sendiri serta diajari lenggak lenggok di catwalk bahkan diperkenalkan cara bernyanyi dan tampil baik di depan umum, masih merupakan hal yang langka waktu itu.

Sayangnya yang berkembang malah kadang cibiran, meremehtemehkan, atau bahkan keyakinan bahwa model karnaval seperti ini tidak akan lama. Mereka salah!

Jember Fashion Carnival 2016 - Laporan dari Prawita Indah dari situs www.wego.co.id


Kenapa? 

Karena mereka punya visi dan misi serta konsep yang kuat dari acara ini. Hal ini tentu juga merupakan hal yang penting dari apa yang sebenarnya kita maui dari suatu acara. Berikut beberapa fakta yang saya cuplik dari situs Jember Fashion Carnaval

VISI DAN MISI

Visi JFC 
Menjadikan Jember sebagai kota wisata mode pertama di Indonesia bahkan di dunia.

Otonomi daerah memungkinkan setiap daerah untuk menggali potensi yang dimiliki yang memungkinkan dapat meningkatkan kemakmuran daerahnya. Untuk memenangkan persaingan antar daerah kita harus memiliki keunggulan yang tidak atau belum dimiliki oleh daerah lain. Fashion Carnaval dengan tema trend dunia tidak dimiliki oleh daerah lain bahkan di dunia pun belum ada yang mengangkat potensi ini. Keunggulan potensi ini dapat memberikan multiplier efek terhadap potensi lain yang kita miliki. 

Misi JFC 
Suatu proses atau perjalanan yang membawa banyak manfaat bagi pengembangan dunia pendidikan kita ( SDM ), kesenian, budaya dan perkembangan perekonomian. 

Konsep 4 E 

EDUCATION (Pendidikan) 
Melalui in house training para peserta diberikan pengetahuan merancang busana, fashion run way, fashion dance, presenter, rias dan make up dan melalui ajang kompetisi ( olympiade) terlahir SDM yang percaya diri, terlahir instruktur, leader, koreographer, presenter , singer . Enterpreneur dll. Melalui penggalian potensi diri peserta dengan memberikan kesempatan untuk pengembangan kreativitas melalui kompetisi akan terlahir ide-ide baru baik dibidang seni tari/ dance, merancang busana , aksesories dll. Bagi Penonton juga menambah wawasan tentang budaya daerah dan budaya luar yang beraneka ragam. 

ENTERTAINMENT (Hiburan) 
Sebagai even ekslusif yang dapat menjadi hiburan bagi masyarakat menyeluruh dari segala lapisan baik profesi, usia, pendidikan, latar belakang ekonomi dan sebagainya. 

EXHIBITION (Pameran) 
Menjadi pusat study atau research perihal Fashion Carnaval, menjadi obyek pengambilan photo bagi photographer professional dan banyak lainnya. 

ECONOMIC BENEFIT (Pengembangan perekonomian)
Melalui penyelenggaraan event yang mempunyai konsep yang jelas, SDM yang berkwalitas, berkesinambungan, menarik , memperoleh dukungan dari masyarakat, pemerintah dan wakil rakyat memungkinkan untuk menjadi potensi wisata unggulan yang dapat menggerakkan potensi wisata lainnya ( perhotelan, restaurant, transportasi, souvenir, makanan khas dll. )

Lalu apa yang sebenarnya peserta Jember Fashion lakukan, berikut tahapannya: 
  • Research Trend Fashion Dunia yang bakalan menjadi trend tahun berikutnya dengan mencari informasi ke pusat mode dunia seperti London, Paris, Milan, Tokyo dan New York. Dari trend yang bakalan muncul kita pilih tema-tema yang kalau dikemas dalam konsep karnaval akan menjadi suatu kemasan yang baik dan penuh kreativitas.
  • Rekruitmen peserta melalui promo dan audisi.
  • Mengumpulkan / klipping gambar-gambar majalah mode dunia dengan acuan trend yang bakalan muncul.
  • Researh dance atau tarian yang menjadi ciri utama dari tarian negara yang mewakili trend tersebut
  • Research musik yang paling sesuai untuk mengiringi dance trend busana yang dipilih.
  • Setelah musik dan ciri gerakan diketahui maka team Coreographer JFCC akan menciptakan gerakan yang sesuai.
  • Sebelum proses pelatihan gerakan sesuai tema diberikan kepada peserta terlebih dahulu mereka dilatih fashion run way, pelatihan stamina
  • Bila dance sesuai tema negara sudah tercipta proses pelatihan sudah bisa dilakukan pada peserta JFC
  • Memberikan pelatihan merancang busana dengan inspirasi dari klipping majalah dan dari Pekan Mode dynand Fariz yang dipresentasikan oleh karyawan untuk semua jenis kostume dihadapan seluruh peserta sehingga peserta memperoleh gambaran riil busana yang akan dirancang oleh mereka.
  • Memberikan pelatihan tata Rias Wajah, rambut, body painting, aksesories, mayorette, presenter, singer dan laian-lain.
  • Memberikan pelatihan mengenai event organizer.
  • Pembekalan yang dapat memotivasi mereka agar mempunyai rasa tanggung jawab, disiplin tinggi, kerja sama dan saling membantu diantara mereka.
  • Memberikan sarana kepada seluruh peserta untuk berkompetisi secara sportif lewat olympiade costume, aksesories, tata rias ,dancer, singer, mayorette , presenter dengan menyediakan trophy bagi mereka yang terbaik. Motto JFC adalah MENGGALI POTENSI MENCETAK PRESTASI.
  • Puncak dari persiapan yang cukup lama dipresentasikan pada saat showtime di depan ribuan penonton yang telah menunggu penampilan mereka.
  • Puncak acara terakhir adalah acara pemberian trophy bagi mereka yang berprestasi ( lebih dari 70 trophy disediakan bagi pemenang ) dan pemberian kesempatan belajar Short Course di Esmod Jakarta bagi pemenang JFC Award.
Proses persiapan dari awal sampai akhir memerlukan waktu kurang lebih 1 (satu ) tahun. Seluruh proses dari persiapan, show time hingga pemberian penghargaan para peserta tidak dibebankan biaya apapun.

