MERESENSI DAN MENSINOPSIS FILM ALA SAYA

Cerita Inovasi BPJS

 


Blub!

Cotton Bud buat membersihkan kotoran telinga malah membuat si penghuni yang biasanya luruh alamiah itu makin terdesak dan Saya jadi budeg.

Beneran. Makin menjadi hingga 2 hari. Tiap pagi, Saya demam dan pekerjaan terganggu karena jangkauan pendengaran menjadi berkurang.

Saya bingung dan berencana untuk mendatangi Puskesmas terdekat.

Tiba - tiba hati ini jadi semakin lega mengingat, seharusnya Saya bisa memanfaatkan jasa BPJS untuk memperoleh penangangan dan pengobatan secara gratis.

Jujur, sakit apapun itu tidak pernah enak, tapi paling tidak kalau ada keringanan biaya di saat berobat itu saja sudah jadi anugerah sesuatu yang sangat besar bagi Saya.

Uniknya besok Saya diundang ke acara yang banyak ditunggu kabar terbarunya.




Untuk itulah kami bertemu, para blogger dan beberapa pejabat berkepentingan BPJS untuk mengingatkan lagi apa yang memang masyarakat berhak dan wajib tahu tentang BPJS supaya bila mengalami sakit mendadak, para pengguna BPJS seperti Saya tahu apa yang harus dilakukan. Atau malah yang belum sama sekali mendaftar sebagai anggota BPJS

Caranya juga mudah kok, pemirsa!



Nah, ternyata gak sulit, kan? Apalagi masih ada beberapa pelayanan yang sudah siap bila masyarakat masih kesulitan dalam melakukan perjalanan di atas.

Tapi tunggu.

Zaman juga sudah mulai canggih. Datangnya pandemi membuat kita semua melek teknologi. Membuat BPJS juga harus ikut andil untuk berinovasi agar masyarakat menjadi lebih mudah dan terarah.

Salah satunya adalah Mobile JKN.


Nah dengan keberadaan ini, BPJS dan segala yang berkaitan dengan kepengurusannya sudah ada di jempol kita lho!



Bisa diliihat kan, beberapa fitur yang disediakan sudah banyak menyediakan kemudahan dalam menjalankan segala kebutuhan.

Pemanfaatan dari Mobile JKN ini terus menerus meningkat hingga 28 Pebruari 2022.

Nah, yang berikutnya masih hangat dibicarakan adalah adanya kehadiran PANDAWA. 



Apakah ini?

Eh ternyata bukan. 

Pandawa BPJS adalah Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp yang memberikan layanan administrasi non tatap muka kepada peserta secara online. Secara langsung peserta bisa mengirimkan pesan kepada no wa pandawa bpjs kesehatan untuk penyelesaian berbagai masalah.

Wah, beneran bisa begitu? Lebih mudah lagi dong! Tentu saja.


Fungsi utamanya adalah melayani non tatap muka kepada peserta dan memfasilitasi semua kebutuhan menyangkut BPJS Kesehatan. Selain bisa mengakses administrasi kapan saja, kalian juga akan mendapatkan informasi terbaru seputar layanan maupun kesehatan dari Pandawa.

Jadi tak perlu repot - repotlah. Semua benar - benar ada di genggaman kita.

Layanan Pandawa

Secara langsung peserta BPJS mandiri, PBI maupun JKN-KIS bisa menggunakan layanannya secara gratis untuk melakukan berbagai perubahan. Beberapa jenis layanan dapat diakses dijam operasional mulai dari senin sampai jumat jam 08.00-15.00 setempat.

  • Pendaftaran anggota BPJS baru.
  • Penambahan anggota keluarga.
  • Mendaftarkan bayi baru lahir.
  • Mengubah kepesertaan BPJS Kesehatan.
  • Mengubah identitas dan data.
  • Merubah golongan serta gaji.
  • Mengubah FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama)
  • Menonaktifkan kepesertaan karena meninggal.
  • Memperbaiki data ganda.
  • Mengaktifkan ulang kartu BPJS.
Layanan ini sudah bisa dinikmati di seluruh Indonesia ya Pemirsa, dengan nomor Admin yang berbeda tentunya.

Wait. Misalkan ada yang sama seperti call centre gitu, adakah?

Tentu saja ada dong.




Apa saja layanannya?

Layanan VIKA (Voice Interactive JKN) 
• Cek status peserta 
• Cek tagihan iuran 

Perubahan/Mutasi Data Peserta antara lain: 
• Perubahan Data Faskes 
• Perubahan kelas perawatan 
• Perubahan data nomor HP untuk login ke Mobile JKN 
• Perubahan NPWP, e-mail dan alamat domisili 

Informasi dan penyampaian pengaduan langsung terkait program jaminan kesehatan; 

Layanan informasi bagi Badan Usaha 

Informasi dan Pengaduan Langsung melalui Media Sosial

Kemudian kita harus berkenalan dengan namanya mbak Chika.


Layanan Chika dari BPJS Kesehatan merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspon melalui sistem atau artifical intelligence. Dengan memanfatkan media sosial seperti Whatshapp, Telegram dan Massenger Facebook, kini peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dapat mengajukan informasi dan pengaduan terkait JKN-KIS melalui telepon pintar tanpa harus meninggalkan rumah.

Chika sendiri merupakan layanan dalam bentuk chatbot, atau layanan informasi yang secara otomatis direspon oleh sistem. Melalui Chika ini, peserta JKN–KIS dapat mengakses pelayanan untuk cek status peserta, cek tagihan, registrasi peserta, perubahan data fasilitas kesehatan, maupun informasi letak fasilitas kesehatan atau kantor BPJS Kesehatan terdekat melalui media sosial Whatsapp (08118750400), Facebook (BPJSKesehatanRI) maupun Telegram.

Selebihnya untuk memantau segala kegiatan BPJS, mereka punya media sosial juga lho. Biar kita nggak FOMO.



Bagaimana kalau daerah kita belum terakses dengan baik dengan beberapa fasilitas di atas?

Tenang. Selalu ada solusinya.





Yang terakhir ada yang namanya BPJS SATU


Gerakan BPJS SATU! (BPJS Siap membantu) merupakan salah satu inovasi yang dilakukan BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk memberikan kemudahan kepada peserta dalam mendapatkan layanan di rumah sakit.


Akhir dari kata, Saya mengucapkan terima kasih sudah menjadi salah satu platform yang sangat meringankan di bidan kesehatan.

Saya tersenyum saat di Rumah Sakit, ketika Dokter melakukan penyemprotan dan penghisapan telinga Saya dan telah membuat plong telinga Saya yang bermasalah.

Semua makin membuat hati gembira, karena Dokterpun dengan lembut bicara, " Semua gratis, Mas. Semua sudah ditanggung oleh BPJS".

DENGAN GOTONG ROYONG SEMUA TERTOLONG.

Saya sudah BPJS, bagaimana dengan Anda?

Komentar