MERESENSI DAN MENSINOPSIS FILM ALA SAYA

Mudik Tak Lagi Panik - Bersama Trac - Astra Rent A Car


Salam Budaya.

Pemirsah, percayalah, hanyalah ada di Indonesia, negara satu - satunya di dunia ini, yang punya istilah Budaya Mudik. Bahkan diperkirakan dari perhitungan tahun 2017 oleh lembaga Indonesia Development and Islamic Studies (IDEAS) jumlah pemudik khususnya Lebaran bisa mencapai 33 juta jiwa. Yang paling besar pergerakannya ada di Jawa.

Nah, Mudik sendiri sebenarnya punya beberapa arti dalam beberapa bahasa. Secara umum, menurut Wikipedia, Mudik berarti kegiatan perantau atau pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya.

Dalam bahasa Jawa, Mudik bermakna singkatan dari Mulih Dilik (Pulang Sebentar). Ini menandakan pada awalnya bisa jadi kebiasaan ini belum tentu berkaitan dengan Lebaran.

Mudik berunsur kata Udik (Selatan atau hulu), yang juga berarti desa, kampung, daerah, dusun yang merupakan lawan kata dari kota. Berarti ada pendekatan arti, adanya arus dari kota menuju ke desa atau juga disebut pulau kampung. Di bahasa Betawi, ada bahasa 'Menuju Udik' artinya juga sama.

Kebiasaan atau budaya mudik ini sebenarnya secara tak tertulis sudah dilakukan sejak zaman Majapahit, dilakukan sebagai salah satu cara orang untuk pulang membersihkan makam orang tuanya tapi baru - baru dikenal dan dipakai sebagai istilah di tahun 70 an. Dimana Jakarta sebagai salah satu kota yang menarik didatangi kaum urban, lebih dari 80 persen warganya ternyata bakal meninggalkan sementara kota tercintanya.

sumber gambar: https://www.sumut24.co/arus-mudik-di-tapsel-dan-padangsidimpuan-ramai-lancar/

Paling tidak ada 2 alasan kuat orang untuk melakukan budaya ini:
  1. Dorongan agama yang akhirnya menjadi budaya. Lebaran sebagai moment bermaaf-maafan mengakibatkan orang wajib minta maaf secara langsung (sungkem) ke orang tua atau sebaliknya dan pada saudara dan kerabatnya. Ziarah kubur sebelum Hari Raya Idul Fitri juga termasuk dalam alasan kenapa orang pulang kampung.
  2. Rindu kampung halaman. Satu - satunya moment yang tepat untuk pulang adalah memang menunggu suatu moment yakni libur besar atau juga cuti. Nah akibat alasan pertama di atas, mau tidak mau orang yang akhirnya tidak terlalu ingin pulang jadi ikut terseret karena memang memanfaatkan waktu dan itu akhirnya berkembang menjadi budaya yangt tidak terelakkan.
Alasan kedua sebenarnya juga masih menyisakan beberapa faktor, seperti reuni dengan teman - teman semasa sekolah, membawa istri dan anak mengenal kampung halaman sang suami atau ayah, bernostalgia dan yang terakhir adalah pencapaian. Bagaimana orang telah sukses, baik secara karier, finansial atau keberhasilan secara kepemilikan harta benda secara tidak langsung akan dipamerkan atau ditunjukkan ke orang yang kita sayangi dan hormati. Tapi alasan - alasan ini masih jadi alasan sekunder yang niatannya kadang kita tak bisa tahu apakah itu benar - benar niatan utama.

Lalu, pemirsah
Siapkah Anda selalu berjibaku dan berjuang dengan arus besar itu tiap tahunnya?



Karena tentu saja beban yang paling berat yang dihadapi dalam mudik adalah penyediaan sistem transportasinya karena secara bersamaan jumlah masyarakat menggunakan angkutan umum atau kendaraan melalui jaringan jalan yang ada sehingga sering mengakibatkan penumpang/pemakai perjalanan menghadapi kemacetan, penundaan perjalanan.





Secara pribadi saja, Saya pernah mengalami rekor mengalami perjalanan dari Jakarta ke Jember melalui jalan darat Mobil dan Bis mencapai 30 jam lamanya yang semestinya hanya sekitar 19 jam.


