Jatuh Cinta (Lagi) Pada Gundam - Gunpla Expo 2018



Salam Budaya!

Saya punya teman SMA, Namanya Maseko Yudhistira. Dia punya 2 akun instagram, satu untuk kepentingan dia pribadi, satu untuk fotografi mainan atau toys photografi. Bisa klik di sini.

Saya suka sebel melihat isi instagramnya (baca: ada kemungkinan iri). Kenapa sih dia tertarik hal-hal begituan? Apa menariknya? Apaan sih itu Gundam.

Salah satu capture instagramnya
Huh. Fiuh! Duh.
Antara tertarik, pengen tahu, kepo tapi gengsi Saya besar. Gengsi buat tanya. Kok keliatannya asyik. Rasa penasaran ini Saya pendam lama. Tapi akhirnya jebol juga.

Sabtu kemarin, kami sama - sama menghadiri yang namanya Gunpla Expo (Gundam Plamodel Exposition) 2018 di Mall of Indonesia. Kami hadir sebagai blogger dan media. Tentu saja teman Saya ini, sumringah seperti anak kecil pengen balon dikasih balon plus permen. Bergembiraria.



Saya yang masih penasaran. Okay, lebih baik Saya belajar biar tak kelihatan gak tahu apa - apa.

Okay apa sih Gundam itu (langsung browsing ke Wikipedia)

Gundam (Bahasa Jepang: ガンダム Penyebutan lain: Gandamu), juga dikenal dengan serial Gundam (ガンダムシリーズ Gandamu Shirīzu), adalah waralaba sains fiksi media yang diciptakan oleh Sunrins yang menampilkan robot raksasa (mecha) yang bernama Gundam. Dimulai pada tanggal 7 April 1979 sebagai Gundam Mobile Suite, sebuah serial TV dengan tokohnya yang menampilkan robot - robot raksasanya dalam seting militer. Kepopuleran dari serial dan merchandisenya ini menyebar dari serial televisi, animasi, komik, novel dan juga video game. 


Waralaba Gundam ini telah terjual sebesar 5 Miliar Dolar (sekitar 73 Triliun Rupiah) di tahun 2000. Pada tahun 2014, penjualan waralaba Gundam telah mencapai 80 Miliar Yen (sekitar 11 Triliun Rupiah) per tahun. 18,4 Miliar Yen (2 Triliun Rupiah) diantaranya adalah hasil penjualan dari mainan dan item hobi. Gunpla (Model Gundam dari Plastik) menguasai 90 persen dari pasar Model Mainan Jepang Karakter yang berbahan plastik. Akademisi di Jepang telah mempertimbangkan serial ini sebagai inspirasi, bahkan tahun 2008 Akademi Virtual Gundam direncanakan sebagai institusi akademis pertama yang dihasilkan berdasarkan Serial animasi TV. 




Ratusan model Gundam yang sebagian besar terbuat dari plastik tapi beberapa kadang terbuat dari damar atau logam di beberapa bagian detil telah dirilis. Rentang kualitasnya dari rakitan mainan anak - anak, untuk yang pengkoleksi sampai ke tingkat skala musium, kebanyakan perbandingannya adalah skala 1:35, 1:48, 1:60, 1:100 atau dalam skala 1:144. Model yang berskala 1:6 atau 1:12 hanya digunakan untuk kebutuhan tertentu dan tak dijual sembarangan. Di ulang tahun Gundam yang ke 30 model asli dari Gundam RX-78-2 dibangun dan dipamerkan di Gundam Front Tokyo, di wilayah Odaiba dan baru diturunkan 5 Maret 2017. Patung baru bernama Unicorn Gundam didirikan di lokasi yang sama dan diberi nama baru Gundam Base Tokyo.

Wow! (gambar dari http://www.nerdcotics.com)

Bah, ini memang menyakitkan di hati. Habisnya ternyata ini mainan Saya sejak kecil hahaha. Tapi tenang sekarang Multi Toys and Games telah habis - habisan mengeluarkan koleksinya Robot Rakitnya yang dipajang di Mall of Indonesia dari tanggal 20 Juli hingga 5 Agustus 2018.


Nah, sepertinya Saya mulai jatuh cinta (lagi). Karena kita di Indonesia cukup beruntung, Expo ini memang telah dilakukan di beberapa negara seperti Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, Taiwan, dan negara asia lainnya.


“Gundam sendiri adalah mainan karakter dari sebuah animasi di Jepang. Mainan ini tentu saja memiliki keunikan tersendiri bagi pecintanya yaitu bisa dirakit sesuai panduan, serta dimodifikasi dengan teknik artificial lainnya. Ada sekitar 20 jenis produk Gundam limited edition yang kami sediakan,” kata Direktur Multi Toys Yohanes dalam pembukaan Gunpla Expo.

