Himbauan Hidup Tanpa Merokok Tanpa Mengajak Ribut

Komentar Fisik Gak Asik - Seorang Ririe Bogar



Salam Budaya!

Bully?
Mau tahu apa Bully itu. Mari Saya jelaskan dengan baik. Dengan BAIK - BAIK! 

Bully itu adalah bila ada seseorang berkata begini:


"Kamu itu nggak cuma cacat, tapi Invalid!"


"Bapak Ibu itu ambil kamu dari tempat sampah, pengemis yang ninggalin kamu di sana"

"Mending kalau kamu perempuan kamu cantik kalau dagumu begitu, lha kamu itu laki-laki"


Percaya atau tidak itu adalah beberapa kalimat yang berasal dari saudara Saya? Ya, Saudara Sekandung. Banyak orang bilang Bully memang sebenarnya berasal dari lingkaran utama kita sendiri, bahkan dari Orang Tua. Ya, orang tua kita sendiri lho!

Nah menurut Wikipedia sendiri


Penindasan, perundungan, perisakan, atau pengintimidasian (bahasa Inggris: bullying) adalah penggunaan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalahgunakan atau mengintimidasi orang lain. Perilaku ini dapat menjadi suatu kebiasaan dan melibatkan ketidakseimbangan kekuasaan sosial atau fisik. Hal ini dapat mencakup pelecehan secara lisan atau ancaman, kekerasan fisik atau paksaan dan dapat diarahkan berulang kali terhadap korban tertentu, mungkin atas dasar ras, agama, gender, seksualitas, atau kemampuan. Tindakan penindasan terdiri atas empat jenis, yaitu secara emosional, fisik, verbal, dan cyber. Budaya penindasan dapat berkembang di mana saja selagi terjadi interaksi antar manusia, dari mulai di sekolah, tempat kerja, rumah tangga, dan lingkungan.



Yah, Saya pikir menyedihkan ya. Tapi ternyata di zaman modern sekarang inipun, Bullying atau lebih kita sempitkan menjadi komentar Fisik ternyata masih berkembang lho di masyarakat. Malah Saya pribadi mengalami. Benar - benar utuh dari ujung rambut sampai pangkal kaki. Kalau dipikir - pikir gila sih! Pokoknya di kesimpulan awal komentar fisik itu benar - benar Nggak Asyik!

Ya, lebih lanjut lagi Body Shaming memang sering terjadi di antara kita. Mengomentari jenis dan bentuk bagian tubuh orang lain dengan konotasi negatif takkan pernah ada habisnya. Mau itu berasal dari kecil sampai orang besar ada. Sayangnya banyak yang menganggap itu biasa. Padahal di hati si korban bisa menimbulkan krisis percaya diri dan kebencian yang berlebih terhadap diri sendiri karena dianggap tidak bisa memenuhi standar masyarakat.

Seorang Ririe Bogar lah yang memulai semua ini. Di tengah banyaknya bermunculan gerakan self-love yang dilakukan oleh banyak public figure yang bertujuan untuk memotivasi orang - orang agar lebih percaya diri dan menerima diri apa adanya. Seorang Ririe Bogar muncul, dengan menjadi seorang influencer body positivity dan founder Komunitas Xtra-L Indonesia.





Berawal dari pengalaman pribadi Ririe dan teman - temannya yang sering mendapatkan komentar negatif tentang fisik mereka, akhirnya dia tergerak untuk membuat hashtag #KFGA (singkatan dari Komentar Fisik Gak Asik) di instagram pribadi beliau (@ririebogar) dan di @komentarfisikgakasik.id dan mendapatkan lebih dari 11 ribu respons.

Nah pada tanggal 8 Maret 2020, bersamaan dengan Hari Perempuan Internasional, Ririe akhirnya meluncurkan buku keduanya yang berjudul sama dengan gerakan yang ia buat, KOMENTAR FISIK GAK ASIK. Buku ini merupakan rangkaian cerita dan kata - kata dari Ririe Bogar yang mengajak perempuan khususnya untuk menerima, mensyukuri dan lebih mencintai diri sendiri serta memotivasi pada teman #KGFA (Sebutan untuk orang - orang yang sering mendapatkan komentar fisik negatif) untuk melawan para pembully dan mengajak mereka untuk lebih berkomentar yang cerdas.





Kita lihat cover bukunya dulu ya, cantik kan? Warnanya memikat dan Ririe Bogar (kemungkinan dari modelnya ya dia sendiri) tampak berdiri dengan penuh percaya diri. Saya suka sekali. Charming. Pokoknya kalian harus beli deh!


Karena dengan membaca kalimat - kalimat yang tercantum di halaman buku ini, mengingatkan kita akan 'mencintai diri sendiri' dan itu merupakan kunci penting dalam hidup ini.

Khusus di buku ini, Ririe juga berkolaborasi dengan salah satu Law Office untuk membantu para pembaca #KFGA yang mendapatkan perlakuan komentar negatif dan ingin mendapatkan free konsultasi hukum.

Buku Komentar Fisik Gak Asyik telah melaksanakan pre-order dan akan tersedia di toko buku seluruh Indonesia pada 17 Maret 2020. Ririe Bogar juga akan melakukan roadshow #KFGA di 6 kota, yaitu Jakarta, Medan, Makassar, Yogyakarta, Bali dan Surabaya.

DETAIL BUKU

JUDUL
Komentar Fisik Gak Asik

PENULIS
Ririe Bogar

GENRE
Remaja hingga Dewasa

TAHUN PENERBITAN
2020

ISBN
978-623-91206-2-7

JUMLAH HALAMAN
128

BAHASA
Indonesia

Salam Budaya!













Komentar