Tunggu, 



Berarti ada beberapa faktor yang menurut Saya sangat menjadi syarat utama bagi kita semua yang sedang melakukan mudik, yaitu mudik yang aman dan nyaman serta berkualitas. Karena akhirnya kita sadari, bahwa budaya mudik di Indonesia sudah menjadi tradisi yang tidak main - main lagi. Bahkan sebagian dari kita sudah mempersiapkannya jauh hari, ada yang menabung cukup lama bahkan ada yang sudah menandai semua hari beberapa bulan sebelumnya untuk mendapatkan jadwal kepulangannya yang tepat dengan cuti atau liburan.


Nah, adakah solusi yang ditawarkan untuk minimal sekedar meringankan beban ini atau mendapatkan goal yang pas, untuk mendapatkan jenis transportasi yang aman, nyaman dan tentu saja berkualitas di Indonesia?

Ada nggak sih?


Nah ini sih kabar yang sudah ditunggu - tunggu.

Jadi TRAC - Astra Rent A Car juga melayani personal rental. Bahkan Anda juga bisa menikmati berkendara dengan TRAC Self Drive (atau istilahnya lepas kunci)






Caranya mudah dan tentu saja seru dengan segala keuntungan yang Anda dapatkan, pemirsah.

Sebelumnya Anda harus menjadi anggota (member) dari TRAC - Astra Rent A Car di saat ada pameran atau stand dari mereka Anda hanya cukup mencantumkan foto kopi (tampak depan saja) KTP, SIM A, Kartu Kredit dan NPWP Anda dan akan langsung mendapatkan diskon membership 30 persen dari harga normal untuk penyewaan mobil safe drive hingga Desember.

Pendaftaran ini juga bisa dilakukan secara online di situs TRAC.





Apa saja penawarannya?

Sekarang Anda bisa menikmati ketenangan berkendara dengan TRAC Self Drive dengan harga spesial!


AGYA
hanya 235 ribu per hari
AVANZA 
hanya dengan 305 ribu per hari
INNOVA 
hanya dengan 425 ribu per hari

Promo hanya berlaku dari tanggal 1 Mei hingga 10 Juni 2018. Berlaku di cabang TRAC seluruh Indonesia. Biaya yang tertera belum termasuk biaya ekspedisi. Pembayaran di muka. Untuk pemakaian weekend (Sabtu dan Minggu) customer boleh melakukan pengambilan unit pada hari Jum'at (mulai dari pukul 17.00) dan pengembalian di Hari Sendi pagi (hingga pukul 10.00)

Informasi lebih lanjut bisa email ke rco.nasional@track.astra.co.id



Apakah masih ada lagi?

Jangan khawatir, TRAC - Astra Rent A Car sangat punya hal - hal yang menarik yang memang benar - benar dikhususkan untuk Mudik Lebaran 2018.



Buat perjalanan mudik lebaran Anda lebih aman dan nyaman dengan layanan TRAC. Manfaatkan paket “Ayo Mudik!” supaya dapat gratis tambahan hari untuk sewa mobil. Tambah lagi, TRAC menawarkan harga khusus untuk reservasi lebih awal atau early bird untuk pemesanan sampai 31 Mei 2018.






Menarik bukan? Ayo reservasi sekarang supaya hati tenang saat mudik. Hubungi cabang TRAC terdekat atau telepon ke reservation call center TRAC (021) 877 877 87. Anda juga dapat melakukan pesanan melalui rco.nasional@trac.astra.co.id.



Syarat & Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk penyewaan di seluruh cabang TRAC di Jakarta, Bandung, Karawang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Medan, Pekanbaru, Padang, Batam, Palembang, Lampung, Jambi, Balikpapan, Berau, Banjarmasin, Sangatta, Makassar, Manado, Denpasar, dan Mataram.
  • Paket “Ayo Mudik!” hanya berlaku untuk pemakaian mobil pada tanggal 3 – 24 Juni 2018.
  • Harga early bird hanya berlaku untuk pemesanan selama periode1 – 31 Mei 2018.
  • Paket hanya berlaku untuk layanan sewa mobil lepas kunci (selfdrive) dengan pilihan mobil Toyota Avanza atau Toyota Innova.
  • Tidak dapat digabungkan dengan promo lain.
  • Informasi dan reservasi dapat mengubungin reservation call center TRAC (021) 877 877 87 atau melalui email ke nasional@trac.astra.co.id.