Acara ini juga dihadiri oleh pak Tomiza dari Bandai selaku pemegang merk Gunpla resmi yang mengadakan kerja sama dengan Multitoys and Game. Nah keberadaan limited edition ini tentu menarik karena tidak akan dihabiskan di satu hari. Tapi akan disebarkan di beberapa hari Expo. 

Kabar gembira juga dibocorkan bahwa akan ada film yang diangkat mengenai Gundam.


Legendary Entertainment akan membuat adaptasi Gundam bekerja sama dengan Sunrise,  Studio animasi Jepang dan perusahan yang sudah menciptakan seluruh anime dan segala pernak - perniknya sejak tahun 1979. 

Di Anime Expo 2018, Legendary bareng Sunrise mengumumkan bahwa ada versi film dari Gundam. Kisah dari film ini masih rahasia dan bagi mereka yang belum tahu Gundam, berikut deskripsi press rilisnya: 

Serial Gundam asli berada di Universal Century, sebuah zaman dimana karena pertumbuhan penduduk begitu tinggi mengharuskan orang pindah ke koloni luar angkasa. Akhirnya, orang yang berada di koloni mencari otonomi mereka dan berperang untuk kemerdekaan melawan orang yang tinggal di bumi. Melalui tragedi dan perselisihan yang tumbuh dari konflik manusia ini, tidak hanya terjadi pendewasaan dari karakter tapi juga musuhnya menjadi kian nyata dan orang - orang di sekitarnya makin tergambar jelas. Penampilan robot yang akan berperang pun akan dipilih yang sudah terkenal di kalangan masyarakat. 





MC, Derby Romero, Bapak Yohanes, Pak Tomizawa perwakilan dari pihak Bandai (Jepang), Regina perwakilan dari Mall of Indonesia dan Marcelino penggiat Gundam

Di expo ini, akhirnya Saya harus menyerah, ternyata dulu Saya suka Gundam dan sekarang masih dan jatuh cinta lagi(dengan tersipu). Makanya Maseko yang saya sebutkan di atas lagi - lagi dengan senang dan bangga memberikan ceramah serta pengetahuan singkat tentang Gundam sekali lagi. Terima kasih ya!

Seru - seruan di Gunpla

Nah apa saja yang dijual dan dipamerkan. Wah, ini tentu saja akan bikin ngiler kita semua. Bahkan dengan mendengarkan bahwa Derby dan Marcel yang sudah menekuni sejak kecil serta punya ruangan tersendiri untuk menyimpan Gundam. Saya jadi berkhayal sendiri sambil melihat sekeliling.


Perbandingan Grade Ukuran

Yang lebih menyenangkan lagi, di Expo - Pihak panitia telah mengundang serombongan anak SD dan membagikan ke mereka Gundam gratis. Ini sekaligus memberikan edukasi bagi para pengunjung salah satu tujuan merakit robot Gundam ternyata memang merangsang kreativitas anak, selain menghibur juga melatih imajinasi, konsentrasi, kesabaran,ketelitian dan juga ketekunan. (Nah ini juga baru Saya sadari dan rasakan).

Keceriaan dan ketekunan anak SD

Akhir kata. Kami pulang dengan perasaan senang karena semua yang datang mendapatkan Goody Bag berupa Gundam dong! Huaaaaaaaaaaa.


Alhamdulillah
Semua senang berada di sini dan seharusnya Pemirsah ikut senang karena senang - senang ini hanya sampai 5 Agustus 2018 lho!

Ayo Belanja teruuuuus!


Salam Budaya!

Bersama Derby Romero
Bersama Blogger dan Media


Komentar

  1. Seandainya ada tombol "like" udah saya pencet sampai ribuan kali ini kakak. Haha.
    Mantap lah isi artikelnya. Bahasannya komplit dari maseko, sejarah gundam, sampai kegiatan expo. Yg kurang Gundamnya..aku mau! 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Like nya boleh berupa transferan kakak. Hahahah. Makasih sudah berkunjung.

      Hapus
  2. Seperti biasa, isi dari artikelnya selalu memberi pengetahuan lebih tentang topik nya.. makasih kang.. udah ajak saya ke event yg indah ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih selalu menjadi tutor yang baik bagi Gundam. Moga bisa beli yang 1,6 Juta hahaha

      Hapus
  3. Mantepp bener , pengen banget bisa ikut hadir ke acara ini..

    Liat robotnya kaya transformer :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kak, silakan ke sana. Sayang kalau gak ke sana.

      Hapus
  4. Ksreennn sampai nyari ke wikipedia langsung. Wakakakakaka. Om ded mainan apa to waktu kecil, kok sampe enggak ksnal gundam? Aku jadi curiga nih 🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pernah kaya kak, udah kenal, tapi kemudian jatuh miskin (jadi gak mampu beli), aku menghapus semua kenangan dan memori itu, dan akhirnya aku jatuh cinta lagi hahahaha

      Hapus

Posting Komentar