Okay!

Prosesnya gak mudah kan? Jadi tak heran kalau akhirnya Kementrian Pariwisata dan tentu saja pemimpin tertinggi kita Presiden Republik Indonesia Pak Jokowi memberikan perhatian penuh terhadap acara ini dan melakukan gebrakan bersama - sama demi kepentingan Bangsa kita.

The Red Carpet
Maka dari itu Menteri Pariwisata (Menpar) Bapak Arief Yahya bersama Bupati Jember Ibu Dokter Hj. Faida, MMR didampingi founder sekaligus Presiden Jember Fashion Carnaval (JFC) Dynand Fariz meluncurkan JFC ke 17 bertemakan ASIALIGHT (Cahaya Asia) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementrian Pariwisata (Kemenpar), Selasa Malam, 17 April 2018 yang nantinya akan berlangsung di Jember - Jawa Timur pada tanggal 7 - 12 Agustus 2018.

Perwakilan Duta Besar Negara Sahabat, Bapak Menpar, Ibu Bupati Jember, Mas Dynand Fariz dan Tokoh Masyarakat
Berikut Jadwal Lengkap Rangkaian Lengkap JFC-17 2018 yang sayang kalau dilewatkan (booking tempat dan transportasi dari sekarang)

7 Agustus 2018
Opening JFC International Event

8 Agustus 2018
Pets Carnival

9 Agustus 2018
JFC International Conference

9 - 12 Agustus 2018
JFC International Exhibition

10 Agustus 2018
JFC Kids Carnival

11 Agustus 2018
JFC Rhythm Artwear

12 Agustus 2018
Wonderful Archipelago Carnival Indonesia (WACI)

Kerja Sama JFC 2018 dan ESMOD Jakarta. Ayo siapa mau ikut?

Menpar Arief Yahya sendiri menyatakan kalau penyelenggaran JFC kali 17 ini merupakan salah satu bagian promosi event Asian Games 2018 yang berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.

JFC kali ini juga masuk di antara 10 event nasional dari 100 CoE 2018 yang akan berlangsung dalam satu tahun penuh di seluruh provinsi di Indonesia. Karena JFC juga telah banyak memperoleh penghargaan di pelbagai perhelatan Internasionl maka Kemenpar menetapkan Jember sebagai Kota Karnaval.

Yeeeey.

Ikut bangga dan ikut senang!
Penetapan ini dalam rangka mengangkat Jember untuk Go International. Dari sisi Cultural Value, kreatifitas JFC sudah layak dijadikan magnet untuk mendatangkan wisatawan mancanegara, namun dari commercial value atau financial value harus terus ditingkatkan agar sustain.


Presiden Jember Fashion Carnaval (JFC) Dynand Fariz mengatakan, tema utama JFC-17 kali ini adalah ASIALIGHT (Cahaya Asia) sebagai proses kebangkitan negara-negara Aisa di tingkat dunia dan akan dipresentasikan dalam 10 defile sebagai berikut beserta detailnya yang mengagumkan (Amazing!)

KUJANG NUSANTARA
mewakili Benua Asia yang memiliki keelokan sejarah dan budaya yang dilambangkan dengan Kujang yang merupakan Pusaka Nusantara







(ASIALIGHT) STAR
simbol dari cahaya








THAILAND
negara kerajaan Seribu Pagoda







KOREA
Silla salah satu dari tiga kerajaan besar di Korea yang memiliki gendang tradisional bernama Seyogo berbentuk jam pasir








SHOGUN
Pemimpin para pejuang Samurai di era kekaisaran kuno Jepang







BIAN LIAN
Seni mengubah wajah dalam Opera China yang luar biasa



BABILONIA
Negara paling makmur dalam sejarah Irak









INDIA
Dikenal sebagai negara penari










SAUDI ARABIA
negara yang memiliki Tanah Suci








OTTOMAN EMPIRA (TURKI)
Kekaisaran yang memiliki kekuasaan lintas benua dan menjadi pusat interaksi antara dunia Barat dan Timur









Wow banget kan pemirsah?