Nah ada kemudian pertanyaan yang lebih mendalam. Bagaimana kalau kami ingin yang melakukan perjalanan mudik dalam rombongan dan dalam jumlah lebih besar?



Pemirsah, Anda tak perlu khawatir, karena tetap ada solusinya, Okay?







Mau mudik aman dan nyaman? Ayo manfaatkan promo mudik bus TRAC, khusus untuk Anda yang akan pulang kampung dengan rute Semarang, Solo, dan Yogyakarta.

Mudik pakai bus TRAC pastinya akan membuat perjalanan pulang kampung lebih nyaman. Kabin bus luas, ditambah lagi Anda akan mendapat free snack loh!

Yuk pesan sekarang, jangan sampai kehabisan!


Tanggal keberangkatan (untuk semua rute):
  • 6 Juni 2018 – Jam 08.00 WIB
  • 9 Juni 2018 – Jam 08.00 WIB
  • 12 Juni 2018 – Jam 08.00 WIB
  • 14 Juni 2018 – Jam 08.00 WIB

Segera lakukan reservasi promo mudik 2018 langsung ke cabang TRAC Bus Services di:

Jl. Raya Bogor Km 22 No. 90
Kel. Susukan, Kec. Ciracas
Pasar Rebo – Jakarta Timur 13880

Atau, Anda dapat menghubungi Reservation Call Center TRAC Bus Services (021) 2983 5555 atau melalui email ke bus@trac.astra.co.id

Syarat & Ketentuan:


  • Jadwal keberangkatan hanya untuk tanggal 6, 9, 12, & 14 Juni 2018 dengan rute mudik sesuai keterangan di atas
  • Drop off dilakukan di sekitar terminal tujuan dan pool TRAC
  • Pemesanan minimal satu minggu sebelum tanggal keberangkatan
  • Jika total penumpang dalam satu bus kurang dari 10 orang, perjalanan akan dibatalkan
  • Konfirmasi pembatalan dilakukan maksimal tiga hari (H-3) sebelum tanggal keberangkatan
  • Promo mudik ini tidak dapat digabung dengan promo lain

JENIS MOBIL YANG BISA DIPILIH






Spesifikasi ELF pendek:

13, 15 kursi
LCD TV
Radio Tape (Head Unit-DVD)
Sound system
Electricity sockets
AC


Spesifikasi ELF panjang:

13, 15 kursi
LCD TV
Radio Tape (Head Unit-DVD)
Sound system
Electricity sockets
AC
Jarak antar kursi lebih luas



Untuk info sewa bus bisa menghubungi Reservation Call Center TRAC Bus Services melalui:








Maka dari itu pemirsah, buat Anda yang memang sedang mempersiapkan dengan baik, keinginan Anda untuk jalan-jalan atau mudik atau mudik sekaligus jalan-jalan, selalu jadikan TRAC - Astra Rent A Car sebagai pilihan yang terbaik untuk sekali lagi sebagai Transportasi yang aman, nyaman dan berkualitas.

Oh, ya segala informasi di atas, selain Saya kumpulkan dari situs langsung TRAC, Juga Saya dapatkan dari Blogger Gathering yang diadakan pada tanggal 11 Mei 2018 dari jam 13 - 16 WIB di Ocha & Bella - Hotel Morrissey - Jalan KH Wahid Hasyim 70 - Kebon Sirih - Menteng - Jakarta Pusat.

Terima kasih atas pencerahannya. Kali ini MUDIK TAK LAGI PANIK!


Talkshow mengundang pengguna dan testimoninya yakni
kiri Sri Anindiati Nursastri - Editor Kompas Travel dan Travel Journalist dibarengi oleh sebelah kanannya Dokter Falla Ananda - seorang Blog Traveler ditemani perwakilan dari TRAC - Rent A Car - Bapak Agus Riyadi - Chief Officer Operation TRAC dan dipandu oleh MC yang keren mbak Sophia Tobing


Salam Budaya (MUDIK) !

Komentar

  1. Widiiiih komplit dikupas tuntas, jd mau mudik pakai TRAC yg mana ?

    BalasHapus
  2. WOW info bagus nih, TRAC melayani personal rental, promonya sangat menarik dengan harga terjangkau

    BalasHapus

Posting Komentar