Bagi Saya itu semua sudah jadi bukti nyata kalau kreatifitas itu benar - benar ide yang mahal dan tak terbayangkan. Saya pribadi saja tak berpikiran bisa menghasilkan dan mendesain sesuatu demikian detail dan rumit. Fiuh!

(ya udah lah orang sudah punya bakat sendiri - sendiri. Hahaha)

Nah sekali lagi kalau pemirsah ingin lebih lanjut dan langsung menonton perhelatan Ciamik ini jangan segan-segan bila ingin cari hotel boleh ke daftar berikut



ASTON HOTEL
Jl. Sentot Prawirodirjo No. 88
JEMBER
+62 331 - 423 888
Keterangan Tambahan :
152 Rooms

PANORAMA
Jl. KH. Agus Salim No. 28
JEMBER
+62 331 - 333666

MERDEKA
Jl. Sultan Agung No. 136
JEMBER
+62 331 - 487625, 488838

HOTEL MULIA
Jl. Nusantara No. 18
JEMBER
+62 331 - 429999

SEVEN DREAM RESIDENCE
Jl. Riau
JEMBER
+62 331-339199, +62 331 339866

FLAMBOYAN
Jl. Teuku Umar
Jember
+62 331 326 252

ISTANA 
Jl. Diponegoro 
Jember
+62 331 482555

ROYAL HOTEL
Jl Karimata
Jember
0331-326677

Hotel Sulawesi
Jl. Letjen Suprapto No.44
Jember
+62 331 � 333555
Keterangan Tambahan :
50 Rooms Ready , Rp. 250.000,- 500.000

Cempaka Hill Hotel
Jl. Cempaka 50 Gebang - Jember
Jember
0331 - 424479 , 425479

Green Hill Hotel 
Jl. Raya Rembangan Jember
Jember
0331 422555
Keterangan Tambahan :
home stay dan hotel

dan untuk urusan travel agents jangan ragu hubungi:


BIRO PERJALANAN WISATA

CV. Bimo Kresno Perum Gunung Batu Permai EE-34, Jember 
0331 - 333557
CV. Kurnia Fitroh Wisata Jl. Kaliurang Blok CB-22, Jember
CV. Luna Tour And Organizer Perum Gunung Batu Permai B-5, Jember 
0331 - 422235
CV. Nadhita Prima Citra Wisata Jj. Semeru XIV/12, Jember 
0331 - 337985
CV. Srikandi Samita Jaya Jl. Kaca Piring Perum Gebang Permai Blok K-19, Jember
PT. Nuansa Wisata Putra Nusantara Jl. Letjen Suprapto 71, Jember 
0331 - 331731, 331831
PT. Primadaya Pratama Pandukarya Jl. Sumatra IX/34, Jember 
0331 - 337364
PT. Surya Kencana Mulia Jl. Letjen Panjaitan 38, Jember 
0331 - 334320
PT. Terang Jaya Langgeng Jl. Pajajaran II-GG. 10, Jember 
0331 - 335647
PT. Ubi Caritas Jl. Piere Tendean 25, Jember 
0331 - 325676
PT. Warna Indonesia Jl. S. Parman 57, Jember 
0331 - 337739
AG Kurnia Wisata Indonesia Tours Travel Akademi Pariwisata Muhammadiyah Jember Jl. karimata no 49 Jember 
0331 - 322557

AGEN PERJALANAN WISATA
CV. Andromeda Utama JL. Sumatra No. 41 Jember 
0331 - 322235
PT. Rahmat Sumber Alami Jl. Merpati 39, Jember 
0331 - 330143
PT. Taruna Wisata Expres Jl. Gatot Subroto 2, Jember 
0331 - 487671
CV. Dwi Tunggal Jl. Letjen Panjaitan 132 
0331 - 422082
PT. Sejahtera Abadi Mulya Jaya Dsn Grobyok RT. 06 RW. II Tanjung Rejo, Wuluhan-Jember
PT. Mutiara Bintang Kharisma Jl. Maluku 43 Gambirono, Bangsalsari
PT. Tri Samporno Mulyo Jl. Raya M> Seruji 19 Gambirono, Bangsalsari
CV. Bintang Anugerah Semboro Kidul RT. 02 RW. III 
0336 - 442036

Atau kalau bingung, menginap di rumah Saya. Hahahahah (oops). Sampai jumpa di Jember.

Ingat, hanyalah Bangsa Besar yang bisa menghargai Budayanya.

Salam Budaya!

dengan mas Dynand Fariz

dengan Bupati Jember Ibu dokter Hj. Faida, MMR

Komentar

Posting Komentar